Cara Sukses Bisnis Crafting Kuncinya di Ultra Phaethon

679

Ingin mulai melakukan bisnis crafting? Atau sudah punya dan ingin mengembangkan usaha tersebut lebih lanjut? Yuk, simak tips dari kami di lemkertas.com.

Bersama dengan industri furniture, industri crafting atau kerajinan menyumbang angka besar untuk Indonesia. Terhitung pendapatan hingga lebih dari 2 milyar yang didapatkan gabungan dari kedua industri ini. Dari berbagai negara di dunia, Indonesia menjadi salah satu pengekspor terbesar mebel dan kerajinan. Meski demikian, harus diakui bahwa posisi Indonesia masih berada di bawah Malaysia, Vietnam, dan kalah jauh dari China yang menempati posisi pertama dunia. Hanya saja, ada prospek menarik untuk keberlanjutan industri ini. Negara kita sejatinya punya modal besar:

  1. Indonesia kaya akan kayu dan bahan alam berkualitas. Kita memiliki komoditas kayu berkualitas seperti jati dan ebony, hingga bahan alam lainnya seperti rotan dan pandan. Bahan-bahan alam ini merupakan salah satu material yang potensial untuk digunakan sebagai bahan kerajinan.
  2. Indonesia memiliki tradisi membuat kerajinan dengan kualitas yang unik dan mengagumkan. Negara kita memiliki berbagai produk budaya berupa pola khas tiap etnis yang bisa diterapkan pada produk kerajinan dengan hasil mengagumkan.
  3. Indonesia memiliki SDM yang potensial memproduksi furniture dan kerajinan yang bagus. SDM ini bisa dikembangkan lebih lanjut agar keterampilannya lebih berkembang dan bisa menghasilkan produk yang lebih baik.

Dengan tiga hal ini, mengembangkan bisnis crafting di Indonesia sebenarnya bukan hal yang sulit. Ketika kita mampu membuat produk yang berkualitas, produk kita juga lebih mudah diekspor. Sebab, biarpun bukan produsen handicraft nomor satu dunia, tetapi Indonesia sudah punya “nama” sendiri. Yang perlu Anda pikirkan adalah memilih produk kerajinan yang akan dikembangkan dan menerapkan strategi yang tepat untuk melakukannya.

Aneka Macam Bisnis Crafting

Bisnis kerajinan sendiri bisa dibedakan menjadi beragam jenis. Malah kalau dipikir, tak ada yang tak bisa dikreasikan dalam industri ini. Sering dunia kerajinan memang memberikan kejutan-kejutannya sendiri. Misalnya, dari segi materialnya, kita bisa membagi industri ini menjadi industri berbahan alami seperti kayu dan serat alam, versus bahan sintetis seperti plastik. Keindahan bunga plastik, misalnya, tentu tak kalah bukan dari keindahan bunga yang dibuat dari buah kelapa? Kesemuanya memiliki keindahan sendiri-sendiri.

Sedangkan bila dilihat dari status bahannya, bisnis crafting bisa dibagi menjadi dua:

  1. Bisnis kerajinan dari bahan baru. Misalnya, pembuatan tas anyaman atau bermacam kreasi dari daun pandan.
  2. Bisnis kerajinan dari bahan lawas atau recycle. Contohnya adalah pembuatan paper quiling dari kertas yang sudah tidak digunakan lagi.

Masih ada banyak ragam contoh industri kerajinan yang lain. Bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha di bidang ini, kami punya beberapa contoh industri kerajinan dengan modal kecil dan teknik mudah yang bisa Anda coba.

Aneka Produk Rajutan

tas kerajinan serat alam

Bagi Anda yang suka merajut, terapkan saja teknik yang Anda kuasai tersebut untuk membuat berbagai produk craft. Agar tak monoton, cobalah pelajari berbagai teknik rajutan yang bagus dan model produk yang bisa dicontoh.

Bros

bros dari kain flanel

Bros juga bisa menjadi produk andalan bisnis crafting. Bros sendiri bisa dibuat dengan beragam jenis bahan dan beragam tipe model. Misalnya, bros berbentuk bunga dari kain flanel sampai bros yang elegan dari bulir-bulir manik-manik yang cantik. Target pasar produk ini juga sangat bervariasi. Mereka yang berhijab, anak-anak, hingga perempuan dewasa tanpa hijab bisa menjadi target pasar Anda. Yang jelas, sesuaikan produk Anda dengan kebutuhan target pasar. Misanya, untuk bros si kecil, buatlah produk dengan kesan ceria dan bentuk seperti bunga dan kartun. Sedangkan bros untuk perempuan tanpa hijab sebaiknya dipilih dari desain yang cocok untuk dipasang pada blazer atau pakaian-pakaian non hijabi lainnya.

