Lem yang Kuat untuk Bambu? Seperti Apakah Lem itu?

4781
tempat tidur bambu

Lem untuk bambu yang kuat? Seperti apakah itu?

Kegagalan perekatan bisa disebabkan oleh 3 hal. Yang pertama adalah karena lemnya yang buruk, yang kedua karena bambunya yang buruk, dan yang ketiga merupakan kombinasi di antara ketiganya. Terkait dengan lem, aspek daya rekatlah yang menentukan gagal tidaknya hasil perekatan. Oleh karena itu, menjadi wajib bagi siapapun yang bekerja di industri woodworking untuk bertanya mengenai kualitas adhesive yang digunakan.

tempat tidur bambu

Lem sendiri secara umum bekerja dengan cara sederhana. Bahan lem akan masuk hingga ke kedalaman tertentu pada suatu substrat kemudian mengikatnya. Lem yang juga memiliki daya ikat dengan sesama lem selanjutnya akan menyebabkan dua media lem dapat disatukan. Dengan demikian, tingkat kekuatan ini akan sangat tergantung pada setidaknya dua hal, yakni kualitas ikatan antar sesama lem, dan kualitas ikatan antar lem dengan media.

Bambu sendiri merupakan sebuah substrat khusus. Sayangnya kerap kali bahan ini disamakan begitu saja dengan kayu. Padahal meski secara umum mirip, belum tentu semua lem yang biasanya diformulasikan untuk kayu bisa digunakan pada bambu. Spesifitas kemampuan lem harus benar-benar sudah dibuktikan dan diuji.

lem yang kuat untuk bambu crossbond

Contoh lem kayu yang memiliki daya rekat sangat baik adalah seri lem Crossbond, baik itu Crossbond X3 maupun Crossbond X4.
Kelebihan Crossbond sebagai lem super kuat untuk bambu juga terletak pada ketahanannya terhadap faktor perusak. Maksud dari ketahanan di sini adalah daya ikat lem yang tak akan mudah rusak oleh hal-hal tertentu, utamanya terdiri dari air, solvent, dan panas. Jangan salah, banyak lho adhesive yang terkena air, panas, atau solvent menurun kualitas perekatannya. Sehingga produk bambu yang dilem dengan perekat tersebut pun menjadi kurang fungsional lagi digunakan.

Namun dalam penggunaan lem Crossbond, Anda harus bisa membedakan antara Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem laminasi yang rekomendasinya untuk lantai, panel, bambu laminasi, dan sejenisnya. Di sisi lain, Crossbond X3 adalah perekatan konstruksi untuk beragam sambungan bambu. Ketepatan aplikasi lem seperti ini juga akan menentukan hasil sambungan. Sebab sebagus apapun lem yang kuat untuk bambu yang Anda gunakan, namun bila tidak tepat, tentu akan gagal juga.

mebel bambu dengan lem yang kuat untuk bambu

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here