Wow, Ternyata Ini Lem untuk Menempelkan HPL yang Paling Bagus!

1775
hpl
hpl

Bingung memilih lem untuk menempelkan HPL dengan kualitas yang baik? Jangan khawatir. Kini telah tersedia Eva Phaethon yang bisa Anda andalkan. Selain bagus, lem ini juga sangat terjangkau, lho.

HPL dan Fungsinya pada Kayu Olahan

Dalam industri pengolahan kayu, kayu olahan merupakan salah satu material alternative yang banyak digunakan untuk menggantikan kayu solid. Material ini dinilai menjadi opsi murah serta mudah didapatkan. Akan tetapi, bukan berarti kayu olahan tak punya kelemahan. Kayu-kayu seperti ini kurang menarik serta tidak punya ketahanan yang baik. Oleh sebab itulah, dalam pemakaiannya, engineered wood biasanya difinish menggunakan pelapis seperti HPL.

HPL adalah pelapis yang wujudnya berbentuk lembaran tipis yang memiliki fungsi perlindungan sekaligus estetika. Pelapis ini mampu memproteksi kayu olahan dari berbagai faktor perusak sekaligus membuatnya lebih menawan. Dengan HPL kita juga bisa mengatasi masalah aplikasi cat pada engineered wood yang memang sulit dilakukan. Pasalnya dengan porositas atau daya serap yang besar, cat cenderung banyak meresap ke dalam substrat kayu olahan yang berakibat pada hasil finishing tak maksimal.

Apa sajakah tipe atau jenis kayu olahan yang biasanya mengandalkan pelapis seperti HPL? Ini dia beberapa di antaranya.

Blockboard

Nama blockboard memang awam di telinga orang Indonesia. Bahan ini bisa diartikan sebagai kayu olahan yang terbuat dari potongan kayu berbentuk kotak dan berukuran kecil-kecil. Potongan ini dipadatkan dalam sebuah mesin serta diberi pelapis veneer.

meja hpl
meja hpl

Kayu Lapis atau Plywood

Apa itu kayu lapis? Plywood atau dalam bahasa Indonesia disebut kayu lapis merupakan kayu olahan yang juga sering disebut dengan nama tripleks dan mutipleks. Kita bisa menemukan kayu lapis dengan mudah pada aneka produk furniture seperti pada kitchen set, kursi, bangku, meja, buffet, serta tempat tidur. Dan disebabkan permukaannya yang polos dan tak berserat kadang perlu diberi pelapis tambahan. HPL menjadi pelapis yang sangat ideal untuk material ini.

Particle Board

Particle board merupakan kayu olahan dari partikel sisa pengerjaan kayu. Contohnya saja partikel dari serbuk gergaji. Berbagai partikel itu disatukan dengan bahan kimia resin dalam sebuah proses bertekanan tinggi.

Fibreboard

Fiberboard terdiri atas MDF serta HDF atau High Density Fiberboard. Keduanya adalah kayu olahan dari bahan serbuk kayu halus yang selanjutnya dicampur dengan resin. Bahan ini disatukan lalu dipadatkan dalam sebuah proses bersuhu dan bertekanan tinggi. Umumnya serbuk kayu berasal dari sisa-sisa perkebunan. Tak heran bila bahan ini disebut sebagai pilihan eco friendly.

Untuk Kualitas Terbaik, Dibutuhkan Lem untuk Menempelkan HPL Terbaik

harga lem hpl

Aplikasi HPL jelas tak bisa dilepaskan dari adhesive yang berguna sebagai perekat dengan medianya. Untuk hasil yang baik, kami menyarankan penggunaan Eva Phaethon. Eva Phaethon adalah lem yang didesain untuk perekatan beda karakter. Lem ini diformulasikan dengan basis ethylene vinyl acetate yang unggul dengan berbagai feature menarik berikut ini.

1. Sangat kuat
2. Ketahanan sangat baik dan tahan lama.
3. Sangat mudah digunakan.
4. Harga adhesive yang sangat terjangkau. Anda mendapatkannya dengan Rp. 148.000,- saja per kemasan 4 kg.
5. Lem tak menyebabkan cacat warna
6. Lem tak menyebabkan lapisan film
7. Daya sebar luas
8. Lebih aman digunakan

Dengan berbagai kriteria tersebut, lem untuk menempelkan HPL ini pun akan membantu Anda lebih mudah mengerjakan aplikasi pelapis itu.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here