Produk Serat Alam

keranjang koranSeperti dijelaskan sebelumnya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis serat alam. Kita punya rotan yang bagus, pandan, hingga tanaman seperti eceng gondok yang sering dianggap hama. Aneka tumbuhan ini bisa menjadi lahan subur pembuatan produk kerajinan. Misalnya saja pembuatan tas dari serat batang pisang atau anyaman daun pandan.

Decoupage

kotak decoupage

Ide bisnis crafting berikutnya adalah kerajinan decoupage. Kerajinan decoupage sudah sering dibahas di lemkertas.com. Anda bisa membaca beragam tutorial mengenai kerajinan decoupage pada berbagai artikel kami yang lalu. Yang jelas, kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan yang sangat menawna. Dari teknik yang diaplikasikan, kita bisa menyulap sebuah produk menjadi seperti dilukis oleh pelukis profesional.

Kerajinan Kertas

paper quilling

Kertas merupakan material yang sangat potensial untuk berbagai produk kerajinan. Ada berbagai produk handicraft yang bisa dibuat dari material ini, misalnya bunga-bunga hias, kartu ucapan pop up, sampai miniatur  dan patung-patung.

Mengoptimalkan Bisnis Crafting dengan Lem Kerajinan Ultra Phaethon

jual lem untuk wallpaperKesuksesan bisnis kerajinan sebagaimana bisnis yang lain dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tiap faktor ini perlu diperhatikan dengan seksama termasuk faktor yang kelihatannya sepele. Dalam industri kerajinan, salah satu faktor “sepele” yang sebenarnya sama sekali tidak sepele adalah masalah lem atau bahan perekat.

Pernahkah Anda memperhatikan kondisi berbagai produk kerajinan yang Anda temukan di sekitar tempat perbelanjaan? Coba amati baik-baik. Tak jarang, beberapa komponennya sudah lepas sehingga produk menjadi tidak menarik lagi. Masalah seperti ini diakibatkan semata-mata karena adhesive-nya. Kualitas adhesive yang kurang kuat atau mudah lepas karena kelembaban adalah sala satu persoalan utamanya. Karena itu, jangan menyepelekan masalah lem. Anda yang sudah menjalankan bisnis crafting pun perlu memperhatikan aspek ini.

Bio Industries, sebagai pelopor produk pendukung industri mebel dan kerajinan, secara khusus menghadirkan lem Ultra Phaethon untuk Anda gunakan. Ultra Phaethon merupakan polyvinyl acetate water based berkualitas yang didesain secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan adhesive dalam bidang industri. Lem ini:

  1. Memiliki daya rekat kuat sehingga akan membuat kerajinan Anda awet dan tahan lama.
  2. Memiliki ikatan yang stabil sehingga lem tidak mudah rusak
  3. Tidak menyebabkan bau menyengat tidak enak yang bertahan terlalu lama
  4. Tidak menyebabkan kerusakan warna pada produk kerajinan
  5. Hemat dengan solid content tinggi
  6. Cover area lem luas
  7. Mudah digunakan
  8. Kecepatan kering ideal
  9. Harga sangat murah dengan hanya Rp. 48.000,- saja.

Eco Friendly

eco-friendly-iconSalah satu yang menjadi alasan rekomendasi kami terhadap Ultra Phaethon adalah sifat lem yang ramah lingkungan. Diformulasikan dengan PVAc berbasis air, Ultra Phaethon merupakan lem yang tidak mengandung zat-zat toksik.

Sifat lem yang aman ini begitu penting. Sebab, saat ini masyarakat makin sadar akan perlunya bahan-bahan yang eco friendly demi menjaga kelestarian lingkungan. Di luar itu, regulasi dari pemerintah, baik pemerintah Indonesia ataupun pemerintah negara lain juga makin ketat mengatur persoalan seperti ini. Bukan tidak mungkin Anda terkendala ekspor atau sekedar memasarkan produk di tingkat lokal karena persoalan kandungan pada produk bisnis crafting yang tidak aman. Jadi, berhati-hatilah dan senantiasa gunakan lem Ultra Phaethon.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here