Ternyata Ini Merk Lem untuk Memasang HPL pada Furniture yang Bagus

828

Hati-hati! Jangan sembarangan memilih merk lem untuk memasang HPL pada furniture. Salah-salah, finishing tempel yang Anda aplikasikan hasilnya kurang bagus dan malah akan menyebabkan Anda rugi.

Furniture HPL yang Kian Digemari

Industri mebel terus mengalami perubahan pada tiap zamannya. Bila dulu kita banyak menggunakan kayu solid, kini hal yang sama tak lagi bisa dilakukan. Pemakaian kayu solid terhitung menurun signifikan. Hal ini lumrah saja terjadi karena jumlah kayu yang supplynya terus menurun bila dibandingkan dengan permintaan yang ada. Malah, selain makin sedikit, harga kayu-kayu tersebut pun juga meningkat tajam.

Untuk mengisi kekokosangan supply kayu solid, para pelaku usaha telah mengakalinya dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kayu-kayu olahan seperti MDF hingga kayu lapis. Tapi perubahan material seperti ini tentu membawa dampak lanjutan. Salah satunya adalah pemakaian HPL sebagai pelapis kayu olahan yang kian marak. HPL atau High Pressure Laminate sendiri pada dasarnya adalah pelapis sintetis yang terbuat dari kertas kraft dan resin.

HPL digunakan karena kayu olahan cenderung sulit dicat dengan cat biasa. Penggunaan HPL pun saat ini telah banyak menghasilkan produk furniture. Misalnya saja yang paling banyak ditemukan adalah lemari, meja belajar, meja, kursi, hingga buffet dengan kayu olahan serta pelapis HPL.

Kelebihan Furniture HPL

Dengan karakternya yang beda dengan furniture kayu solid, tentu furniture HPL menawarkan kekurangan sekaligus beberapa keunggulan. Secara umum, berikut ini beberapa kelebihan mebel dengan pelapis High Pressure Laminate:

1. Secara umum lebih ringan karena biasanya memanfaatkan media kayu olahan untuk dipadukan dengan High Pressure Laminate
2. Secara umum harganya lebih terjangkau dibandingkan mebel dari kayu solid
3. Tampilan yang sangat beragam. Tampilannya bisa berupa warna pastel hingga warna ala kayu solid menyerupai mebel lainnya
4. Tampilan bisa dibuat lebih seragam, baik dari warna hingga alur pola kayunya
5. Mudah didapatkan. Banyak pengrajin mebel dan para pedagang yang menyediakan furniture dengan pelapis tersebut.

Perlunya Lem untuk Memasang HPL

HPL seperti dijelaskan di atas merupakan pelapis yang sering digunakan pada kayu olahan. Misalnya saja pada kayu MDF, HDF, block board, particle board, dan berbagai kayu olahan lainnya. Proses penempelan HPL pada berbagai kayu olahan ini disebut sebagai finishing tempel. Pada tipe finishing seperti itu sudah pasti diperlukan bahan perekat tersendiri.

Kualitas bahan perekat harus diperhatikan dengan sangat baik. Melekat tidaknya pelapis pada media akan tergantung pada daya ikat lem yang digunakan. Keawetan hingga estetika produk pun tergantung pada bahan ini. Mengenai keawetan, efeknya menjadi lebih krusial karena fungsi pelapis bukan hanya untuk mempercantik media tapi juga untuk melindunginya. Bila pelapis lepas karena lemnya tidak kuat, otomatis media akan terekspos dan bisa mengalami kerusakan bila dibiarkan terlalu lama.

Tips Memilih Merk Lem untuk Memasang HPL yang Bagus

Mengingat efek lem yang sangat besar pada kualitas produk, kita tentu harus bisa membeli adhesive dengan cermat. Melakukan hal ini memang tak bisa dibilang gampang. Apalagi dengan sangat banyaknya lem atau adhesive yang ada di pasaran. Akan tetapi, bukan tak mungkin kita tak bisa melakukannya. Dengan memperhatikan aspek-aspek krusial, kita pasti bisa memilih adhesive yang tepat untuk kebutuhan kita. Berikut ini beberapa aspek sekaligus tips yang bisa diandalkan kala akan membeli merk lem untuk memasang HPL pada furniture.

