Super Tips Pilih Merk Lem untuk Kerajinan Kayu Terbaik!

1245
kerajinan kayu

Ingin membuka usaha pembuatan berbagai kerajinan kayu? Atau, Anda malah sudah lama terjun dalam bidang usaha ini? Lama atau baru, Anda tentunya tahu, bahwa dibutuhkan merk lem untuk kerajinan kayu terbaik agar hasilnya pun juga baik.


Aneka Kreasi Kerajinan Kayu Butuh Lem yang Kuat

Berbagai produk kerajinan kayu bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pernahkah Anda memperhatikan, apa bahan yang krusial dalam berbagai produk kerajinan kayu tersebut?

Bagi orang awam, bahan ini barangkali tak begitu dianggap penting. Namun dalam dunia profesional, bahan ini harus senantiasa diseleksi dengan ketat. Ya, bahan tersebut adalah lem atau adhesive. Mengapa lem?

Kerajinan kayu biasanya memiliki ukuran kecil. Pun demikian, produk ini sangat mengedepankan estetika atau keindahannya. Pemakaian sambungan seperti paku pun menjadi kurang disarankan. Paku selain malah bisa merusak produk, juga bisa menyebabkan produk tak tampak mulus. Apalagi bila kayu dikombinasikan dengan bahan lain seperti serat alam. Oleh sebab itulah, satu-satunya penyambung yang bisa diandalkan adalah lem atau bahan perekat. Bahan perekatlah yang punya andil menyatukan aneka komponen produk handicraft sehingga tampilannya seperti yang kita inginkan.

Kriteria Merk Lem untuk Kerajinan Kayu Terbaik

kerajinan kayu (2)

Dalam memilih lem yang bagus untuk kerajinan kayu, kita jelas perlu memperhatikan beberapa aspeknya. Berikut ini kami sajikan beberapa tips super agar Anda bisa mendapatkan lem yang bagus bagi usaha Anda.

Lem Harus Tetap Kuat dan Tahan Lama

Kerajinan kayu memang bukan mebel. Handicraft biasanya tak dibuat untuk menahan beban berat. Ukurannya pun kecil. Meski demikian, bukan berarti kita lantas mengabaikan kekuatan dan ketahanan lem. Bagaimanapun juga, lem yang baik untuk wooden craft adalah lem yang kekuatannya baik dan ketahanannya pun baik. Dengan demikian, produk kerajinan yang dihasilkan nantinya juga lebih kokoh, tak mudah lepas komponennya, dan tahan lama.

Jangan Pilih Lem yang Bau

Karena dijual berdasarkan “estetikanya” tentu tak elok apabila kita menggunakan lem yang baunya pedas menyengat. Karena alasan itulah, banyak pengrajin yang memanfaatkan bahan water based, baik finishing maupun lemnya. Water based atau produk berbasis air tak menggunakan minyak sehingga baunya tidak pedas menyengat. Sebaiknya, aspek ini pun harus Anda perhatikan.

Lem Harus Aman Digunakan

Selain tidak bau, merk lem untuk kerajinan kayu terbaik haruslah yang juga punya kriteria aman yang terjamin. Pilih lem yang tak menggunakan zat-zat toksik seperti VOC. VOC atau Volatile Organic Compounds adalah kelompok senyawa beracun yang mudah menguap. VOC banyak terdapat pada lem-lem solvent based yang beredar di pasaran, sehingga Anda harus benar-benar memilih lem dengan hati-hati.

Akan lebih baik, bila Anda menggunakan lem yang tingkat keamanannya benar-benar sudah teruji. Apalagi teruji aman dengan kriteria standar nasional atau kriteria yang dikeluarkan badan-badan kredibel. Bahkan bila perlu, memiliki standar keamanan menurut lembaga internasional seperti EPA (Environmental Protection) Amerika Serikat dan ECHA (European Chemical Agency) Uni Eropa.

Lem Tak Sebabkan Cacat Warna

Pilih lem yang tidak menyebabkan cacat warna. Adanya cacat warna akan membuat penampilan produk memburuk. Padahal sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, nilai jual wooden craft sangat tergantung pada estetika produk tersebut. Adanya cacat warna sudah pasti akan membuat produk kurang menarik. Untuk mengetes persoalan cacat warna ini, Anda harus memperhatikan efek warna lem pada kayu sekaligus pada bahan finishing.

