Langkah-langkah Membuat Tempat Tidur Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

3614
membuat rangka panjang dan lebar bambu

Membuat ranjang dari bambu ternyata tak sesulit yang kita kira. Pada dasarnya, yang kita butuhkan adalah bambu dengan beberapa ukuran serta lem yang kuat untuk bambu Crossbond. Berikut ini secara garis besar cara pembuatan tempat tidur dari material bambu.

Panduan Membuat Ranjang Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

tempat tidur bambu

Membuat Rangka Panjang

Seberapa panjang ranjang yang ingin Anda buat? Tentukan dulu panjang ranjang yang Anda inginkan (misal yang kami contohkan 220 cm). Selanjutnya, buat 2 lubang pada salah satu sisi bambu tersebut, dan 4 lubang pada sisi lainnya yang berjarak 90 derajat dari sisi lubang pertama.

membuat rangka panjang dan lebar bambu

Membuat Rangka Lebar

Rangka lebar akan diletakkan pada bagian ujung rangka panjang (misal dengan ukuran 105 cm). Lubangi rangka lebar ini di bagian ujungnya, kemudian letakkan di atas 2 lubang rangka panjang. Setelah itu, masukkan bambu lain sebagai penyambung. Kuatkan dengan dowel dan aplikasikan lem yang kuat untuk bambu Crossbond.

Membuat Rangka untuk Alas Bambu

Pada rangka panjang tadi, kita telah membuat 4 lubang simetris. Nah, pada bagian inilah kita bisa memasukkan bambu lainnya yang kemudian digunakan sebagai rangka.

Membuat Kaki Bambu

Buat kaki dari bambu yang kuat dan besar. Masukkan bambu yang diletakkan pada lubang rangka panjang dan lebar dalam kaki-kaki ini.

membuat kaki ranjang bambu

Membuat Ranjang Lebih Menarik

Keempat langkah di atas bisa dibilang merupakan langkah dasar membuat rangka bambu. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa menambahkan beberapa hal di bawah ini seperti:

1. Menambahkan rangka di bagian samping, atas, maupun bawah ranjang. Prinsip kerjanya sama, Anda tinggal melubangi bambu, memasukkan bambu lain pada lubang tersebut, kemudian menerapkan dowel yang didukung lem yang kuat untuk bambu Crossbond.

2. Menggunakan pernis agar bambu terlihat lebih menarik.

3. Aplikasi Biopolish untuk merawat sekaligus mempercantik bambu.

4. Menggunakan bahan non bambu sebagai kombinasi. Misalnya menggunakan papan kayu dengan ukiran cantik.

lem yang kuat untuk bambu crossbond

Mudah bukan cara membuat tempat tidur dari bambu? Ayo, jangan ragu lagi membuat sendiri ranjang dari bahan bambu! Selain bisa digunakan sendiri, bisa saja kita menjualnya untuk mendapatkan untuk lebih besar.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here