Tutorial Decoupage Menggunakan Lem Ultra Phaethon

302
dompet cantik

Apa Anda ingin mencoba membuat kerajinan decoupage? Jangan khawatir, kali ini, kami hadir dengan tutorial decoupage menggunakan lem Ultra Phaethon! Yuk, siapkan toples hingga sepatu kanvas kesayangan Anda supaya lebih cantik dengan teknik kerajinan ini. Tapi sebelumnya, persiapkanlah hal-hal yang dibutuhkan, termasuk rencana yang proyek ini.

Tutorial Decoupage Menggunakan Lem Ultra Phaethon

Decoupage adalah salah satu teknik kerajinan yang sudah diterapkan begitu lama. Teknik ini menawarkan banyak keunggulan, di antaranya adalah hasilnya yang sangat menarik meskipun hanya dibuat dengan cara menempelkan kertas tertentu saja di permukaan sebuah media. Agar lebih menyatu, maka clear varnish dioleskan di atasnya. Kelihatannya mudah dan asyik bukan? Sebenarnya cara aplikasi decoupage memang tak sesulit yang dibayangkan. Meski demikian, hasilnya biasanya sangat menarik.

Decoupage Apa yang Hendak Anda Buat?

Sebelum membuat kerajinan decoupage, tentukan dulu produk yang akan Anda buat. Sebagai seni tempel menempel, teknik ini bisa diterapkan pada banyak media. Sehingga Anda pun bisa menghasilkan beragam produk menarik dengan cara aplikasi decoupage. Misalnya decoupage pada:

CS LemKertas

1. Selimut, sprei, hingga sarung bantal
2. Kaos
3. Taplak meja dan gorden
4. Sepatu dan tas kanvas
5. Item fashion lainnya
6. Kayu, misalnya kotak kayu hingga meja
7. Kaca, misalnya toples makanan
8. Seng misalnya decoupage pada kaleng makanan
9. Piring
10. Aneka jenis furniture

Tutorial Decoupage Menggunakan Lem Ultra Phaethon

Secara umum, berbagai produk yang bisa dibuat tersebut bisa dibagi dua menurut medianya. Yang pertama adalah media kain seperti selimut, tas pandan, dompet, hingga taplak meja, dan yang kedua adalah media non kain seperti kayu dan kotak kaleng makanan. Karena karakternya memang berbeda, cara aplikasi tutorial decoupage menggunakan Ultra Phaethon pun berbeda satu sama lain.

Tentukan Gambar dan Polanya

Setelah menentukan jenis produk yang akan Anda buat, Anda tentunya juga perlu memperhatikan desain penempelan yang akan dilakukan. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini supaya kerja Anda lebih efisien:
1. Lihat-lihat alat dan bahan yang Anda punyai.
2. Tak punya napkin? Anda bisa menggunakan jenis kertas lainnya asalkan tak rusak saat kena lem ataupun cat.
3. Dari pengamatan mengenai alat dan bahan yang tersedia, buatlah gambaran kasar desain yang akan diwujudkan. Misalnya, terkait penempatan gambar di bagian-bagian tertentu, hingga aplikasi finishing yang mendukung.
4. Pikirkan, kira-kira apa dibutuhkan aksesori atau hiasan tambahan? Bila iya, sertakan juga pada desain yang Anda buat.
5. Beli perlengkapan yang dibutuhkan.

Siapkanlah Bahan-bahannya!

Setelah tahu semua yang dibutuhkan dan sudah membelinya, siapkanlah alat dan bahan untuk aplikasi kerajinan ini.
1. Napkin decoupage atau kertas lain dengan motif menarik dan sifat mirip seperti napkin.
2. Lem Ultra Phaethon. Lem ini masih menjadi andalan terbaik untuk kebutuhan pembuatan kerajinan. Ultra Phaethon dikenal dengan kualitas ikatnya yang sangat baik. Lem ini juga awet dan tidak menyebabkan glue line. Yang pasti adhesive ini pun bisa didapatkan dengan harga terjangkau, yakni Rp. 48.000,- saja. Murah bukan?
3. Kuas atau benda lainnya untuk mengoleskan lem pada media.
4. Medianya sendiri, baik itu berupa kotak kayu maupun sepatu kanvas.
5. Cat. Anda bisa menggunakan cat primer serta stain atau warna. Pilih yang warnanya cocok dengan tampilan yang Anda inginkan.
6. Kuas untuk mengoleskan cat.
7. Pembersih media (tergantung medianya)
8. Amplas, bila diperlukan
9. Kain lap dan pelapis
10. Setrika sebagai pemanas
11. Clear coat atau top coat. Ingat, top coat biasanya tersedia dalam aneka kilau. Top coat atau clear varnish sendiri adalah pelapis akhir dalam tahapan finishing yang berwarna bening. Top coat ada yang berkilau, sedang saja, hingga sama sekali tidak berkilau. Pilihlah yang menurut Anda paling sesuai dengan tampilan decoupage yang diinginkan.