1. Belilah lem yang memang cocok digunakan untuk perekatan HPL dengan medianya. Perhatikan karakter lem, HPL, dengan media tersebut. Contoh, karena HPL banyak digunakan untuk kayu olahan, pilih lem untuk perekatan media dengan karakter berlainan. Sebab HPL memiliki daya resap air rendah sedang mediana tersebut memiliki daya resap air yang tinggi.
2. Perhatikan karakter umum adhesive seperti kekuatan dan ketahanannya. Pilih lem yang tidak sekedar kuat saja namun juga mampu menciptakan ikatan yang tahan lama.
3. Pilihlah adhesive untuk merekatkan HPL yang aman dan ramah lingkungan. Selain untuk meminimalisir resiko kerja, Anda juga bisa mewujudkan aneka mebel HPL yang lebih eco friendly.
4. Pilih lem yang tidak menyebabkan glue line.
5. Pilih lem yang lebih hemat digunakan.
6. Pilih adhesive yang harganya terjangkau dan cara aplikasinya pun mudah.
7. Pilih lem yang memiliki kecepatan kering ideal sehingga proses produksi menjadi lebih lancar.

Dengan mempertimbangkan berbagai kriteria di atas, pilihlah lem yang paling tepat yang Anda temukan di pasaran.

Lem Andalan Kami, Eva Phaethon

Merk lem untuk memasang HPL yang kami sarankan untuk Anda ialahh Eva Phaethon. Eva Phatehon adalah perekat berbasis ethylene vinyl acetate. Lem ini memiliki keunggulan karena sifatnya yang sangat kuat, tahan lama, serta mudah diaplikasikan. Secara umum, lem ini juga cepat kering sesuai standar mesin, solid content tinggi, cover area luas, dan harganya pun murah. Anda dapat membeli adhesive ini dengan hanya Rp. 145.000,-/ 4 kg saja. Sangat terjangkau bukan?

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Berikut ini berbagai keunggulan Eva Phaethon selengkapnya:

1. Sangat cocok untuk perekatan media beda bahkan berlawanan karakternya
2. Sangat kuat dengan ikatan rangkap ganda
3. Merupakan lem yang tidak menyebabkan glue line
4. Tak menyebabkan lapisan film lem
5. Sangat tahan lama dengan resistensi yang baik pada panas, cuaca, dan air
6. Sangat mudah diaplikasikan
7. Kecepatan kering ideal
8. Solid content atau berat kering tinggi
9. Harganya yang sangat terjangkau
10. Sangat aman digunakan dan ramah lingkungan

Yuk, Dapatkan Merk Lem untuk Memasang HPL Sekarang Juga

Kualitas Eva Phaethon yang menarik membuatnya sangat disukai banyak pelaku usaha. Tak mengherankan bila lem ini telah menjadi lem primadona dalam pengolahan produk yang melibatkan HPL.

Bagaimana dengan Anda? Turut tertarik menggunakan adhesive ini? Cara pemesanan Crossbond bisa dilakukan dengan mudah. Dapatkan lem ini untuk segera menikmati keunggulannya dengan melakukan pemesanan via salah satu dari ketiga cara di bawah ini:

1. Pembelian melalui website ini yang bisa dilakukan dengan pemesanan online. Caranya, hubungilah kami via kontak CS yang tertera pada laman situs ini.
2. Pembelian secara online di berbagai online shop mulai dari Tokopedia, Bukalapak, dan berbagai online shop lainnya.
3. Pembelian secara langsung di kantor dan agen-agen Bio Industries. Anda bisa berkunjung ke kantor kami di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta, maupun di agen-agen kami yang terdapat di beberapa kota di Indonesia.

Pilih cara pembelian yang paling nyaman Anda lakukan. Semoga bermanfaat ya. Terus simak lemkertas.com dan nantikan aneka artikel informative seputar dunia perekatan kertas dan High Pressure Laminate!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here