Karena UKM Kerajinan Butuh Lem Craft Terbaik!

302
kerajinan unik

Dari berbagai bahan yang dibutuhkan dalam bisnis crafting, lem pasti menjadi salah satu bahan yang demikian krusial. Simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan jawaban mengenai adhesive terbaik untuk UKM kerajinan Anda.

Prospek Menjanjikan UKM Kerajinan

Dilansir dari detik.com, seorang pengrajin dari Jawa Tengah berhasil meraup omset hingga 300 juta rupiah per bulan berkat usaha kerajinan yang ditekuninya. Pria yang bernama Agus ini sebenarnya adalah seorang pengrajin furniture. Tetapi, karena sejak tahun 2012, usaha furniture-nya mengalami kelesuan, ia pun banting stir dan masuk dalam bisnis crafting. Pilihannya ternyata membuahkan hasil yang sangat menggembirakan dengan omset besar yang didapatkannya.

Kisah yang dialami oleh Agus ini memang sangat fantastis. Dan yang menggembirakan, kisah seperti ini bukanlah sesuatu yang sangat sulit untuk diraih. Sudah banyak cerita kesuksesan seseorang ketika mencoba mengambil jalur usaha baru di bidang kerajinan. Bisnis crafting atau kerajinan bisa dibilang memang prospektif. Hal ini pun bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang membuat usaha di bidang kerajinan sebenarnya sangat menjanjikan.

  1. Pertama, pintu ekspor terbuka untuk produk kerajinan Anda asalkan produk tersebut punya kekhasan dan keunikan.
  2. Kualitas SDM yang memadai
  3. Tersedianya berbagai bahan baku alami yang bagus
  4. Terdapat berbagai desain, model, pola, dan motif menarik yang khas di tiap kebudayaan
  5. Pasar yang besar di tingkat lokal
    Setidaknya, kelima hal ini membuat prospek usaha kerajinan baik kerajinan tangan atau yang bermesin menjadi begitu menjanjikan. Kondisi yang ada sendiri, menunjukkan perkembangan positif usaha di bidang kerajinan. Dalam skala kecil dan menengah, usaha-usaha kerajinan paling mendapat tempat. Bermula dari home industry yang perlahan menjadi lebih profesional, UKM kerajinan telah menyumbang manfaat besar bagi ekonomi Indonesia yang lebih independen. Jadi, bukanlah hal yang salah bila Anda tertarik untuk turut berjibaku dalam bisnis ini.
tas rotan

Lem, Bahan Penting yang Sering Disepelekan

Kesuburan UKM kerajinan bisa dilihat di berbagai tempat di Indonesia mulai dari Bali sampai Kalimantan. Produk yang dihasilkan pun makin beragam dari tahun ke tahun. Tak hanya fokus pada pasar ekspor dengan produk kerajinan kayu dan serat alam, kini masyarakat juga banyak memproduksi kerajinan modern untuk pasar lokal. Misalnya saja bros, dompet, tempat hp, wadah laptop, dan masih banyak lagi. Mereka menjadi pemain yang harus berkompetisi dengan berbagai produk luar seperti produk dari Amerika, China, hingga Malaysia.

Tantangan yang disebut di atas jelas bukan tantangan yang mudah. Karenanya, kualitas produk harus selalu ditingkatkan sambil terus memastikan harga produk tetap kompetitif. Bagaimana cara melakukan hal ini? Tidak mudah, memang. Namun sebenarnya ada beberapa kiat sederhana yang dapat dilakukan. Selain melakukan berbagai inovasi pada produk, kita juga perlu memastikan bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tersebut hadir dengan kualitas terbaiknya. Lem adalah contohnya.

Biarpun sering disepelekan, pada kenyataannya, justru lem adalah bahan yang krusial untuk keberlangsungan UKM kerajinan Anda. Coba ingat, pernahkah Anda melihat berbagai produk kerajinan yang dipajang di mall atau minimarket? Tak jarang, ada beberapa kerajinan yang sudah lepas komponennya. Misalnya, bros yang bagian tertentunya lepas hingga lampu hias yang kapnya lepas dari rangkanya. Hal-hal semacam ini terjadi akibat pemakaian lem dengan kualitas yang buruk. Oleh sebab itu, pilihlah lem dengan cermat.

