Kayu Nangka sebagai Produk Kerajinan? Kenapa Tidak?

1246
tasbih kayu nangka

Siapa bilang pohon nangka hanya bisa menghasilkan buah lezat? Coba tanyakan pada orangtua zaman dulu, khususnya yang berasal dari Jawa. Mereka akan menjelaskan bahwa pohon nangka sejatinya menyimpan potensi besar untuk diolah menjadi aneka produk. Salah satunya berbagai jenis kerajinan tangan dari kayu nangka.

Namanya Jackfruit. Dalam bahasa Indonesia, ia disebut dengan nama nangka. Pohon dari buah ini sampai sekarang masih banyak ditanam di daerah pedesaan. Beberapa perkebunan juga secara khusus mengembangkan tanaman ini. Alasannya? Jelas karena buahnya yang dianggap lezat. Siapa tak suka dengan buah nangka? Rasa buah ini sangat khas. Rasanya merupakan perpaduan antara rasa manis, sedikit asam, dan segar secara bersamaan. Penyuka buah eksotis dari berbagai negara di dunia pun kerap menjadikan buah ini sebagai salah satu santapan favorit mereka.

Namun, sejatinya pohon nangka tak hanya menawarkan buahnya yang lezat saja untuk kita manfaatkan. Lebih dari itu, pohon ini juga memproduksi kayu yang tak disangka-sangka kualitasnya. Ya, kayu nangka rupanya memiliki potensi yang bagus digunakan untuk berbagai produk. Di masa lalu, misalnya, orang Jawa sering menggunakan kayu dari pohon ini untuk membuat rumah. Kayu ini dianggap ideal dan bahkan memiliki banyak kelebihan sebagai materual untuk rumah-rumah joglo di masa lalu. Selain bisa digunakan untuk material bangunan, yang menarik ternyata kayu ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan.

Salah satu ciri khas paling menonjol dari kayu ini terletak pada warnanya. Warna kayu nangka cenderung kekuningan. Warna tersebut jelas sangat menarik dan menjadi pembeda kayu ini dibanding mahoni yang kemerahan atau jati yang keemasan. Kayu ini, dengan kata lain, punya potensi besar dari segi estetika. Apalagi pola seratnya pun sangat menarik.

Kayu Nangka sebagai Material untuk Membuat Kerajinan?

patung kayu nangka

Sebagaimana disebut di atas, salah satu potensi pemanfaatan kayu ini adalah penggunaannya untuk material kerajinan. Perlu diketahui, tak semua produk bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Bahan craft sebagaimana juga bahan mebel membutuhkan karakter yang sangat spesifik. Misalnya, kayu untuk mebel haruslah memiliki tingkat kekuatan yang baik.

Sedangkan kayu untuk kerajinan kadang kala tak membutuhkan kualitas itu. Kayu untuk kerajinan secara ideal harus memiliki karakter kayu ideal menurut tipe kerajinan yang akan dihasilkannya. Misalnya, bila kerajinan tersebut perlu diukir, idealnya kayu juga mudah diukir. Jangan sampai, kayu yang digunakan tidak bisa diukir sama sekali atau mudah rusak tatkala diukir.

Terkait dengan kayu nangka sendiri, secara umum, kayu ini merupakan kayu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka jenis kerajinan. Misalnya saja digunakan untuk:

  1. Membuat gelang dan tasbih
  2. Membuat gantungan kunci suvenir
  3. Membaut vas bunga dan wadah-wadah lainnya dengan ukiran yang cantik
  4. Bingkai foto atau lukisan
  5. Lampu hias
  6. Berbagai mainan kayu
  7. Aneka jenis patung

Masih banyak lagi sebetulnya contoh produk yang bisa dihasilkan dari kayu pohon artocarpus ini. Namun yang tak kalah penting adalah memperhatikan lem yang digunakan untuk membuat aneka kerajinan ini. Dan lem yang bagus digunakan untuk membuat berbagai produk kerajinan adalah Ultra Phaethon.

Mengapa Ultra Phaethon?

