Tak Sulit! Membuat Meja Belajar Lipat dari Barang Bekas

941
meja belajar lipat

Siap berkreasi kreatif bersama Ultra Phaethon? Kali ini, kami akan bagikan cara membuat meja belajar lipat dari bahan bekas. Hasilnya, dijamin menawan. Kalau Anda mahir membuatnya, bukan tak mungkin Anda bisa menjual produk tersebut.

Minggu adalah hari libur yang bisa dihabiskan bersama keluarga. Tapi karena waktunya sempit, sering kita hanya melakukan kegiatan bersama yang itu-itu saja. Misalnya menonton TV bersama. Padahal, sebetulnya ada banyak sekali kegiatan produktif dan kreatif yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja mengubah mebel bekas yang sudah rusak menjadi mebel baru! Caranya juga tidak sulit. Dengan anak dan pasangan, Anda bisa melakukan kreasi ini. Kegiatan menyenangkan ini juga tak melulu harus dilakukan dengan menghabiskan banyak dana. Dengan bekal beberapa puluh ribu rupiah saja, Anda sudah bisa membuat produk yang menarik.

Nah di kesempatan ini, lemkertas.com akan secara khusus mengajak keluarga Indonesia berkreasi menyupal mebel lamanya menjadi meja belajar lipat! Meja belajar lipat?

Ya. Sekilas, memang sepertinya membuat meja belajar yang bisa dilipat adalah hal yang sulit dilakukan. Mungkin ada di antara Anda akan langsung terbayang dengan proses pengerjaan tukang kayu yang rumit. Padahal sebenarnya tidak. Si kecil juga bisa diajak bersama membuat kreasi ini asalkan Anda sudah menyiapkan segala bahannya terlebih dahulu.
Agar tak bertele-tele, yuk segera simak tutorialnya di bawah ini. Selain bisa Anda ikuti secara pribadi, Anda juga bisa lho membuatnya untuk dijual.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

1. Bahan kayu yang sudah tidak digunakan
2. Cat atau bahan finishing sesuai selera
3. Lem kayu
4. Lem decoupage Ultra Phaethon
5. Napkin decoupage sesuai selera
6. Cat bening atau clear varnish
7. Berbagai peralatan woodworking standar

jual lem untuk wallpaper

Cara Membaut Meja Belajar Lipat

1: Membuat Meja Lipat

1. Siapkan semua potongan meja yang disebut di atas. Bersihkan.
2. Pasang dulu potongan kayu untuk dipakai menjadi permukaan meja. Lewati langkah ini jika Anda sudah punya potongan kayu tunggal untuk keseluruhan permukaan meja.
3. Siapkan kayu untuk apron.
4. Buat garis di bagian bawah permukaan meja di mana apron akan ditempelkan.
5. Rekatkan potongan apron satu per satu menurut garis yang sudah dibuat.
6. Biarkan hingga kering. Beri tekanan selama proses pengeringan lem.
7. Lakukan penguatan dengan menggunakan skrup sudut di beberapa tempat.
8. Siapkan potongan kayu untuk kaki meja.
9. Pasang di pojok apron menggunakan baut dan mur.
10. Periksa apakah kaki bisa ditekuk ke dalam atau tidak.

Setelah kesepuluh langkah di atas, Anda sudah bisa menghasilkan meja belajar lipat. Namun, tentu saja, prosesnya belum selesai. Meja tersebut masih harus difinishing menggunakan cat. Untuk catnya, Anda harus hati-hati memilih. Pilihlah jenis cat yang sesuai dengan jenis cat lama yang digunakan. Atau, hapus secara keseluruhan cat lama lalu lakukan refinishing secara total. Yang jelas, karena meja ini nantinya akan dipakai oleh anak, pastikan warna yang dipilih adalah warna cat yang ceria. Bila perlu minta pendapat anak mengenai warna yang sebaiknya digunakan. Agar lebih jelas, perhatikan langkah-langkah pengecatannya di bawah ini.

1. Bersihkan dulu meja lipat secara keseluruhan.
2. Bersihkan sisa bahan finishing yang masih menempel. Bila jenis cat yang dipakai sama, tak perlu membersihkan sampai benar-benar total.
3. Aplikasikan bahan finishing yang baru dengan warna pilihan.
4. Biarkan hingga kering.
5. Amplas sampai halus.