Tutorial Decoupage Menggunakan Lem Ultra Phaethon

Tutorial Decoupage Menggunakan Lem Ultra Phaethon

Cara melakukan decoupage dengan Ultra Phaethon kami bedakan menjadi dua, yakni pada bahan non kain seperti kayu dan bahan kain seperti sepatu kanvas.

Aplikasi pada Bahan Non Kain

1. Siapkan semua alat dan bahan yang disebut di atas. Untuk decoupage pada bahan non kain, Anda tak perlu menyediakan kain pelapis maupun pemanas seperti setrika. Cukup sediakan kertas atau napkin decoupage, kuas, lem Ultra Phaethon, media, amplas (apabila diperlukan), kain lap, pembersih media, clear varnish atau top coat, hingga cat bila dirasa perlu.
2. Taruh semua alat dan bahan di atas pada satu tempat yang nyaman untuk mengerjakan proyek ini.
3. Siapkan medianya, bersihkan dan ratakan supaya cat dan lem teraplikasikan sempurna tanpa terkena debu.
4. Aplikasikan cat bila dirasa perlu. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa mengaplikasikan finishing antik dan vintage bila temanya tema “tua”. Pasti hasilnya sangat menarik dengan kombinasi gambar decoupage floral!
5. Setelah cat kering, lakukan pengamplasan agar rata. Ulangi bila perlu, dan jangan lupa mengaplasnya lagi.
6. Siapkan napkin, tempelkan dengan Ultra Phaethon pada bagian yang Anda maui.
7. Ratakan supaya hasilnya baik. Biarkan mengering.
8. Selesai. Anda bisa menambahkan aksesori di sana-sini supaya hasilnya menarik.

craft

Aplikasi pada Kain dan Sejenisnya

Bila Anda ingin membuat selimut, sarung bantal, tas pandan, hingga bahan serupa lainnya dengan decoupage, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.
1. Kumpulkan semua alat dan bahan decoupage kain. Sediakan kertas atau napkin decoupage, kuas, lem Ultra Phaethon, media, amplas (apabila diperlukan), kain pelapis, setrika, pembersih kain, dan clear varnish atau top coat.
2. Siapkan bahan yang akan didecoupage. Bersihkan dan keringkan.
3. Setrika bila memungkinkan supaya permukaannya lebih rapi dan halus.
4. Tentukan di mana Anda akan menempel napkin. Posisikan supaya hasilnya lebih menarik.
5. Rekatkan napkin pada tempatnya dengan lem Ultra Phaethon.
6. Lapisi dengan kain pelapis, panaskan dengan setrika sebentar saja supaya cepat kering.
7. Selesai!

tas kanvas decoupage

Tips

Berikut ini kami tekanka beberapa hal, supaya hasil kerja Anda lebih baik.
1. Aplikasikan finishing yang baik dan cocok. Contohnya aplikasi vintage dan white wash supaya hasil decoupage terlihat lebih klasik dengan gambar bunga-bunga.
2. Aplikasi clear coat yang baik sesuai dengan tingkat kilau yang diinginkan.
3. Penggunaan lem yang baik sehingga tidak akan menyebabkan glue line atau garis pengeleman.
4. Tambahkan aksesori atau hiasan bila dirasa perlu. Misalnya pada kaleng-kaleng decoupage tak jarang ditambahkan hiasan lain seperti pita dan bunga palsu.
5. Bila Anda menggunakan kertas yang bukan napkin khusus, pastikan bahwa kertas yang Anda gunakan tersebut tidak mudah rusak.

Nah demikianlah tutorial menggunakan lem kain untuk decoupage Ultra Phaethon. Mudah sekali ya? Yuk, ikuti langkah-langkah di atas sekarang juga. Jangan lupa, untuk selalu mengandalkan lem PVAc terbaik, Ultra Phaethon!

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here