Produk Kerajinan Kayu Mindi Makin Bagus dengan Ultra Phaethon

1612
kerajinan kayu mindi

Salah satu potensi kayu mindi adalah pemanfaatannya untuk menghasilkan aneka jenis kerajinan. Berbagai produk kerajinan dari kayu tersebut bisa dihasilkan dengan lebih baik bila dibuat dengan lem yang tepat.

Tak banyak yang mengenal kayu mindi kecuali bila mereka terjun dalam industri yang kerap memanfaatkan kayu tersebut. Mindi adalah salah satu jenis kayu yang masuk dalam daftar kayu di Indonesia. Kayu ini bisa digunakan untuk membuat berbagai produk. Namun sebelum kita membahas produk-produk yang bisa dihasilkan dari kayu itu, ada baiknya kita membahas dulu mengenai karakteristik kayu pohon mindi.

Karakteristik Kayu Mindi

Mindi merupakan kayu yang khas. Dilihat dari warna kayunya, mindi memperlihatkan kontras antara kayu gubal (yakni kayu bagian luar) dan kayu teras (kayu bagian dalam). Bagian teras berwarna coklat kemerahan dengan tambahan aksen ungu, sedangkan bagian gubal menampakkan warna putih kemerahan. Dari segi tekstur, kayu ini terbilang sangat kasar. Adapun arah seratnya cenderung lurus namun dengan adanya perpaduan di beberapa area yang membuatnya terlihat menarik.

Kayu ini tergolong sebagai kayu yang kurang awet. Tingkat keawetan berdasarkan kelasnya menempati level IV-V. Dibandingkan dengan mahoni yang berada di kelas II dan jati yang berada di kelas I, kayu ini jelas kalah jauh. Sedangkan kelas kuatnya berada di rentang II hingga III. Tingkat kekerasannya sendiri sedang dan berat jenis kering rerata udaranya 0,53.

Secara umum, bisa dikatakan bahwa kayu ini kurang cocok dipakai untuk kebutuhan konstruksi kayu berat. Apalagi bila diletakkan dalam kondisi heavy duty, misalnya dalam suasana outdoor di mana produk secara konstan terpapar sinar matahari dan tersiram air hujan. Tak hanya kayunya yang kurang kuat, tingkat ketahanannya terhadap hama juga rendah karena kekerasannya yang medium serta keawetannya dalam kelas IV hingga V tersebut.

kayu mindi

Tentu saja hal-hal di atas bisa diperbaiki. Saat ini, industri pengolahan kayu sudah mengenal beragam cara untuk meningkatkan kualitas kayu. Contoh, dari segi keawetan, kayu bisa dipreservasi atau diawetkan dulu dengan insektisida dan fungisida. Jadi, kayu mindi pun masih sangat potensial dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai produk. Dan sampai sekarang, aneka mebel dan lantai dari kayu ini pun telah dibuat, bahkan sudah diekspor ke beberapa negara. Lagipula, pemanfaatannya ini pun akan mudah dilakukan untuk produk yang tak membutuhkan syarat kayu kuat dan tahan dalam kondisi heavy duty. Contohnya saja beragam produk kerajinan.

Kerajinan Kayu Mindi yang Menarik

Salah satu produk kayu yang bisa dihasilkan dari kayu ini memang merupakan produk kerajinan. Ada berbagai jenis kerajinan yang bisa dibuat mulai dari kayu ini. Salah satu contoh adalah penggunaan klasik kayu ini sebagai material membuat wadah kayu teh atau peti teh. Berbagai sumber kredibel telah menyebutkan bagaimana kebanyakan peti teh memanfaatkan mindi sebagai kayu utamanya.

mainan mindi

Selain itu, kayu ini pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk kerajinan lainnya. Misalnya saja frame atau figura foto, mainan kayu berupa mobil-mobilan, sampai rumah-rumahan untuk boneka barbie dari kayu. Salah satu keunggulan yang membuat kayu ini cocok dipakai untuk membuat beragam kerajinan justru sifat kayunya yang tak begitu keras. Dengan demikian pembentukan detil-detil pada kerajinan lebih mudah diaplikasikan pada kayu ini.