Jangan dulu mengaplikasikan top coat atau clear varnish. Sebab, Anda harus melakukan langkah kedua sebagai berikut.

meja belajar lipat nampan
Anda juga bisa menggunakan nampan bekas untuk membuat meja belajar lipat

2: Melakukan Decoupage Meja Belajar Lipat

Kini, Anda sudah punya meja kecil yang bisa dilipat. Nah untuk langkah membuat meja lipat berikutnya ini, Anda bisa lebih melibatkan si kecil lebih jauh.

1. Bersihkan dulu meja lipat yang sudah Anda buat di atas.
2. Gunting napkin decoupage dengan rapi.
3. Siapkan lem Ultra Phaethon.
4. Rekatkan napkin decoupage menggunakan Ultra Phaethon.
5. Tunggu sampai lem benar-benar kering.
6. Setelah benar-benar kering, aplikasikan clear coat atau clear varnish (cat pernis bening). Lakukan secara merata dan secukupnya saja.
7. Biarkan varnish kering dengan baik. Lakukan pengamplasan agar permukaannya halus dan rata.
8. Selesai! Kini Anda punya meja belajar lipat yang sangat menarik dengan hiasan decoupage nan cantik.

napkin decoupage
napkin decoupage

Mengapa Ultra Phaethon?

Di atas, kami secara khusus memang merekomendasikan lem Ultra Phaethon. Di pasaran, sejatinya ada beberapa lem lain yang bisa dipakai untuk decoupage. Namun, Ultra Phaethon unggul dalam hal:

1. Lebih terjangkau. Bahan decoupage termasuk lemnya sering dipatok dengan harga yang mahal. Akibatnya, produk yang Anda buat dan hendak Anda jual pun jadi ikut tinggi harganya. Ultra Phaethon sendiri termasuk adhesive untuk kerajinan yang sangat terjangkau. Lem ini bisa Anda beli dengan harga Rp. 48.000,- per kilogram.
2. Hemat. Lem ini sangat hemat digunakan. Adhesive Ultra Phaethon didesain dengan solid content yang tinggi dan cover area luas.
3. Tidak menyebabkan warna. Sebagai lem craft, aspek ini sangat penting. Dengan lem yang tidak menyebabkan warna, maka kerajinan tangan seperti decoupage akan terlihat benar-benar menawan.
4. Sangat kuat. Lem ini memiliki daya rekat yang jauh lebih baik dibanding adhesive handicraft yang lain.
5. Sangat tahan lama. Ikatan yang dibentuk Ultra Phaethon tak mudah rusak karena stabil terhadap berbagai kondisi baik kelembaban, panas, hingga guyuran air.
6. Cepat kering. Sebagai lem yang kecepatan keringnya baik, proses produksi akan makin efisien. Budget yang harus dikeluarkan pun lebih sedikit.
7. Eco friendly. Lem ini didesain dengan PVAc based yang terkenal karena jauh lebih aman dibanding lem lainnya.

Cara Memesan Ultra Phaethon

Lem Ultra Phaethon bisa Anda pesan dengan beberapa cara. Adhesive berbasis PVAc khusus untuk kerajinan ini mudah didapatkan dengan:

1. Pemesanan secara online di website ini. Pemesanan secara online dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami. Tulis pesanan dengan format nama Anda, produk yang ingin dibeli, jumlah produk yang hendak dibeli, serta alamat pengiriman.
2. Pemesanan via marketplace. Pemesanan ini bisa dilakukan di berbagai akun marketplace agen Ultra Phaethon di Tokopedia, Bukalapak, dan online shop yang lain.
3. Pembelian secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Industries, baik di Bio Service Point ataupun di agen-agennya yang terletak di berbagai wilayah di Indonesia.

Ketiga pembelian di atas hanya berbeda dari segi metodenya saja. Kualitas dan harga Ultra Phaethon tak berbeda untuk berbagai cara pembelian. Dengan membeli lem ini, Anda tak akan sekedar mendapat adhesive yang baik. CS Bio Industries senantiasa siap menemani Anda membuat produk dengan kualitas yang baik. Jadi, Anda bisa selalu bertanya apabila mengalami kendala.

Semoga bermanfaat ya. Update terus artikel tutorial menarik di lemkertas.com! Kami akan terus membagikan berbagai panduan yang bagus untuk membuat mebel dan kerajinan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here