Tips Memasang Wallpaper Sendiri untuk menampilkan Ruangan lebih Natural

1039

memasang wallpaper sendiriRumah selalu menjadi tempat yang tepat untuk mengembalikan energi positif pada manusia. Sehingga, mereka mendapatkan semangat dan energi baru untuk memulai aktivitas selanjutnya. Energi positif akan muncul dari rumah yang nyaman baik dari segi tampilan (dekorasi) maupun lainnya. Dekorasi rumah yang nyaman dan indah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan cara menghias dinding dengan wallpaper. Seni dekorasi ruangan ini sangat efektif dalam menciptakan nuansa atau kesan tertentu. Memasang wallpaper sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan memberikan banyak keuntungan.

Awalnya, dekorasi dinding ini digunakan untuk menghias kamar tidur anak-anak. Namun saat ini, wallpaper telah merambah ke beberapa ruangan seperti kamar tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Wallpaper kini hadir dengan berbagai tema sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh ialah wallpaper tema alam, musik, bola, dll.

Memang setiap orang memiliki keinginan tersendiri untuk menghias ruangan mereka dengan wallpaper. Akan tetapi dekorasi dinding dengan tema alam akan memberikan energi positif bagi penghuninya. Tema-tema ini dapat berupa hutan, pantai, halaman atau rumah pedesaan. Dinding dengan wallpaper tema hutan memberikan kesan ruangan yang lebih segar. Kemudian, tema pantai memberikan kesan kesegaran ruangan bernuansa summer atau tropis.

Tema-tema dari wallpaper tersebut umumnya digunakan untuk ruang tamu dan kamar tidur dewasa. Wallpaper dinding dengan tema alam juga memberikan kesan ruangan yang nyaman, tenang, dan menghilangkan kesan panas atau pengap. Sehingga, orang tidak akan mudah bosan berada di ruangan tersebut.

Tips Mudah Memasang Wallpaper Sendiri

tips memasang wallpaper tema alamMendekorasi dinding dengan wallpaper ternyata dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Sehingga, seni menghias ruangan ini dapat digunakan sebagai pengisi waktu luang dan menekan pengeluaran anggaran. Memasang wallpaper sendiri pada dinding dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut. Namun, ada hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan proses pemasangan.

Dalam memasang wallpaper, aplikator harus memperhatikan fungsi ruangan. Apakah area tersebut merupakan ruangan permanen atau tidak. Fungsi ruangan yang tidak permanen cenderung memiliki dekorasi yang berubah-ubah. Tips menghias dinding di ruangan sempit disarankan menggunakan wallpaper dengan pola horizontal atau simpel. Hal ini akan membuat kesan ruangan lebih lebar atau lapang. Kemudian, periksa permukaan dinding apakah sudah rata atau belum. Jika permukaan tidak rata maka dinding harus dibuat sama terlebih dahulu. Kemudian, samakan motif wallpaper dengan perabot rumah.

Itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum memasang wallpaper. Selanjutnya, pemasangan wallpaper memerlukan bahan dan langkah yang mudah. Proses dekorasi ruangan ini hanya membutuhkan lem, kuas lem, cuter, tangga, ampelas, dan cape. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan wallpaper pada dinding yang dapat dilakukan sendiri:

  1. Pastikan permukaan dinding sudah rata. Dinding dapat diratakan dengan sekop kecil.
  2. Sesuaikan ukuran wallpaper dengan dinding (panjang dan lebarnya). Wallpaper dapat di potong menggunakan cutter.
  3. Tandai dinding yang akan didekorasi dengan menggunakan pencil, beri marking agar penempelan bisa tepat.
  4. Bersihkan dinding dari kotoran, debu, dll.
  5. Lapisi dinding atau wallpaper dengan lem menggunakan kuas.
  6. Tempelkan wallpaper ke dinding dari atas ke bawah menggunakan tangga
  7. Ratakan permukaan wallpaper menggunakan penggaris atau tangga. Pastikan tidak terjadi gelembung udara di tengahnya.
  8. Penyambungan wallpaper dapat diperkuat menggunakan kape.

Memilih Produk Lem yang Tepat tanpa Mengancam Kesehatan

Dalam pemasangan wallpaper, lem merupakan bahan utama setelah kertas wallpaper. Memilih produk ini lebih disarankan lem putih berbahan dasar PVAc. Lem jenis ini termasuk dalam kategori bahan perekat yang aman dan ramah lingkungan. Biasanya, lem tersebut tidak mengandung formalin yang mengancam kesehatan.

Salah satu jenis lem ramah lingkungan adalah Eva Phaeton. Bahan perekat ini diproduksi oleh Bio Industries dengan berbagai keunggulan. Sebagai contoh ialah cepat kering, daya rekat tinggi, daya sebar luas, multiguna, dll.  Informasi produk dan pemesanan dapat diperoleh melalui phone/ wa: 087 839 346 433.

Demikian, tips memasang wallpaper sendiri pada dinding yang dapat dilakukan oleh siapapun. Bahkan, wanita dan anak remaja dapat melakukan dekorasi ini dengan mudah. Ternyata menciptakan dekorasi ruangan dengan nuansa yang nyaman tidak sulit dan tidak mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here