Hal lain yang menguntungkan dengan pemanfaatan kayu ini adalah harganya yang lebih terjangkau. Kualitasnya yang berada di bawah level jati, mahoni, dan sejenisnya pada akhirnya memang memberikan keuntungan di sisi lain termasuk dari segi harganya tersebut.

Bersama Ultra Phaethon, Buat Kerajinan dari Kayu Mindi

Sebagai situs penyedia lem untuk berbagai kerajinan, tak afdol rasanya bila kami tidak menyarankan adhesive yang tepat. Dan khusus untuk kebutuhan pembuatan kerajinan berbasis mindi di atas, kami telah menyediakan lem Ultra Phaethon. Adhesive ini memang menjadi produk yang bisa diandalkan untuk aneka craft kayu, kerajinan serat alam, sampai kerajinan kertas karton. Penggunaannya bisa diandalkan untuk membuat rumah boneka dari mindi, kotak teh dari kayu tersebut, sampai vas bunga dan figura.

ultra phaethon

Lem Ultra Phaethon unggul dalam berbagai kriteria seperti:

  1. Daya rekat yang cocok untuk kebutuhan kerajinan kayu mindi ini. Kebutuhan kerajinan mindi membutuhkan lem yang daya rekatnya sesuai, tidak sekuat lem kayu namun juga tidak selemah lem kertas biasa. Ultra Phaethon memiliki daya rekat yang tepat sehingga cocok untuk keperluan perekatan kerajinan minndi.
  2. Tahan lama. Lem ini mampu menciptakan ikatan yang tidak mudah rusak. Ikatan lem tidak mudah rusak meski terpapar air, solvent, hingga panas yang menyengat.
  3. Tidak menyebabkan glue line sehingga warna produk senantiasa terlihat bagus. Poin ini sangat penting karena produk kerajinan harus senantiasa terlihat bagus. Bila produk terlihat kurang bagus, produk craft atau kerajinan tersebut akan kurang diminati.
  4. Mudah digunakan baik secara manual ataupun dengan berbagai mesin.
  5. Aman dan ramah lingkungan. Lem ini akan membantu Anda menghasilkan produk kerajinan kayu mindi yang eco friendly. Hal ini sangat penting terutama bila Anda ingin melakukan ekspor produk ke luar negeri.

Selain itu, lem Ultra Phaethon juga murah dan hemat digunakan. Lem ini bisa dibeli dengan harga murah dan dalam kemasan yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Penggunaan Ultra Phaethon juga sangat hemat. Sebab, selain memiliki daya rekat yang kuat, lem ini juga didesain dengan solid content tinggi hingga cover area lem yang luas.

Lantas bagaimana cara memesan Ultra Phaethon? Simak caranya di bawah ini.

Cara Memesan Ultra Phaethon

  1. Kontak dulu Customer Service (CS) kami. Anda bisa meminta dulu informasi terkait adhesive ini atau segera melakukan pemesanan. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan segera, kirim data yang diperlukan meliputi nama Anda, alamat pengiriman, produk yang dipesan, dan jumlah produk yang dipesan. Anda juga bisa memilih kurir pengiriman yang Anda inginkan.
  2. Customer Service kami akan memberikan estimasi biaya dan lama pengiriman berdasarkan data tersebut. Bila Anda sudah akan melakukan pembayaran, CS kami akan memberikan nomor rekening tujuan pengiriman.
  3. Lakukan pengiriman dan kirimkan buktinya pada Customer Service kami.
  4. Tunggu kami memroses pesanan Anda. Kami juga akan segera memberikan nomor resi pengiriman setelah produk tersebut diserahkan ke kurir pengiriman.
  5. Tunggu produk Anda sampai di alamat yang Anda inginkan. Selama proses pengiriman ini, kami juga akan membantu Anda bila ada permasalahan dengan bagian kurir.

Nah, demikianlah cara memesan lem Ultra Phaethon. Adhesive ini, sekali lagi adalah lem yang paling tepat digunakan untuk membuat kerajinan dari kayu mindi. Semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel menarik lainnya di lemkertas.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here