Ultra Phaethon merupakan lem berbasis air dengan formula dasar Polyvinyl Acetate atau PVAc. Lem ini sebetulnya telah lama digunakan untuk lem kerajinan. Jadi, penggunaannya tak terbatas pada kayu nangka saja. Berbagai perusahaan mulai dari mainan kayu sampai pembuatan patung kayu mini kerap mengandalkan adhesive ini sebagai bahan perekatnya. Tak mengherankan sebetulnya sebab secara umum, Ultra Phaethon memang memiliki keunggulan yang sangat baik. Berikut ini poin-poin yang menjadi kelebihan dari Ultra Phaethon sebagai lem untuk pembuatan kerajinan dari kayu nangka.

  1. Memiliki daya rekat yang kuat dan tepat untuk produk kerajinan. Lem ini secara khusus didesain untuk merekatkan berbagai produk kerajinan. Karenanya, daya rekat lem ini pun secara umum cocok untuk kebutuhan tersebut. Lem ini tak seperti lem mebel yang terlalu kuat atau lem kertas biasa yang daya rekatnya terlalu lemah.
  2. Lem ini memiliki ikatan yang tidak mudah rusak. Ikatan lem tak akan begitu saja rusak meski telah terpapar berbagai faktor yang bisa merusaknya mulai dari air, panas, siraman minyak, dan lain sebagainya
  3. Tidak menyebabkan glue line. Karakternya ini membuat Ultra Phaethon menjadi lem yang akan membuat produk Anda senantiasa terlihat indah sesuai rencana awal pembuatan
  4. Lebih aman digunakan dibanding insektisida lainnya
  5. Kecepatan kering yang sangat ideal
  6. Mudah digunakan
  7. Harga terjangkau dan pemakaian yang sangat hemat

Pesan Sekarang Ultra Phaethon

ultra phaethon

Tunggu apalagi? Yuk, pesan sekarang dan dapatkan berbagai keuntungan yang disediakan oleh adhesive Ultra Phaethon. Adhesive ini sekarang sudah bisa Anda beli secara online dengan tahapan pemesanan yang sangat mudah. Tak perlu mengeluarkan biaya dan waktu untuk transport, Anda dapat membeli lem ini secara online langsung dari website ini.

  1. Hubungi Customer Service kami. Anda bisa menggunakan WA, email, atau telepon.
  2. Kirimkan data pemesanan dengan keterangan berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, produk yang dipesan, dan jumlah produk yang akan Anda pesan. Anda juga bisa menuliskan kurir yang Anda minta. Kami akan mendiskusikan pilihan kurir pengiriman tersebut.
  3. Setelah semua data tepat, kami akan merinci biaya yang harus dibayarkan. Biaya mencakup harga lem Ultra Phaethon dan ongkos kirim. CS kami juga akan memberikan keterangan nomor rekening untuk tujuan pembayaran.
  4. Lakukan pembayaran. Kirimkan kepada kami bukti pembayaran tersebut.
  5. Kami akan memroses pesanan Anda setelah pembayaran terkonfirmasi.
  6. CS kami akan memberikan nomor resi setelah produk diserahkan ke kurir pengiriman.
  7. Tunggu produk sampai di alamat yang Anda minta. Kami akan membantu Anda bila terdapat masalah dengan kurir pengiriman,

Kesimpulan

Tak hanya buahnya, rupanya pohon nangka juga menyimpan potensi besar lainnya. Pohon ini mampu menghasilkan kayu dengan kualitas yang begitu baik. Kayu nangka pun bisa digunakan untuk membuat berbagai produk. Salah satunya adalah untuk membuat berbagai produk kerajinan. Dari manik-manik gelang sampai wadah berukir cantik, kayu ini ternyata bisa menghasilkan aneka produk berestetika tinggi. Namun, harus diingat juga bahwa dalam pembuatan berbagai kerajinan tersebut, diperlukan lem dengan kualitas yang baik. Lem yang bisa diandalkan untuk kebutuhan ini adalah Ultra Phaethon. Adhesive tersebut secara umum memiliki kualitas yang memang ideal dipakai sebagai lem untuk kerajinan.
Nah, demikianlah cara pemesanan lem Ultra Phaethon. Segera dapatkan lem ini untuk kebutuhan pembuatan kerajinan kayu nangka Anda. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkertas.com ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here