Apa Jenis Lem HPL yang Paling Bagus? Dapatkan Jawabannya Di Sini

813


Ada banyak jenis lem HPL di pasaran. Yang jadi soal, manakah di antara berbagai lem tersebut yang paling baik digunakan?

Di antara berbagai adhesive di pasaran, secara umum kita bisa membaginya menjadi dua berdasarkan pelarutnya. Yang pertama adalah lem dari jenis solvent based. Solvent based adhesive atau lem berbasis solvent adalah salah satu lem tertua yang dikenal oleh manusia. Lem ini pun hingga hari ini masih sering digunakan untuk berbagai kebutuhan tak terkecuali kebutuhan perekatan HPL atau High Pressure Laminate.

Sebagaimana telah banyak disinggung pada artikel-artikel sebelumnya, perekatan HPL merupakan perekatan dengan karakter sangat kompleks karena melibatkan dua media beda karakter. Pasalnya, pada tipe perekatan ini dibutuhkan lem yang cocok untuk kayu olahan seperti MDF namun juga sekaligus harus cocok bahan seperti HPL. Padahal, MDF memiliki porositas besar dengan HPL tidak. Pada berbagai perekatan lainnya, misalnya perekatan kayu dengan kayu, biasanya media yang direkatkan memiliki karakter yang mirip.

Di antara berbagai adhesive sendiri, solvent based termasuk lem yang kadang kala digunakan untuk high pressure laminate. Meski secara umum relatif bagus, misalnya dengan sifatnya yang dinilai tahan jamur dibanding lem dari jenis lainnya, namun lem ini juga punya kekurangan. Anggapan bahwa solvent based lebih bagus hanya karena tahan jamur dibanding lem water based seringkali tidak tepat. Apalagi bila dibandingkan adhesive-adhesive water based seperti Eva Phaethon.

Eva Phaethon versus Lem Solvent Based

Awalnya, harus diakui bahwa lem berbasis air memiliki salah satu kelemahan dari sifatnya yang kurang resisten pada air sebagai pelarutnya. Akan tetapi zaman telah berkembang dan berbagai teknologi pun bisa menutupi kekurangan ini. Saat ini, sudah ada beberapa water based adhesive yang sangat tahan jamur.

Eva Phaethon adalah salah satu jenis lem tahan jamur tersebut. Diformulasikan dengan teknologi dan sains modern, adhesive ini menjadi jenis lem HPL yang ketahanan terhadap airnya sangat baik. Lem ini juga kuat, tahan solvent, dan panas. Sangat menarik bukan?

Faktor Keamanan

Selain resistensinya pada air, keunggulan lain yang ditawarkan lem water based seperti Eva Phaethon adalah keamanannya yang jauh lebih baik. Aspek ini sama sekali tak perlu diragukan lagi. Jenis lem HPL solvent based secara alami mengandung senyawa organik mudah menguap yang sangat membahayakan. Senyawa organik menguap atau VOC atau Volatile Organic Compounds sendiri terkenal sebagai zat yang bisa menyebabkan toksisitas, kerusakan alam, hingga resiko kanker dalam tubuh manusia.
jenis lem hpl

Berbeda dengan lem berbasis solvent, adhesive Eva Phaethon memiliki keamanan yang bagus baik pada alam maupun pada manusia. Bahkan adhesive ini sudah biasa digunakan untuk berbagai produk yang sering digunakan untuk anak-anak (misalnya untuk stiker). Artinya, sejak lama lem seperti Eva Phaethon memang diketahui sebagai jenis lem HPL yang aman digunakan.

Sangat menarik bukan berbagai keunggulan Eva Phaethon tersebut? Dengan berbagai kelebihannya, Eva Phaethon bisa digunakan untuk perekatan produk-produk dengan HPL seperti:
1. Partisi HPL
2. Furniture kantor atau office furniture dengan pelapis HPL
3. Furniture rumah dengan tema-tema minimalis
4. Pintu HPL
5. Cladding dan wall panelling

kabinet hpl

Masih banyak lagi perekatan HPL yang bisa memanfaatkan jenis lem HPL ini.

Cara Memesan Eva Phaethon

Tertarik membeli Eva Phaethon untuk perekatan HPL Anda? Jangan khawatir. Adhesive ini bisa Anda beli dengan sangat mudah. Eva Phaethon bisa Anda dapatkan dengan memesan secara langsung pada website ini, via berbagai marketplace, maupun pembelian secara langsung atau konvensional.

Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa segera mengontak CS kami. Selain pemesanan, Anda juga bisa bertanya-tanya dulu mengenai adhesive ini. Sedangkan untuk pembelian via berbagai marketplace, segera saja lakukan pembelian dengan cara sesuai yang ditetapkan tiap online shop tersebut. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here