Lem Kayu untuk Gitar Indonesia agar Bisa Go Internasional

602
gitar elektrik kayu

Di tengah gempuran berbagai merk luar negeri, nyatanya gitar asli Indonesia masih bisa memamerkan taringnya. Hanya saja, agar berbagai brand tersebut bisa berkembang ke manca negara diperlukan usaha yang lebih ketat lagi termasuk saat memilih lem kayu untuk gitar Indonesia agar go international.gitar elektrik kayu

Kualitas sebuah gitar ditentukan banyak faktor. Baik buruknya gitar akan dipengaruhi bahan-bahan pembuatnya yang bukan hanya berupa kayu. Faktor dari bahan lain seperti lem juga akan memberikan efek signifikan. Sayangnya, hal seperti ini tak banyak disadari pengrajin gitar yang masih pemula. Padahal, kecermatan memilih lem yang baik bukan hanya penting untuk meraup keuntungan di pasar lokal. Pemilihan lem yang baik juga bisa berdampak pada usaha Anda mewujudkan gitar asli Indonesia yang “go internasional”.

Aspek Keamanan pada Lem Kayu untuk Gitar Indonesia untuk Ekspor

gitar akustikSalah satu upaya penting untuk bisa memasuki pasar internasional adalah mencermati regulasi atau standar yang ditetapkan. Seringkali, produk dari negara seperti Indonesia gagal karena didesain dengan standar yang lebih rendah. Apalagi dalam hal keamanan.
Di negara-negara tujuan ekspor seperti Eropa dan Amerika, faktor keamanan wajib menjadi perhatian. Oleh sebab itulah, pemilihan perekat kayu yang bagus untuk gitar harus diseleksi berdasarkan faktor ini. Lem sebagai bahan kimia sudah pasti akan diuji ketat di berbagai negara tersebut mengenai kandungannya: apakah toksik ataukah sudah memenuhi standar keamanan.

Hindari Lem Kayu untuk Gitar Berbasis Solvent

lem kayu untuk gitar indonesiaUntuk mendapatkan lem yang aman sendiri sebenarnya perkara yang gampang-gampang susah. Namun satu hal yang pasti, hindarilah lem berbasis solvent (pelarut bergolongan minyak). Lem solvent akan memiliki dua kekurangan fatal. Yang pertama dari aspek kesehatan, solvent dikenal sebagai bahan yang bisa menyebabkan gangguan organ dalam hingga meningkatkan potensi kanker. Yang kedua, penggunaan solvent akan membuat gitar berbau menyengat pedas terutama saat masih baru. Hal ini akan menyurutkan minat pembeli yang memiliki pilihan membeli gitar yang direkatkan dengan lem water based yang tak berbau.

Produk yang kami sarankan sendiri adalah lem kayu untuk gitar Crossbond. Dengan bahan dasar PVAc, Crossbond yang didesain menurut standar keamanan Amerika Serikat akan membantu Anda mewujudkan gitar-gitar yang dikenal di level internasional. Toh, saat ini berbagai produk gitar Indonesia telah mampu mempertahankan dirinya di tengah gempuran gitar import. Bukan hal yang sulit bila buatan Indonesia juga masuk ke negara lain, asalkan didukung dengan bahan berkualitas termasuk dari segi lem kayu untuk gitar Indonesia berstandar internasional yang diaplikasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here