Contoh Kerajinan Art Paper dan Lem Kertas Art Paper yang Bagus Digunakan

1862
kerajinan dari kertas kalender

Apa itu kertas art paper? Apa saja kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan ini dan apa lem kertas art paper yang bagus digunakan?


Aneka jenis kertas telah berhasil diproduksi manusia. Berbagai varian kertas tersebut didesain untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya saja, kertas karton yang digunakan untuk pengemasan hingga kertas manila yang digunakan untuk kebutuhan kerajinan. Berbagai kebutuhan ini menunjukkan bahwa kertas senyatanya memang material yang memiliki guna sangat beragam.

Salah satu jenis kertas yang pemanfaatannya tak perlu dipertanyakan lagi adalah art paper. Art paper atau orang Indonesia sering menyebutnya sebagai “kertas art paper” sekilas memiliki kemiripan dengan HVS. Meski demikian, antara kedua material tersebut sebenarnya tak bisa disamakan begitu saja.

Dari definisinya, art paper bisa diartikan sebagai kertas dengan karakteristik kilau (shine) pada permukaannya. Seringkali, kertas seperti ini digunakan untuk kebutuhan percetakan digital. Level shine atau level kilau yang ditimbulkan sendiri sangat beragam. Ada kilau doff yang rendah hingga kilau glossy yang tinggi. Tingkat kilau yang ditawarkan ini beragam tergantung perusahaan atau manufaktur yang membuatnya. Kadangkala, level kilau antar kertas art yang satu dengan yang lain bahkan tak bisa dibandingkan karena memang dibuat “sendiri-sendiri”.

buklet art paper

Sedangkan dari permukaan yang dicoating, art paper bisa dibedakan menjadi dua, yakni:1. Art paper yang bolak-balik dicoating2. Art paper yang hanya satu permukaannya saja yang dicoating

Pemanfaatan Kertas Art Paper

Art paper memang bukan nama yang populer di kalangan masyarakat awam. Meski demikian, seperti dijelaskan di atas, kertas ini memiliki manfaat sangat luar biasa. Kertas ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk:

1. Pembuatan majalah

2. Kalender

3. Kartu nama

4. Cover buku

5. Kertas poster

6. Berbagai jenis craft

7. Pengemasan

Anda mungkin sudah terbiasa melihat pemanfaatan art paper untuk majalah hingga cover buku. Lantas bagaimana untuk kerajinan atau craft? Jangan salah. Kertas ini, ternyata memiliki fungsi apik kala dimanfaatkan sebagai material untuk berbagai jenis kerajinan.
Berikut ini contoh pemanfaatan art paper untuk berbagai kerajinan, baik yang didaur ulang dari kalender hingga majalah maupun yang masih benar-benar baru.

kerajinan kertas art paper bunga art paper

Mengolah Art Paper Harus dengan Cermat

Karena adanya bahan coating yang diaplikasikan pada bahan ini, kita harus bisa mengolahnya dengan cermat. Salah satunya dengan memastikan bahwa art paper diolah dengan alat dan bahan yang tepat. Lem menjadi salah satu bahan yang harus dipertimbangkan.

Mengapa lem?

Yuk, Pilih Lem Kertas Art Paper yang Bagus

Kesesuaian memilih adhesive yang tepat sangat krusial sebab art paper tak bisa sembarangan dilem dengan lem kertas biasa. Coba saja aplikasikan lem kertas yang biasa kita kenal pada material ini. Selain sama sekali tidak kuat, resistensinya pun dipertanyakan.
Meski demikian, kita tentu juga tak bisa sembarangan memilih jenis-jenis adhesive yang tingkat kekuatannya berlebihan. Misalnya memanfaatkan lem-lem kayu untuk material ini. Bukan hanya tidak efisien, bisa-bisa lem-lem tersebut justru akan menyebabkan kerusakan pada art paper yang akan direkatkan.

Ciri-ciri Lem Kertas Art Paper yang Bagus

Agar produk art paper yang digunakan benar-benar tepat, pilihlah lem untuk kertas art paper dengan kriteria sebagai berikut:

1. Lem tersebut memang ditujukan untuk kebutuhan material ini. Anda tidak harus selalu mengandalkan lem khusus art paper. Tetapi, pilihlah adhesive yang bisa merekatkan bahan ini dengan kualitas yang sesuai.

