Lem PVAc untuk Decoupage Tas Kanvas

1568
tas kanvas decoupage bagus

Salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan skala menengah adalah usaha pembuatan tas kanvas. Sayangnya, usaha pembuatan tas ini sudah begitu banyak dilakukan orang. Bila produk kita biasa-biasa saja, tentu akan kurang menarik perhatian. Untuk itulah inovasi-inovasi khusus perlu dilakukan. Misalnya, aplikasi decoupage dengan lem PVAc untuk decoupage tas kanvas Ultra Phaethon!

Canvas atau kanvas adalah salah satu jenis bahan serat alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kanvas banyak digunakan untuk beragam kebutuhan manusia. Salah satu yang saat ini paling marak diminati adalah tas kanvas.

Canvas bag atau tas kanvas sendiri telah hadir dengan ragam varian yang sangat banyak. Ada tas-tas yang didesain untuk kebutuhan konvensional, namun ada juga yang khusus dibuat untuk suvenir saja. Untuk kebutuhan konvensional, tas kanvas dengan mudah bisa kita temukan pada jenis tas sekolah, tas untuk rekreasi, hingga untuk kemasan beberapa benda. Sedangkan untuk souvenir, biasanya tas kanvas digunakan untuk kenang-kenangan atau oleh-oleh pada acara seperti seminar hingga perayaan ulang tahun. Untuk kebutuhan yang terakhir ini, biasanya tas kanvas didesain dengan bentuk yang sangat sederhana.

Jenis Tas Kanvas

Ada beragam jenis tas kanvas yang terdapat di pasaran. Namun bila kita bedakan dari jenis kanvasnya sendiri, setidaknya kita bisa menyebut nama-nama seperti kanvas blacu hingga terpal. Tiap jenis kanvas tersebut punya kelebihan dan karakter tersendiri. Sehingga pemanfaatannya pun berbeda satu sama lain. Berikut ini penjelasan jenis-jenias kanvas tersebut.

Kanvas Blacu

Kanvas blacu adalah jenis bahan kanvas yang memiliki mutu paling rendah. Pernah melihat kantong-kantong untuk wadah tepung terigu? Itulah contoh tas kanvas blacu. Kanvas tipe ini memiliki sifat ringan dan bisa diperoleh dengan harga yang lebih murah.

Kanvas Ripstop

Kanvas dari jenis ripstop adalah kanvas yang kuat. Akan tetapi jenis kanvas ini memiliki ketebalan yang sedang-sedang saja. Adapun kekuatannya cenderung bagus dan lebih baik dibanding yang lainnya. Biasanya kanvas jenis ini digunakan dalam pembuatan dengan harga standar hingga terjangkau.

Kanvas Terpal

Seperti namanya, tas kanvas terpal adalah tas kanvas yang berasal dari jenis yang jauh lebih tebal serta tidak mudah robek. Jenis kanvas ini banyak digunakan untuk kebutuhan pembuatan tas kanvas kaku. Namun sayangnya, peminat tas kanvas kaku cenderung lebih sedikit. Akibatnya, bahan ini tak begitu laku. Meski demikian, harga tas kanvas ini biasanya lebih murah dari jenis kanvas yang lainnya.

Kanvas Marsoto

Jenis tas kanvas marsoto berasal dari bahan kanvas yang memiliki kualitas paling baik dibandin bahan serupa lainnya. Bila kita lihat dari karakter fisiknya saja, tampak bahwa material ini memiliki kekuatan yang kokoh serta tak mudah robek. Umumnya bahan tas kanvas yang menggunakan marsato memiliki harga lebih mahal karena kualitasnya itu.

Ingin Tas Kanvas Anda Lebih Baik? Aplikasikan Decoupage!

Berbagai jenis tas kanvas di atas sudah banyak tersedia di pasaran. Tertarik membuka usaha di bidang ini? Jika jawaban Anda “iya” tentu anda harus melakukan inovasi tersendiri. Inovasi dibutuhkan supaya tas yang Anda buat lebih menarik sehingga lebih diminati pasar. Sebab, sekali lagi, sudah banyak pelaku usaha yang bekerja di bidang ini.

