Panduan Mudah Cara Membuat Kotak Pensil dari Bambu dengan Lem Phaethon

2113

Bambu bisa dijadikan kotak pensil? Kenapa tidak? Tapi tak sekedar hanya memanfaatkan bambu yang berbentuk tabung, kita bisa membuatnya jauh lebih menarik. Ini dia cara membuat tempat pensil dari bambu dengan hasil yang beda dari yang lain. Siapkan lem andalan kita, Phaethon!

25

Alat dan Bahan

1. Ranting bambu. Pilih yang lurus dan kondisinya bagus.

2. Lem Phaethon

3. Cat Orchid atau clear varnish (opsional)

4. Biopolish5. Pengawet bambu6

. Kuas

7. Amplas8. Air9. Pemotong

10. Alat ukur11. Silinder atau kotak karton bekas tissue atau bahan lainnya yang serupa yang sudah dilem dengan alasnya.

Cara Membuat Kotak Pensil dari Bambu dalam 5 Langkah Mudah

1. Untuk membuat kerajinan kotak pensil dari bambu, pilihlah bambu yang bagus. Usahakan ranting bambu yang Anda pilih lurus, tidak cacat, dan tidak dirusak hama. Supaya lebih awet, Anda bisa menerapkan pengawet bambu dulu seperti BioCide Wood Fungicide dan BioCide Insecticide. Setelahnya, bersihkan bambu supaya tidak mengandung kotoran. Amplas bambu agar permukaannya lebih rata. Bersihkan bambu lagi, lalu keringkan.

2. Potong bambu sesuai tinggi bahan berbentuk tabung yang Anda punya. Untuk jumlahnya, sesuaikan dengan ukuran bambu itu sendiri serta luas permukaan media.

3. Aplikasikan bambu pada media tabung tissue. Gunakan lem andalan Phaethon. Biarkan hingga kering. Selama proses pengeringan ini, kita bisa menali bambu-bambu tersebut supaya ikatan lemnya benar-benar kuat.

4. Aplikasikan clear varnish pada bambu untuk tampilan natural, atau cat BioColours Orchid supaya tampilannya berwarna-warni. Tentukan sesuai selera Anda.

5. Bila dirasa perlu, gunakan hiasan-hiasan tambahan yang menarik.Lima langkah membuat tempat pensil bambu di atas sangat mudah untuk diikuti. Persoalannya, kalau Anda hanya mengikuti langkah-langkah di atas, tentu hasilnya hanya “standar”. Perlu dilakukan beberapa inovasi sambil terus memanfaatkan bahan berkualitas seperti lem Phaethon.

Inovasi apa yang bisa diterapkan? Jawabannya banyak. Misalnya, kita bisa mengecatnya berwarna-warni, menggunakan bahan tambahan lain seperti rotan dan kayu, hingga memanfaatkan teknik decoupage. Tunggu saja artikel berikutnya dari kami untuk cara membuat kotak pensil dari bambu yang punya keunikan tersendiri!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here