Ini Dia Lem Kertas untuk Jilid Buku yang Kuat dan Tidak Merusak Warna

7035
penjilidan buku

Sama pentingnya dengan perekatan pada mebel, perekatan untuk jilid buku pun begitu krusial. Kira-kira apa lem kertas untuk jilid buku yang bagus? Terutama terkait dengan kekuatan dan efeknya pada warna buku?

Siapa tak kenal buku? Mulai dari buku tulis, buku novel, majalah, dan berbagai bentuk buku lainnya hampir selalu hadir dalam kehidupan kita. Buku merupakan media serba guna untuk berbagai kebutuhan mulai untuk dokumentasi hingga untuk alat komunikasi tertulis. Namun sangat sedikit yang mengetahui seluk beluk benda ini. Misalnya mengenai penjilidan buku. Biarpun sepele, namun proses paling vital dalam pembuatan buku adalah pada saat penjilidannya. Bagaimana tidak? Bila tak dijilidkan, tak akan ada buku yang bisa digunakan. Kita hanya akan menggunakan lembaran-lembaran kertas yang terpisah satu sama lain.

CS LemKertas

Mengenal Dunia Penjilidan Buku

penjilidan buku

Apa yang dimaksud dengan penjilidan buku? Dikenal sebagai book binding dalam Bahasa Inggris, jilid buku adalah suatu proses untuk mempersatukan lembaran-lembaran kertas secara fisik menjadi satu-kesatuan. Lembaran-lembaran kertas ini diikat satu sama lain pada bagian ujungnya dengan cara-cara tertentu. Misalnya saja menggunakan benang dan menggunakan lem. Alternatif lainnya bisa dilakukan dengan mengkombinasikan kedua cara tersebut. Selanjutnya, agar terproteksi dengan baik, digunakan sampul atau sebuah papan kaku untuk kemudian dilapisi lagi dengan sampul yang memuat mengenai isi buku tersebut.

Pada beberapa bidang, misalnya untuk kebutuhan seni, ada kalanya diaplikasikan tambahan-tambahan dekoratif. Misalnya dengan menambahkan objek seni yang dinilai memiliki keindahan tersendiri.

Dalam sejarahnya, proses penjidan buku seperti ini bisa dibedakan atas stationery binding dan letterpress. Saat ini, proses jilid buku modern bisa dibedakan dari caranya, yakni secara manual yang dilakukan tukang jilid tertentu hingga secara massal yang biasanya menggunakan mesin-mesin canggih. Meski demikian kedua cara ini terkadang memiliki beberapa aspek kesamaan.

Perlunya Lem Kertas untuk Jilid Buku yang Bagus

menjilid bukuSeperti dijelaskan di atas, proses penjilidan buku memerlukan adhesive atau bahan perekat. Lem yang dipakai pertama-tama haruslah dari jenis lem kertas. Formulasinya bisa sangat beragam. Namun yang jelas adhesive tersebut harus memiliki kriteria ideal untuk menghasilkan buku yang kualitasnya benar-benar bagus. Dua faktor yang harus diperhatikan adalah daya rekat lem tersebut serta efeknya pada warna buku.

Lem Harus Kuat dan Merusak Warna

Mengapa lem harus kuat? Rasanya pertanyaan ini sangat mudah dijawab. Kekuatan merupakan faktor utama yang menentukan kualitas sebuah adhesive. Sebab aspek inilah yang mencirikan fungsi adhesive dengan fungsi bahan lainnya.

Ikatan kuat adhesive sendiri pada dasarnya tergantung dari dua faktor. Pertama adalah formulasi lemnya, dan yang kedua adalah sifat adherent atau media yang dilem. Harus ada kecocokan antara kedua hal ini. Sehingga nantinya, diharapkan adhesive benar-benar bisa mengikat dengan baik media yang dilem. Ingat, adhesive bahan yang bekerja secara kimia. Adhesive harus mampu melakukan ikatan terbaik dengan adherent-nya apabila kita mengharapkan buku yang kokoh dan tahan lama.

Faktor kedua yang krusial diperhatikan adalah efek lem kertas untuk jilid buku pada warna kertas. Ada kalanya, lem mudah meresap dalam kertas dan menyebabkan warna kekuningan. Efek seperti ini jelas bisa menyebabkan kerusakan pada buku, terutama terkait estetikanya. Buku pun bisa menjadi lebih sulit dibaca apabila lem kertas yang digunakan menyebabkan warna tersebut.

