Ingin Memasang HPL? Ini Dia Alat Lem HPL yang Perlu Disediakan

2934
meja router

Proses pemasangan HPL sudah pasti melibatkan alat dan bahan tertentu. Untuk alatnya, diperlukan beberapa jenis perlengkapan woodworking. Sedangkan untuk lemnya, dibutuhkan lem dengan formulasi khusus Ethylene vinyl acetate atau EVA. Lebih lengkapnya, berikut ini alat lem HPL yang perlu disediakan.

Meja dan Mesin Potong

Alat ini hampir selalu digunakan untuk pekerjaan woodworking profesional. Dalam pemasangan HPL-pun meja dan mesin potong sangat diperlukan.

Peralatan Woodworking Standar

Selain meja dan mesin pemotong, siapkan juga peralatan biasa untuk mengerjakan kayu. Misalnya pengukur (meteran), alat tulis, scrap, amplas, kuas, dan semacamnya.

Router

alat lem hpl router

Siapkan juga alat router (mesin serta matanya). Alat ini akan sangat diperlukan untuk memotong pinggiran HPL agar menjadi lebih rapi.
Sedangkan untuk bahannya, sediakan:

Media yang Akan Dilapisi HPL

HPL biasanya diterapkan pada berbagai kayu olahan. Misalnya saja particle board, MDF, HDF, hingga multipleks. Jadi siapkanlah produk dari bahan-bahan ini.

HPL

Aplikasi pemasangan HPL sudah pasti membutuhkan HPL itu sendiri. Di pasaran, HPL tersedia dalam berbagai corak serta warna. Ada yang seperti kayu solid namun ada juga yang hadir dengan warna-warna pastel. Pilihlah yang sesuai selera dan kebutuhan Anda.

HPL (High Pressure Laminate)

Edging

Salah satu kekurangan penggunaan HPL adalah bagian pinggir yang tak bisa sekaligus difinish dengan cara ini. Oleh sebab itu dibutuhkan pelapis khusus yang disebut sebagai edging. Edging bisa dilem dengan cara yang sama dengan HPL. Pilihlah Edging yang coraknya mendekati corak serta warna HPL itu sendiri.

edging hpl

Eva Phaethon

Lem yang kami sarankan untuk HPL adalah lem berformulasi ethylene vinyl acetate atau EVA seperti Eva Phaethon. Kelebihan lem ini salah satunya terletak pada kemampuannya merekatkan media beda karakter. Feature inilah yang sangat dibutuhkan untuk memasang HPL.

harga lem hpl

Sekiranya, demikian alat lem HPL yang dibutuhkan. Pastikan semua alat dan bahan yang Anda persiapkan dalam kondisi baik, bersih, dan kering. Penggunaan alat dalam kondisi buruk maupun kotor bisa menyebabkan aplikasi HPL yang kurang sempurna.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here