Lem untuk Memasang HPL dari Kabinet sampai Partisi

893
panel hpl

Apa adhesive atau lem untuk memasang HPL yang kualitasnya paling baik? Temukan jawabannya pada penjelasan di bawah ini.

High Pressure Laminate adalah bahan pelapis yang banyak digunakan untuk finishing berbagai produk. Misalnya untuk melapisi dinding dalam ruangan. Fungsinya mirip dengan wallpaper. Dan memang, HPL mempunyai guna yang serupa dengan pelapis tersebut. Hanya saja, HPL memiliki komposisi bahan pembuat sintetis yang berbeda dibanding veneer yang alami.

HPL terdiri dari tiga lapisan dengan lapisan paling bawah adalah kertas kraf diresapi dengan resin. Lapisan kedua adalah lapisan yang menentukan tampilan keindahan high pressure laminate. Sedangkan lapisan paling atas ialah lapisan anti gores. Karena adanya lapisan anti gores, HPL menjadi bahan yang mampu menawarkan kelebihan dibanding coating lainnya.

Untuk aplikasi HPL sendiri, sudah banyak produk yang dihasilkan. Mulai dari kabinet dapur sampai partisi ruangan. Aplikasi HPL sangat disukai karena:
1. Secara umum lebih murah
2. Secara umum lebih praktis
3. Secara umum lebih fleksibel bila ingin diubah
4. Secara umum lebih aman
5. Secara umum lebih eco friendly

Memerlukan Lem Khusus HPL untuk Partisi yang Berkualitas

Tak berbeda dengan cat yang digunakan untuk finishing konvensional, pemanfaatan lem sangat krusial untuk pemasangan High Pressure Laminate. Lem adalah bahan yang berperan menempelkan produk hingga estetika produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu, kualitas lem yang diterapkan harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa kriteria lem untuk memasang HPL yang ideal.

Berdaya Rekat Kuat

Adhesive untuk semua kebutuhan perekatan pada dasarnya haruslah memiliki daya ikat yang kuat. HPL sendiri adalah material sintetis dengan pori hampir tak ada sama sekali. Bahan ini tak memiliki porositas atau kemampuan menyerap pelarut baik solvent ataupun air yang rendah. Akibatnya, kita tak bisa sembarang memanfaatkan lem di pasaran yang biasanya. Khusus lem untuk HPL, gunakanlah lem-lem berbasis EVA atau ethylene vinyl acetate.

Lem Tahan Lama

Kuat saja tidaklah cukup. Selain masalah kekuatan, aspek kedua yang harus dierhatikan adalah resistensi atau daya tahan adhesive.

Aman Digunakan

Pastikan untuk selalu menggunakan lem yang aman dan ramah lingkungan. Apalagi untuk kebutuhan perekatan High Pressure Laminate untuk furniture dan partisi interior.

Lem Membuat Kinerja Lebih Mudah

HPL sebagai pelapis biasa diaplikasikan secara manual maupun dengan mesin. Di sinilah sering terjadi kesulitan aplikasi HPL yang rapi . Belum lagi sifat High Pressure Laminate yang cenderung keras.

Mengingat berbagai kesulitan ini, tentu tak bijak bila kita menggunakan lem-lem yang sulit diaplikasikan. Oleh karena itu, usahakanlah untuk menggunakan lem untuk memasang HPL yang kualitasnya benar-benar baik.

Adhesive yang kami sarankan adalah Eva Phaethon. Lem untuk memasang HPL ini ideal digunakan untuk berbagai perekatan pelapis itu.

Eva Phaethon?

Berbasis ethylene vinyl acetate atau EVA, Eva Phaethon merupakan lem khusus untuk media dengan beda karakter seperti HPL dengan medianya. Eva Phaethon dibuat dengan teknologi canggih dengan aplikasi ilmu pengetahuan terupdate untuk menghasilkan formula adhesive terbaik.

Adhesive ini bisa diaplikasikan dengan begitu mudah karena merupakan lem single component. Eva Phaethon juga tidak menyebabkan glue line maupun segudang masalah lainnya. Adhesive ini juga murah karena bisa Anda beli hanya dengan Rp. 148.000,- saja untuk 1 kemasan produk dengan berat 4 kg. Sangat murah bukan?

Tertarik membeli lem untuk memasang HPL ini? Segera hubungi kami via kontak CS yang disediakan.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here