Ini Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian Terbaik!

20857
kolase biji-bijian

Menjadi salah satu produk seni yang kerap dibuat oleh siswa, mahasiswa, akademisi kesenian, hingga pembuat kerajinan profesional, tentu saja kita patut bertanya mengenai lem untuk membuat kolase biji-bijian yang tepat digunakan. Lem harus dipilih secara spesifik agar tidak merusak biji, aman digunakan, sekaligus juga tahan lama.

Apa itu Kolase Biji-bijian?

Kolase adalah salah satu cabang seni yang spesifik. Istilah ini merujuk pada komposisi artistik yang melibatkan berbagai bahan dengan masih memperlihatkan keaslian bahan pembuatnya tersebut. Jadi seni ini berbeda dengan seni lukis di mana material asal sudah tak terlihat lagi. Contoh, kanvas putih yang tak lagi nampak setelah dilukis dengan kuas-kuas berbalur cat air atau cat minyak.

Bila disandingkan dengan istilah biji, maka secara sederhana bisa dikatakan bahwa kolase biji-bijian merupakan kolase yang memanfaatkan biji. Biji dengan kata lain, dipakai dalam seni ini dengan masih memperlihatkan karakter aslinya sebagai biji. Apa saja biji yang dipakai? Beragam, mulai dari jagung, kacang tanah, kacang kedelai, biji buah salak, dan masih banyak lagi. Di sekolah, sebenarnya beberapa di antara kita sudah mengenal seni ini.

Pernahkah Anda diminta guru membuat sketsa gambar lalu sketsa tersebut ditempeli biji? Itulah contoh dari kolase biji yang memang sering dijadikan tugas prakarya. Sampai di tingkat universitas pun, kolase masih sering dibuat. Henri matisse, seorang pelukis, juga menekuni tipe kerajinan ini setelah tak lagi bisa melukis karena tangannya yang terserang arthritis.

Apa Guna Kolase Ini?

biji

Guna atau fungsi utama kolase tentu untuk menciptakan benda seni. Dan dari benda seni yang dibuat ini, orang bisa:

  1. Membuat ruangan lebih indah dengan kehadirannya
  2. Mengajarkan anak berkarya dengan kreatif
  3. Sebagai hobi
  4. Sebagai kerajinan yang kelak bisa dijual

Ya. Kolase biji-bijian pun bisa dijual. Apalagi bila Anda bisa membuatnya dengan menarik.

Bagaimana Cara Membuat Kolase Biji-bijian?

Berikut ini gambaran dasar untuk membuat kolase biji-bijian. Pertama-tama perhatikan alat dan bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu seperti papan (kertas atau kayu), biji yang bersih, lem, dan alat tulis.

  1. Siapkan dan bersihkan media yang akan dipakai untuk membuat kolase termasuk lem untuk membuat kolase biji-bijian yang bagus.
  2. Buat sketsa di papan di mana biji akan ditempel. Sketsa tergantung gambar yang ingin Anda buat. Anda bisa membuat sketsa burung, sketsa kupu, dan masih banyak lagi,
  3. Tentukan jenis biji yang akan ditempelkan di sketsa dan hitung jumlah yang diperlukan. Misalnya, untuk bagian mata burung, Anda menggunakan biji warna hitam, sedangkan bulunya bisa menggunakan biji jagung berwarna jingga.
  4. Tempelkan satu per satu biji tersebut pada sketsa menggunakan lem yang tepat.
  5. Lakukan terus sampai seluruh bagian sketsa penuh biji.
kolase biji

Perlunya Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian yang Bagus

Seperti bisa Anda lihat, bahwa untuk membuat kolase biji, dibutuhkan lem atau bahan perekat. Lem merupakan bahan sentral yang tanpanya, kolase tak akan pernah terwujud. Namun sebetulnya, peran lem tak berhenti sampai di situ saja.

Jangan salah, lho! Lem juga punya dampak lainnya yang tak kalah penting. Salah satunya dari segi estetika. Beberapa produk lem di pasaran dikenal menyebabkan warna jelek ketika mengering. Tatkala kita menggunakan lem seperti itu untuk membuat kolase, produk yang kita buat pasti akan terlihat begitu jelek.

Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian

Lem yang paling tepat untuk membuat kolase biji adalah lem Ultra Phaethon. Mengapa Ultra Phaethon? Berikut ini rincian alasannya:

  1. Lem ini memiliki daya rekat yang bagus. Salah satu kesalahan utama orang yang baru pertama membuat kolase dari biji adalah kesalahan memilih lem. Lem yang digukanan acapkali tak memiliki daya rekat yang tepat, kadang terlalu lemah namun kadang juga malah terlalu kuat. Lem untuk membuat kolase biji-bijian Ultra Phaethon, hadir dalam daya rekat yang tepat. Lem ini adalah lem kerajinan yang memiliki kekuatan ikat cocok untuk pembuatan kolase.
  2. Lem ini awet. Jadi, karya kolase biji yang Anda buat pun akan turut awet juga. Seringkali, salah satu persoalan dalam pembuatan kolase adalah lepasnya biji karena lemnya sudah tak lekat lagi. Hal seperti ini bisa dihindari apabila Anda menggunakan lem Ultra Phaethon.
  3. Lem ini tidak menyebabkan glue line. Glue line adalah warna yang muncul sepanjang area pengeleman. Glue line akan membuat hasil pembuatan kolase kurang rapi dan bahkan terlihat kotor. Ultra Phaethon adalah lem yang tidak menyebabkan glue line. Kami sadar bahwa sebagai lem kerajinan, adhesive ini tak boleh menyebabkan kerusakan estetika pada produk.
  4. Aman. Lem ini sangat aman digunakan baik untuk biji (formula lem tidak merusak biji) dan untuk penggunanya. Ultra Phaethon adalah lem PVAc water based yang terkenal sebagai lem eco friendly.

Cara Memesan Ultra Phaethon

Segera dapatkan Ultra Phaethon lem untuk membuat kolase biji-bijian yang paling bagus. Lem ini bisa Anda pemesanan sebagai berikut.

  • Hubungi kontak Customer Service kami terlebih dahulu. Terdapat kontak untuk WA, telepon, ataupun email.
  • Kirimkan data pemesanan berupa nama Anda, alamat pengiriman, jumlah Ultra Phaethon yang hendak dipesan, dan kurir yang Anda pilih.
  • Tunggu CS kami memroses data tersebut. Anda akan diberikan keterangan harga yang harus dibayar. Harga tersebut mencakup harga Ultra Phaethon dan biaya ongkos kirim.
  • Lakukan pembayaran ke nomor rekening yang diberikan oleh Customer Service kami. Setelah itu, kirimkan bukti pembayaran tersebut pada kami.
  • Tunggu CS kami memverifikasinya. Setelah diverifikasi, produk yang Anda pesan akan segera kami proses dan serahkan ke kurir pengiriman. Anda juga akan mendapatkan nomor resi atas produk tersebut.

Di berbagai toko online, Anda juga sudah bisa mendapatkan lem ini. Kami telah hadir di berbagai toko online tersebut karena kami menyadari bahwa banyak pelanggan yang terbiasa belanja di berbagai online shop. Ingin membeli langsung? Pembelian langsung juga kami layani. Anda bisa membeli langsung lem ini di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, hingga Jepara.

Kesimpulan

Pembuatan kolase dari biji dilakukan untuk berbagai keperluan. Ada yang sekedar untuk melakukan tugas sekolah dan kuliah, namun ada juga yang dilakukan untuk kebutuhan akademik yang lebih serius. Bahkan ada juga yang dilakukan untuk membuat hiasan dari biji-bijian tersebut untuk kemudian dijual. Apapun itu, untuk hasil pembuatan kolase biji yang baik, tidak bisa tidak lem yang bagus dibutuhkan. Tak hanya memiliki daya rekat kuat, idealnya lem juga tidak merusak biji, tidak menyebabkan warna jelek, dan juga tahan lama. Lem untuk membuat kolase biji-bijian yang paling tepat digunakan karena sesuai kriteria tersebut adalah Ultra Phaethon. Didesain sebagai lem untuk kerajinan, adhesive ini memang pilihan yang paling tepat dari berbagai adhesive lainnya.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here