Ingin Jadikan Bangku Bambu Kokoh? Pilih Dulu Lem yang Kuat untuk Bambu Ini!

537
kursi bambu

Telah banyak kreasi modern yang bisa dibuat dari bahan bambu. Untuk mendukung berbagai kreasi tersebut, dibutuhkan lem yang kuat untuk bambu. Apa produk adhesive yang bisa diandalkan?

Mengenal Tanaman Bambu

Tanaman bambu merupakan tanaman hijau sepanjang tahun yang masuk dalam sub family Bambusoidae dari keluarga Poaceae. Umumnya, bambu memiliki karakteristik unik sebagaimana rumput lain yakni adanya buku-buku atau internode pada cabangnya. Selain itu, bambu juga memiliki ciri sangat khas dengan bagian dalamnya yang berlubang dan bentuknya yang silinder. Pada tanaman ini, tidak terjadi pertummbuhan sekunder sehingga bambu cenderung memiliki bentuk yang “kurus” dengan ukuran panjang yang signifikan.

CS LemKertas

Dibandingkan dengan tanaman lainnya, bambu merupakan salah satu tanaman yang memiliki tingkat pertumbuhan sangat tinggi. Apalagi dengan sistem rizomanya. Beberapa spesies bambu juga bisa tumbuh hingga 91 cm hanya dalam 24 jam saja dengan kecepatan pertumbuhan 4 cm per jam. Hal-hal seperti inilah yang membuat jumlah bambu sangat melimpah. Dan oleh sebab itu, sejak zaman dulu kala, bambu sudah banyak digunakan oleh manusia.

Pemanfaatan bambu oleh manusia diaplikasikan untuk berbagai bidang kehidupan. Anda tentu sudah mengenal produk-produk bambu seperti kursi, meja, hingga tempat tidur. Berbagai kerajinan atau pernak-pernik pun banyak yang dibuat dari bahan ini. Misalnya saja tempat pensil, jam tangan, talenan, mangkuk, vas bunga, dan berbagai produk serupa lainnya.

kursi bambu dengan lem yang kuat untuk bambu

Dalam pemakaian bambu tersebut, membutuhkan spesifikasi baik dari alat dan bahan maupun prosedurnya. Kekhususan ini harus diperhatikan mengingat sifat bambu yang tidak bisa disamakan dengan kayu. Kerap, karena memiliki karakter mirip kayu, bambu diolah sebagaimana kayu. Padahal, hal ini tidaklah tepat. Bagaimanapun juga, bambu memiliki karakteristik tersendiri yang oleh karenannya membutuhkan penanganan tersendiri.

Baca juga: Cara Membuat Tempat Pensil dari Bambu yang Unik

Perlunya Lem yang Kuat untuk Bambu

Salah satu spesifitas atau kekhususan yang harus Anda perhatikan kala mengolah bambu adalah lem yang dipakai. Lem yang berguna sebagai perekat dengan proses kimia harus dipilih yang benar-benar memiliki kecocokan dengan substrat bambu. Sehingga ikatan kimia yang dibentuk benar-benar stabil dan bisa dipertahankan baik dari segi kekuatan maupun ketahanannya (resistensinya pada faktor perusak).

Untuk memilih lem yang tepat untuk bambu sendiri, perhatikanlah beberapa tips sebagai berikut:

1. Lem cocok untuk bambu. Sebaiknya pilihlah lem yang memang didesain untuk kebutuhan perekatan bambu.

2. Lem memiliki ketahanan terhadap faktor perusak seperti air, solvent, dan panas.

3. Lem mudah digunakan. Pilih adhesive yang dalam penggunaannya tidak membutuhkan alat serta bahan yang tidak Anda punyai.

4. Lem aman dan ramah lingkungan. Pilih lem yang berbasis air atau lem yang memenuhi standar keamanan sesuai peraturan atau regulasi yang berlaku.

5. Lem tidak menyebabkan efek warna atau glue line.

Faktor kekuatan harus benar-benar Anda pertimbangkan. Karena itulah, utamakan untuk memilih lem yang kuat untuk bambu terlebih dahulu. Sebab, faktor kekuatan akan berdampak pada banyak hal. Bukan hanya kekokohan produk, kekuatan lem juga akan berpengaruh pada:

1. Kenyamanan kita saat menggunakan produk

2. Estetika produk

Sedangkan terkait dengan harganya, pastikan membeli lem yang harganya masuk akal dengan kualitas yang ditawarkan. Misalnya, bila lem yang kuat untuk bambu yang Anda pilih memiliki kekurangan dalam hal keamanan, tentu adhesive tersebut tak bisa dikatakan berkualitas. Oleh sebab itu, harga mahal yang dibanderol akan sangat tidak masuk akal.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here