2. Pilih lem yang tidak menyebabkan efek warna buruk pada art paper.

3. Pastikan lem yang digunakan aman dan ramah lingkungan. Selain akan membantu Anda terkait regulasi yang ditetapkan, lem yang kualitas keamanannya baik akan membantu Anda mewujudkan produk eco friendly yang makin disukai pasar.

4. Pastikan lem mudah digunakan. Kemudahan aplikasi bukan hanya terkait langkah kerjanya saja. Mudah tidaknya lem dipakai juga terkait dengan alat dan bahan yang diperlukan. Pilihlah lem yang mudah diterapkan menurut langkah-langkah hingga peralatannya. Untuk efisiensi, pilihlah lem 1 k atau lem 1 komponen.

5. Pilih lem yang kecepatan keringnya ideal.

6. Pilih adhesive yang tahan lama. Pastikan lem Anda memiliki ketahanan pada faktor perusak seperti kelembaban, air, solvent, dan air. Ingat, lem kertas art paper bekerja secara kimia merekatkan material tersebut. Bila ikatan kimia lem mudah rusak hanya karena paparan faktor perusak seperti kelembaban, tentu produk yang dihasilkan pun akan turut berkurang kualitasnya.

7. Pastikan harga lem yang ditentukan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Jadi, jangan terburu-buru membeli lem kecuali Anda sudah benar-benar yakin dengan kualitas lem tersebut.

Ultra Phaethon sebagai Lem Kertas Art Paper yang Bagus

ULTRA-PHAETHON

Untuk pertimbangan, lem kertas untuk art paper yang kami rekomendasikan kepada pembaca adalah Ultra Phaethon. Ultra Phaethon adhesive ini terbuat dari bahan dasar polyvinyl acetate sebagaimana Crossbond X3 dan Crossbond X4. Hanya saja, Ultra Phaethon didesain untuk kebutuhan yang lebih ringan seperti perekatan kertas.

Kesesuaian Ultra Phaethon untuk merekatkan kertas tersebut terlelat pada formulasinya yang dibuat spesifik. Adhesive ini juga memiliki inner cross linker yang membuatnya sebagai lem kertas art paper yang bagus karena kekuatannya sangat stabil.

Featue-feature menarik yang ditawarkan lem kertas ini antara lain adalah:

1. Sifatnya yang sangat kuat digunakan

2. Ketahanan atau resistensinya pada air, solvent, dan panas

3. Kandungannya yang sangat aman digunakan. Ingat, hindari lem-lem yang bisa menyebabkan toksisitas atau keracunan

4. Kemudahan cara aplikasinya

5. Water based adhesive yang tidak menyebabkan bau menyengat

6. Cover area luas

7. Cepat kering

8. Tidak menyebabkan glue line

9. Solid content tinggi

10. Viskositas sesuai

11. Harga terjangkau

Terkait dengan harganya, Anda bisa membeli lem ini hanya dengan Rp. 48.000,- saja untuk kemasan 1 kg.

Tertarik membeli Ultra Phaethon?

Bagi Anda yang ingin mendapatkan lem kertas art paper yang bagus Ultra Phaethon, pilihlah salah satu dari ketiga cara pembelian di bawah ini.

1. Pembelian via marketplace. Bagi Anda yang terbiasa belanja online di marketplace, Anda bisa mendapatkan Ultra Phaethon di berbagai online shop seperti Tokopedia hingga Bukalapak.

2. Pembelian via website ini secara langsung, yakni dengan menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan. Anda akan langsung terhubung dengan CS kami dan bisa melakukan pembelian atau menanyakan lebih jauh mengenai Ultra Phaethon dan hal-hal terkait lainnya.

3. Pembelian secara langsung. Anda bisa mendapatkan adhesive ini secara konvensional dengan cara mengunjungi kantor Bio Industries di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Pembelian juga bisa dilakukan lewat agen-agen kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hubungi CS kami untuk mendapatkan informasi masalah keagenan.

Demikian contoh-contoh kerajinan hingga saran lem kertas art paper yang bagus. Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here