Apa Jenis Lem untuk Kayu Paling Kuat di Indonesia? Ini Jawabannya

972
lem pvac

Penasaran apa saja jenis atau macam-macam lem untuk kayu paling kuat dan terbaik yang ada di Indonesia? Ayo simak daftarnya di bawah ini.

lem pvacMelihat aneka brand adhesive di pasaran, tentu kita jadi bertanya-tanya, “manakah dari berbagai adhesive tersebut yang memiliki kekuatan paling baik?” Aspek kekuatan memang begitu krusial. Maka dari itulah, di bawah ini kami akan membahas jenis lem untuk kayu paling kuat di Indonesia yang kami rekomendasikan. Namun sebelumnya, ada baiknya kita membahas dulu apa yang dimaksud dengan kekuatan lem.

Pengertian Kekuatan Lem

Kekuatan lem atau daya rekatnya pada dasarnya bisa diartikan sebagai kekuatan yang diperlukan untuk memisahkan dua kayu yang dilem satu sama lain. Kekuatan adhesive ini dipengaruhi oleh dua hal, yakni daya adesi serta daya kohesi bahan bersangkutan.

Kohesi bisa didefinisikan sebagai ikatan antara sesame bahan lem, sedangkan adesi adalah ikatan antara lem dengan media yang direkatkannya. Bila daya adesi dan kohesi baik maka kekuatan lem pun akan meningkat. Sebaliknya bila kedua daya tersebut buruk, maka kekuatan lem akan kurang maksimal.

Menguji Kekuatan Lem

Jelas kita tak bisa sembarangan menyebut sebuah produk adhesive sebagai kuat atau tidak. Harus dilakukan pengujian terlebih dahulu yang terstandar menurut lembaga yang kredibel. Sebab masalah kekuatan memang sama sekali tak main-main. Kesalahan pemilihan adhesive, misal yang daya rekatnya rendah untuk kebutuhan konstruksi tentu akan sangat membahayakan.

Dari berbagai uji untuk menentukan lem kayu yang kuat, berikut ini contoh pengujian yang paling sering dilakukan.

1. Perekatan dua kayu membentuk huruf L.

2. Pemberian beban pada salah salah satu ujung huruf L.

3. Penambahan beban hingga sambungan lem rusak. Ingat, yang rusak harus pada bagian sambungan lemnya, bukan bagian kayu lainnya.

4. Catat beban terberat yang mampu ditahan kayu L.

Dari cara di atas, bisa kita lihat bahwa daya rekat adhesive dihitung secara negative dari beban yang diaplikasikan. Artinya, semakin besar beban yang bisa ditahan, maka semakin tinggi pula daya rekat lem.

Yuk, Beli Jenis Lem untuk Kayu Paling Kuat yang Terpercaya

lem kayu untuk gitar crossbond

Dari berbagai jenis lem yang ada di pasaran, berbagai uji telah dilakukan untuk mengetes kualitasnya. Salah satunya adalah uji yang dilakukan Fine Woodworking Magazine. Majalah yang berkantor di Amerika Serikat tersebut menyimpulkan bahwa 3 adhesive terkuat yang telah diuji adalah:

1. Lem PVAc Waterproof

2. Epoxy3. Lem PVAc

Bagaimana dengan hot glue sampai urea formaldehida? Jawabannya ada di bawah ketiga jenis lem di atas.

Lem untuk Kayu Paling Kuat Rekomendasi Kami

Mengingat faktor keamanan namun juga menimbang aspek lainnya seperti keamanan, lem untuk kayu yang kami sarankan adalah lem PVAc, baik itu PVAc waterproof maupun PVAc biasa. Namun pilihlah PVAc adhesive dari merek terbaik dengan kualitas terjamin seperti Crossbond. Crossbond sebagai lem berbasis PVAc unggul dalam hal:

1. Harga lebih murah

2. Lebih aman digunakan

3. Aplikasi lebih fleksibel

4. Mudah digunakan

Crossbond terdiri atas dua varian yakni Crossbond X3 dan X4. Meski demikian, keduanya sama-sama lem untuk kayu paling kuat, hanya saja fungsinya berbeda. Anda memiliki rangka produk yang sambungannya perlu dilem? Crossbond X3 jawabannya. Namun bila Anda ingin mengelem veneer hingga pemasangan lantai kayu, Crossbond X4 adalah solusi yang tepat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here