Tentu saja selain kedua faktor di atas masih banyak aspek lain yang harus diperhatikan. Ketahanan lem, kestabilan ikatan lem, hingga cara aplikasinya tak bisa kita abaikan begitu saja. Misalnya mengenai ketahanan lem. Bila lem yang digunakan memiliki daya tahan rendah pada air, tentu buku menjadi mudah rusak. Bukan hanya kertasnya yang basah, paparan air bisa membuat buku tersebut tercerai-berai dalam lembaran-lembaran kertas. Kerusakan seperti ini jelas sangat merugikan.

Lem Kertas untuk Jilid Buku Terbaik? Ultra Phaethon Jawabannya

ULTRA-PHAETHOn lem kertas untuk jilid bukuLantas apa lem kertas yang bisa diandalkan untuk kebutuhan ini? Di lemkertas.com, kami menyediakan lem Ultra Phaethon yang bisa Anda andalkan.

Ultra Phaethon merupakan adhesive berbasis PVAc atau polyvinyl acetate. Di pasaran, lem berbasis PVAc kerap disebut sebagai lem putih hingga lem kayu. Namun pada dasarnya, pemanfaatan lem PVA sangat beragam, tak terkecuali untuk merekatkan kertas. Pasalnya, secara umum polyvinyl acetate memang mampu bekerja dengan baik pada bahan-bahan berpori. Kertas yang terbuat dari kayu dan memiliki banyak pori sangat cocok bila dilem dengan tipe adhesive ini.

Ultra Phaethon sebagai lem kertas untuk jilid buku memiliki berbagai feature yang sangat menarik. Adhesive ini:

1. Sangat kuat karena didesain dengan inner cross linker yang mampu menciptakan ikatan rangkap ganda.

2. Sangat tahan lama sehingga bisa membuat buku lebih awet dan tidak mudah rusak.

3. Resistensi terhadap air, solvent, dan minyak yang sangat baik.

4. Kemudahan digunakan tanpa diperlukan bahan dan alat tambahan khusus.

5. Cover area yang luas dan bisa digunakan untuk lebih banyak buku.

6. Solid content tinggi sehingga lebih hemat digunakan.

7. Sangat aman dan ramah lingkungan dengan standar formulasi internasional. Pekerja pun tak beresiko mengalami gangguan kesehatan dengan adhesive ini.

8. Tak berbau sebab merupakan lem PVAc berbasis air. Adhesive ini tak akan meninggalkan bau menyengat ala lem solvent based yang bisa menyebabkan buku-buku yang baru dijilid sangat beraroma pedas.

9. Cepat kering sehingga proses produksi menjadi lebih ringkas dan tak memakan waktu lama

Dibekali dengan berbagai feature tersebut, Ultra Phaethon bisa diandalkan untuk berbagai industri yang dalam prosesnya harus melakukan penjilidan. Misalnya:

1. Jilid buku untuk kebutuhan pencetakan novel dan buku non fiksi

2. Jilid buku untuk majalah

3. Jilid buku untuk buku tulis seperti buku agenda

4. Jilid berbagai kebutuhan perkuliahan seperti diktat hingga skripsi

5. Penjilidan aneka dokumentasi

Cara aplikasi Ultra Phaethon bisa disesuaikan untuk berbagai usaha tersebut. Lem ini bisa digunakan secara manual maupun dalam alur produksi yang memanfaatkan mesin-mesin canggih.

Sangat menarik bukan?

Dapatkan Ultra Phaethon Sekarang Juga

Dengan usaha penjilidan buku di Indonesia kian berkembang pesat, jelas dibutuhkan adhesive dengan kualitas yang baik sebagaimana disebut di atas.

Menyadari hal tersebut, kami menyediakan Ultra Phaethon dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli adhesive berkualitas ini mulai Rp. 48.000,- untuk kemasan 1 kg. Murah sekali bukan?

Lem kertas untuk jilid buku ini bisa Anda beli dengan cara melakukan pemesanan langsung pada website ini maupun dengan melakukan pemesanan via online shop seperti Tokopedia dan Bukalapak. Agen kami juga telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hubungi saja Customer Service kami lebih lanjut untuk informasi ini. Pertanyaan maupun pemesanan Anda akan selalu kami layani dengan ramah dan profesional.

Semoga bermanfaat.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here