Seperti Apa Lem untuk Laminasi Kayu Lapis yang Bisa Diandalkan?

792
produk kayu lapis

Ada banyak adhesive bertipe laminasi yang dijual di pasaran dan bisa kita gunakan untuk membuat maupun menggunakan kayu lapis. Namun seperti apakah lem untuk laminasi kayu yang seharusnya dipilih? Kriteria seperti apa yang perlu kita tekankan?

produk kayu lapis
produk kayu lapis

Kayu lapis atau plywood merupakan salah satu jenis kayu olahan yang terbuat dari beberapa lapisan tipis yang ditutup vinir. Biasanya, kayu lapis digunakan untuk furniture, konstruksi, hingga berbagai kebutuhan lainnya.

Jenis Kayu Lapis

Ada berbagai jenis kayu lapis. Tiap jenis didesain sedemikian rupa sehingga memiliki tujuan penggunaan yang berbeda, keunggulannya, hingga kelemahannya. Misal dari sisi penggunaannya, kayu lapis bisa dibedakan menjadi kayu lapis eksterior dan kayu lapis interior. Sedangkan berdasarkan bahan kayunya, kita bisa membedakannya menjadi hardwood plywood dan softwood plywood.

Tingkatan Kayu Lapis

Selain memiliki perbedaan jenis, tingkatan kayu lapis juga tak bisa disamakan. Tingkatan ini umumnya terkait dengan tampilan hingga kekuatan plywood. Pada tingkat yang semakin tinggi, plywood semakin memiliki kekuatan yang lebih baik.

Lem untuk Laminasi Kayu Lapis yang Tepat Digunakan

plywoodBaik saat mengolah maupun menggunakan kayu lapis, bahan adhesive hampir selalu diperlukan. Adhesive berperan menyatukan lapisan kayu tipis penyusun plywood, dan merekatkan plywood yang sudah jadi dalam sebuah produk kayu. Misalnya saja sebagai bahan untuk membuat furniture, pintu geser, langit-langit kereta api, dan berbagai tipe produk kayu lainnya.

Tipe adhesive yang diperlukan sendiri berjenis lem laminasi. Lamination adhesive atau lem laminasi biasa digunakan untuk perekatan panel hingga penumpukkan lapisan-lapisan kayu. Lem laminasi juga termasuk jenis lem untuk aplikasi veneer.

Untuk mendukung agar kayu lapis berkualitas, harus ada beberapa poin yang dipenuhi lem yang dipilih. Yang utama, tentu saja daya rekat, daya tahan, dan hal-hal teknikal lainnya. Di luar itu, sebaiknya dipikirkan juga aspek-aspek seperti keamanan lem tersebut dan pengaruhnya pada estetika. Semakin cermat kita memilih lem untuk laminasi kayu lapis, maka semakin besar pula potensi kayu lapis dihasilkan dalam kualitas terbaiknya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here