Membuat Lem Kertas Yang Hemat dan Aman

1860

Membuat sendiri lem kertas yang hemat tidak memerlukan bahan dan teknik yang sulit. Ide ini dapat menekan biaya pembelian bahan perekat.

lem kertasKertas memiliki banyak fungsi bagi masyarakat. Lembaran tipis ini dapat dijadikan sebagai buku, brosur, mainan, dll. Secara umum, kertas dijadikan sebagai tempat untuk mengingat sesuatu. Kertas akan diberi informasi yang akan mereka butuhkan. Kemudian, benda ini akan ditempel pada dinding maupun tempat lain.

Untuk hal ini, kertas membutuhkan suatu perekat yang baik. Perekat yang sesuai dapat menempelkan kertas dengan kuat sehingga, tidak mudah lepas. Jenis lem apa yang cocok untuk kertas? Lem untuk kertas dapat menggunakan bahan perekat untuk serat alam. Jenis bahan perekat ini dapat dibuat sendiri untuk menghemat biaya. Lem kertas yang hemat menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi lingkungan dan kesehatan.

Proses Pembuatan Formula Lem Kertas

Lem kertas yang hematMembuat lem kertas yang hemat tidak membutuhan biaya produksi yang tinggi. Jenis bahan perekat ini menggunakan tepung kanji sebagai bahan utama. Tepung kanji atau tepung tapioca diperoleh dari hasil pemarutan singkong. Parut singkong  diperas untuk mendapatkan airnya. Kemudian, air didiamkan hingga mengendapkan bubur kanji. Setelah itu, bubur kanji dikeringkan di bawah sinar matahari.

Selain bahan utama di atas, lem kertas yang hemat juga membutuhkan soda api serta air bersih. kemudian, proses pembuatan bahan perekat ini membutuhkan beberapa alat seperti kaleng cat bekas, ember kecil, kayu, dan bambu. Ukuran untuk kaleng cat bekas 5 kg. Sementara itu, kayu dan bambu digunakan sebagai pengaduk lem.

Jika semua bahan lem kertas yang hemat sudah siap maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan. Pertama, kaleng cat bekas dan ember kecil diisi dengan air bersih. Kemudian, tepung kanji dimasukkan ke dalamnya beserta soda api. Pada proses memasukkan soda api ini disarankan agar tidak melakukan kontak secara langsung terhadap mata.

Selanjutnya, adonan tepung kanji dan soda api diaduk secara perlahan dan merata hingga menjadi lem. Tingkat keenceran dari lem kertas yang hemat ini ditentukan dari jumlah air yang digunakan. Biasanya, penggunakan jumlah air yang terlalu banyak membuat bentuk lem encer. Jika lem sudah siap maka bahan perekat ini dapat langsung digunakan.

Produk Lem Kertas yang Hemat dan Ramah Lingkungan

Economic Phaeton™
Economic Phaeton™

Membuat sendiri bahan perekat yang akan digunakan merupakan ide yang sangat menarik. Akan tetapi, hal ini tetap menyita waktu walau hanya sebentar. Bio Industries menawarkan lem kertas yang hemat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk kertas. Ekonomi Phaeton merupakan produk bahan perekat yang dimaksud. Produk ini tergolong ramah lingkungan yang berbahan dasar air dan polyvinyl acetate. Jadi, produk ini sangat aman bagi semua pengguna dan tidak menambah biaya pengeluaran. Informasi pemesanan bahan perekat ini dapat dilakukan melalui [email protected] atau melalui hotline 0878 3934 6433.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here