Ultra Phaethon Wujudkan Aneka Ide Wooden Craft Anda

jual lem untuk wallpaper

Berdasarkan pada berbagai kriteria di atas, merk lem untuk kerajinan kayu terbaik yang kami rekomendasikan adalah Ultra Phaethon. Adhesive ini kami sarankan karena memiliki kualitas kekuatan yang sangat baik, tahan lama, tidak menyebabkan glue line, aman digunakan, dan merupakan lem water based yang tidak menyebabkan bau.

Ultra Phaethon merupakan lem berbasis polyvinyl acetate. Adhesive ini memanfaatkan inner cross linker modifier. Sebagai lem rekomendasi untuk pelaku usaha handicraft berbahan kayu, adhesive ini juga kami unggulkan kelebihannya yang lain seperti:

1. Harganya yang sangat terjangkau. Anda bisa membeli lem ini hanya dengan Rp. 48.000,- untuk kemasan 1 kg. Murah sekali bukan?
2. Tahan air, solvent, dan panas
3. Cepat kering sehingga proses produksi lebih lancar dan tidak memakan banyak waktu
4. Cover area luas dan solid content tinggi
5. Sangat mudah digunakan
6. Noda mudah dibersihkan
7. Standar keamanan internasional

Tertarik membeli merk lem untuk kerajinan kayu terbaik ini? Anda bisa menghubungi kami via kontak CS yang disediakan. Selain memesan, tentu saja Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai adhesive ini dan cara penggunaannya. Namun bagi Anda yang ingin membeli langsung, Anda bisa langsung berkunjung ke kantor Bio Industries di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Anda pun bisa secara langsung bertemu dengan CS kami, bahkan bila perlu dengan teknisi kami yang berpengalaman.

Dari Kayu Baru, Pallet sampai Limbah

Sebagai lem untuk kerajinan kayu, Ultra Phaethon akan mendukung berbagai produk Anda. Wujudkanlah aneka ide wooden craft bersama lem ini. Anda bisa membuat hiasan dinding dari kayu, kotak tissue, vas bunga kayu, maupun rak kecil menggunakan adhesive ini. Anda pun selalu bisa mengekspor berbagai produk tersebut dengan mengandalkan Ultra Phaethon yang kualitasnya sudah sangat internasional. Apalagi standar keamanan lem ini sudah sesuai menurut regulasi di Amerika Serikat maupun Eropa.

Lem ini juga secara khusus mendukung produk eco friendly. Punya usaha wooden craft limbah? Atau dari pallet kayu? Berbagai produk tersebut akan lebih kokoh sekaligus tetap eco friendly bila diolah bersama dengan adhesive ini. Secara umum Ultra Phaethon akan bekerja dengan baik pada berbagai bahan kaya selulosa. Dengan demikian, penggunaan lem ini juga bisa diandalkan untuk perekatan antara bahan kayu dengan kayu, kayu dengan rotan, kayu dengan serabut kelapa, dan berbagai kombinasi lainnya.

Wooden Box untuk Makanan yang Kreatif

Selain bisa digunakan pada berbagai bahan kayu, merk lem untuk kerajinan kayu terbaik ini juga bisa Anda gunakan untuk menghasilkan aneka ide wooden craft yang didesain untuk tempat makanan. Misalnya:

1. Wooden box atau kotak makanan dari kayu yang cantik
2. Alat-alat makan, misalnya centong, piring, hingga mangkuk kayu dan bambu
3. Talenan, baik talenan fungsional maupun talenan hias
4. Nampan makanan
5. Kotak tissue kayu atau dari bahan kaya selulosa

Ultra Phaethon juga bisa diaplikasikan untuk perekatan dengan teknik decoupage. Sebagaimana yang kita tahu, decoupage adalah salah satu cara unik mempercantik produk kayu dengan menempelkan aneka gambar pada permukaannya. Merk lem untuk kerajinan kayu terbaik ini cocok untuk perekatan decoupage dengan kekuatan hingga efek warnanya yang sangat ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here