Memilih Ultra Phaethon, Lem Terbaik untuk UKM Kerajinan Anda

Di pasaran, telah tersedia berbagai lem yang bisa digunakan. Tapi ingat, tidak semua lem tersebut dapat dipakai untuk usaha Anda. Untuk kebutuhan kerajinan, lem yang dipakai harus spesifik. Salah satunya, bahwa lem tersebut memang didesain sebagai lem untuk crafting atau kerajinan. Dengan demikian, maka karakter lem pun akan disesuaikan untuk kebutuhan tersebut. Cara ini juga akan menghindarkan Anda dari pemakaian lem yang terlalu mahal. Contohnya saja penggunaan lem kayu. Lem kayu memang kuat, tetapi harganya lebih mahal dibanding lem craft. Padahal, daya rekat lem kayu pun sebenarnya terlalu tinggi untuk kerajinan.

jual lem untuk wallpaper

Sebagai bahan rekomendasi, lem yang kami sarankan untuk UKM kerajinan Anda adalah Ultra Phaethon. Water based PVAc glue Ultra Phaethon merupakan lem yang didesain dengan karakteristik lengkap sebagai lem untuk bisnis crafting. Berikut ini berbagai keunggulan adhesive ini.

Kuat dan Tahan Lama

Lem ini merupakan lem yang didesain dengan optimalisasi daya kohesi dan adesi. Lem akan membentuk ikatan kuat dengan media yang direkatkannya serta antar molekul lem itu sendiri. Ikatan yang terbentuk adalah ikatan rangkap ganda berkat inner cross link modifier. Anda bisa membuat bros, hiasan bunga, kerajinan kertas, dan berbagai produk UKM kerajinan lainnya dengan kualitas tinggi berkat daya rekat lem yang baik ini. Selain itu, adhesive ini pun mampu membentuk ikatan yang resisten terhadap:

  1. Air
  2. Solvent
  3. Panas dan kelembaban

Tidak Tebal

Adhesive ini memiliki fitur penting yang akan membantu Anda menghasilkan produk dengan estetika tinggi. Fitur tersebut adalah sifat lem yang tidak membentuk lapisan tebal. Lem akan meresap pada produk dan tidak mengubah bentuk produk dengan lapisan filmnya yang tebal. Malah, produk akan tersamar seperti tidak dilem sama sekali. Area penyambungan menjadi mulus dan terlihat begitu natural.

Tidak Merusak Warna

Ultra Phaethon didesain secara khusus sehingga tidak akan menyebabkan glue line. Adhesive ini akan mengering dan menghasilkan lapisan transparan yang tidak terlihat. Anda tak perlu khawatir dengan persoalan yang sering timbul ketika lem menyebabkan warna sehingga merusak keindahan craft.

Murah!

Salah satu faktor utama saat memilih lem untuk UKM kerajinan jelas adalah faktor harga. Ultra Phaethon sendiri merupakan adhesive yang sangat bisa diandalkan karena harganya yang terjangkau. Lem ini bisa didapat mulai harga Rp. 48.000,- saja. Selain itu, lem ini juga sangat hemat digunakan dengan solid content tinggi dan cover area lem yang luas. Biaya produksi pun akan menurun secara signifikan sehingga Anda bisa menghasilkan produk yang harganya lebih kompetitif di pasaran.

Cepat Kering

Keunggulan lain Ultra Phaethon terletak pada kecepatan keringnya yang ideal. Lem ini akan mengering sesuai standar produksi sehingga alur pembuatan produk bisa dipastikan berjalan sesuai rencana. Dengan proses produksi yang lancar, tentu kegagalan bisa dihindari dan efisiensi bisa ditingkatkan. Pada akhirnya, fitur lem Ultra Phaethon ini pun akan membuat biaya produksi UKM kerajinan menjadi lebih hemat.

Ramah Lingkungan

Yang tak kalah penting, Ultra Phaethon merupakan lem yang sangat ramah lingkungan. Lem ini didesain dengan bahan 100% eco friendly. Anda juga bisa mengandalkannya untuk kebutuhan ekspor yang biasnaya menetapkan syarat tinggi untuk tiap produk yang masuk.

Simpulan

UKM kerajinan adalah usaha yang prospektif untuk ditekuni dan bisa dimulai dari skala sederhana seperti home industry. Tetapi, mengingat kompetisi yang tinggi dengan dibukanya pasar saat ini, dibutuhkan peningkatan kualitas produk dengan tetap memastikan harganya terjangkau. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah mengandalkan lem craft terbaik seperti Ultra Phaethon. Segera hubungi kontak CS kami untuk mendapatkan Ultra Phaethon sekarang juga!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here