Apa Merk Lem yang Bagus untuk Kerajinan Decoupage Kain?

1195
decoupage pada sepatu

Ada beragam media yang bisa dipercantik dengan teknik decoupage. Salah satunya adalah media kain. Aplikasi decoupage pada kain bisa menghasilkan beragam produk menarik mulai dari selimut, tas, hingga sarung bantal. Yang jadi pertanyaan, apa merk lem yang bagus untuk kerajinan decoupage kain tersebut?

Macam-macam Produk Decoupage Kain

Decoupage berasal dari bahasa Perancis dan merupakan nama sebuah teknik kerajinan yang cirinya adalah penempelan media bergambar pada media yang lain. Setelah gambar ditempelkan, biasanya pengrajin melapisinya dengan top coat atau pernis bening (clear varnish). Tipe kerajinan ini bisa diaplikasikan untuk mempercantik beragam produk, mulai dari gelas hingga sepatu. Decoupage sendiri dianggap memberikan banyak keuntungan karena secara umum aplikasinya mudah dilakukan namun hasil yang didapat bisa benar-benar bagus. Anda yang tak punya keahlian melukis akan sangat terbantu mengembangkan usaha dengan seni kerajinan ini.

Salah satu contoh aplikasi decoupage yang menarik adalah ketika dilakukan pada kain. Biasanya, decoupage kain diaplikasikan untuk mempercantik produk yang sudah ada. Sudah ada banyak produk yang diketahui bisa dipercantik dengan teknik ini. Berikut ini beberapa di antaranya.

Tas dan Dompet

Di luar negeri, aplikasi decoupage pada tas dan dompet sudah banyak dilakukan. Di Indonesia pun beberapa pengrajin telah menerapkan usaha ini. Apalagi jenis tas dan dompet yang bisa didecoupage sangat beragam, mulai tas kanvas, tas pandan, dan tas serat alam lainnya.

Sepatu

Ingin sepatu tampak lebih unik dengan motif bunga (floral) atau motif lainnya yang tak biasa? Coba saja aplikasikan teknik decoupage ini pada produk sepatu yang Anda buat.

Selimut, Sarung Bantal, dan Sarung Guling

Kain selimut juga bisa dipercantik dengan decoupage. Beragam selimut menarik bisa dihasilkan dengan teknik kerajinan ini. demikian juga perlengkapan tidur yang lainnya seperti sarung bantal dan guling.

Taplak Meja

Contoh lain aplikasi decoupage kain yang terkenal adalah untuk memperindah taplak meja. Dengan teknik ini, keindahan taplak akan tampak lebih unik dengan motif gambar lebih beragam.

Merk Lem yang Bagus untuk Kerajinan Decoupage

Merk Lem yang Bagus untuk Kerajinan Decoupage Kain

Untuk membuat kerajinan decoupage diaplikasikan pada kain, dibutuhkan alat dan bahan yang pada dasarnya sama dengan teknik pada media lainnya. Misalnya saja lem. Sama seperti decoupage pada kayu, kaleng, atau gelas, decoupage pada kain juga membutuhkan lem yang bagus untuk kerajinan ini.

Adhesive di pasaran yang bisa diaplikasikan untuk decoupage sendiri sangat beragam. Berbagai merk (brand) dengan formulasi yang berbeda-beda bisa dijadikan pilihan. Namun rekomendasi merk lem yang bagus untuk kerajinan decoupage dari kami adalah Ultra Phaethon. Ultra Phaethon adalah PVAc adhesive (lem berbasis polyvinyl acetate) berbasis air yang memang diformulasikan untuk perekatan kerajinan dan serat alam. Adhesive ini sangat cocok untuk mengelem kertas atau tissue decoupage pada kain, baik itu kain kanvas atau media seperti pandan. Lem ini dilengkapi dengan feature menarik mulai dari daya rekat yang kuat, resistensi pada air, solvent, hingga panas, dan keamanannya sehingga tak membahayakan digunakan. Adhesive ini juga sangat murah sehingga bisa membuat ongkos produksi tak membengkak.

Beli Ultra Phaethon di Sini!

Merk lem yang bagus untuk kerajinan decoupage Ultra Phaethon bisa Anda beli hanya dengan harga Rp. 48.000, saja. Lem ini bisa Anda pesan langsung via website ini atau di berbagai marketplace seperti bukalapak dan tokopedia.

Tertarik mendapatkan Ultra Phaethon untuk produk-produk Anda? Segera pesan dan nikmati keunggulan adhesive ini untuk mewujudkan produk decoupage kain yang menawan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here