Apa saja inovasi yang bisa diterapkan? Salah satu yang paling mudah dan murah diterapkan adalah aplikasi teknik kerajinan decoupage. Teknik kerajinan ini dilakukan dengan menempelkan gambar kertas yang dirasa bagus pada tas. Cara ini akan membuat tas terlihat lebih menawan. Pola atau gambar yang dihasilkan pun sangat beragam. Anda juga bisa memanfaatkan aneka jenis kertas mulai dari napkin decoupage hingga kertas-kertas biasa yang punya gambar menarik.tas kanvas decoupage

Ini Dia Lem PVAc untuk Decoupage Tas Kanvas yang Harus Digunakan

Untuk membuat tas decoupage berbahan kanvas, dibutuhkan adhesive yang berkualitas. Hati-hati membeli lem untuk kebutuhan ini karena banyak lem di pasaran yang bisa menyebabkan:
1. Fenomena glue line sehingga tas terlihat buruk karena cacat warna
2. Bau menyengat pada tas
3. Lem kurang kuat
4. Lem mengandung bahan berbahaya yang membuat tas kurang aman digunakan
5. Harga lem yang terlalu mahal

Lem yang kami sarankan untuk pengeleman decoupage tas kanvas adalah Ultra Phaethon. Adhesive ini adalah adhesive berbasis PVAc yang memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibanding lem-lem lainnya di pasaran. Selain lebih kuat, Ultra Phaethon juga sangat aman (eco friendly), tahan lama, tidak berbau menyengat, dan mudah digunakan.

Cara Aplikasi Ultra Phaethon

Berikut ini contoh cara menerapkan lem PVAc untuk decoupage tas kanvas Ultra Phaethon.
1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Sediakan tas kanvas, napkin atau gambar yang akan di-decoupage, kain pelapis, Ultra Phaethon, kuas, alat tulis, beban misalnya buku, clear varnish BioColours sebagai top coat, penggaris.
2. Persiapan tas kanvas dan napkin decoupage. Pastikan semuanya dalam kondisi bersih dan kering sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.
3. Tentukan di mana gambar akan Anda letakkan pada tas kanvas.
4. Potong napkin decoupage. Lakukan dengan hati-hati dan memperhatikan detil pemotongan gambar.
5. Oleskan Ultra Phaethon pada napkin. Lalu tempelkan pada area tas kanvas yang ingin ditempeli.
6. Supaya ikatan yang dihasilkan kuat dan hasil penempelan bagus, berikan beban pada gambar hingga lem mengering. Lapisi dulu gambar lalu tindih dengan buku yang Anda jadikan beban.
7. Olesi dengan clear varnish, pilih dari jenis cat BioColours.
8. Selesai! Anda tinggal mengulangi langkah di atas untuk penempelan gambar-gambar lainnya. Mudah sekali bukan?

lem kertas terbaik

Tips Agar Tas Kanvas Makin Menarik

Dengan aplikasi decoupage yang didukung lem PVAc decoupage berkualitas, tas kanvas Anda pasti akan lebih menawan. Nah, supaya teknik ini berjalan dengan baik, Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.
1. Sediakanlah lap untuk membersihkan sisa pengeleman dan pengecatan. Jadi noda bisa segera dibersihkan dan tidak membuat tas buruk.
2. Pilih warna dasar tas kanvas yang cocok dengan gambar decoupage yang diaplikasikan.
3. Hati-hati membeli clear varnish. Jangan sembarangan membeli clear varnish karena banyak yang bisa menyebabkan yellowing.
4. Pastikan tas kanvas sudah bersih dan benar-benar kering sebelum diolah lebih lanjut.
5. Clear varnish terdiri dari beragam tingkat kilau. Pilih yang menurut Anda paling cocok. Ada yang glossy, doff, matte, dan sebagainya.
6. Gunakan clear varnish serta lem water based. Jangan sembarangan membeli lem. Kami sangat merekomendasikan pemakaian lem PVAc untuk decoupage tas kanvas Ultra Phaethon karena kualitasnya masih yang terbaik dibanding adhesive lainnya.
7. Percantik tas kanvas decoupage dengan hiasan-hiasan lain seperti bunga-bunga hingga pita hias.

Demikian saran kami mengenai lem PVAc untuk decoupage tas kanvas, cara aplikasinya, dan tips-tipsnya. Semoga bermanfaat! Tunggu artikel kami yang lain seputar teknik kerajinan ini!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here