Panduan Membuat Meja Setrika dengan Eva Phaethon

514
meja setrika

Kata siapa proses pembuatan meja setrika sulit dilakukan? Meja seperti ini sebetulnya cukup mudah untuk dibuat. Berbekal Eva Phaethon, yuk, simak segera proses pembuatan meja untuk menyetrika tersebut.

Tutorial Cara Membuat Meja Setrika

Alat dan Bahan

Untuk membuat meja ini, siapkanlah berbagai perlengkapan yang disebutkan sebagai berikut.

1. Kayu sebagai bahan utama pembuatan meja untuk menyetrika. Seberapa banyak kayu yang dibutuhkan? Pertama, diperlukan kayu untuk kaki, papan, dan apron. Juga ada kayu untuk penopang papan dan penyambung kaki. Untuk ukurannya sesuaikan dengan ukuran meja secara umum yang Anda hendak buat.
2. Lem Eva Phaethon. Lem ini untuk merekatkan bagian tripleks dengan bagian alas meja setrika.
3. Bahan finishing agar aman, pilihlah produk finishing yang berbasis air (water based paint)
4. Kuas
5. Amplas
6. Gergaji dan pemotong kayu yang lain
7. Plywood atau kayu lapis
8. Busa tipis
9. Kain untuk sarung alas. Kain bisa berupa katun atau linen.
10. Paku kecil

Nah, setelah kesepuluh alat dan bahan di atas disiapkan, ikutilah langkah-langkah pengerjaannya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Meja Setrika dengan Eva Phaethon

Langkah Pertama, Pembuatan Meja

Yang pertama perlu dilakukan jelas membuat mejanya. Untuk membuatnya sendiri caranya sangat sederhana dan tak berbeda dengan meja jenis lainnya. Dari papan, apron, dan kaki meja dibuat sebagaimana produk meja yang lain. Tapi spesifikasinya berbeda. Berikut ini adalah contoh kekhasan meja untuk menyetrika yang perlu untuk diperhatikan.

  1. Tinggi meja sepinggang atau sekitar di bawah dada. Tujuannya agar aktivitas saat menyetrika lebih nyaman dilakukan.
  2. Papan meja harus dibuat memanjang. Papan untuk menyetrika ini sebaiknya dibuat dengan panjang sekira 70 cm – 100 cm saja.
  3. Bentuknya bisa kotak ataupun mirip bentuk setrika itu sendiri.

Untuk membuat meja, pertama-tama siapkan kayu untuk papan. Berikutnya pasang apron di bagian bawah papan meja sebagaimana meja yang lain. Gunakan lem kayu untuk merekatkan apron. Berikutnya, perkuat dengan paku ataupun menggunakan skrup siku.

Potongan kaki meja selanjutnya bisa dibuat dengan merekatkannya di pojok apron. Untuk membuatnya foldable, pasanglah baut dengan kondisi khusus. Sedangkan bila Anda tak ingin menjadikannya sebagai meja lipat, maka gunakanlah lem kayu. Selanjutnya, perkuat ikatan lem kayu tersebut dengan pemakuan. Langkah terakhir untuk membuat meja ini adalah dengan memasangkan tripleks di bagian permukaan atas meja.

Menyediakan Bantalan untuk Menyetrika

Langkah kedua, siapkanlah alas untuk menyetrika. Ambil busa tipis yang Anda punya atau lakukan pembelian terlebih dahulu. Berikutnya, “sarungi” busa tersebut menggunakan kain linen atau katun yang sudah disediakan.

Merekatkan Alas dengan Bagian Permukaan Meja dengan Eva Phaethon

Dari langkah kedua dan pertama, Anda sudah memiliki dua komponen pokok untuk mendapat ironing table. Kini adalah saatnya untuk menyatukan keduanya. Caranya sendiri sangat mudah. Anda hanya harus merekatkan alas atau bantalan untuk menyetrika yang sudah dibuat menggunakan lem Eva Phaethon. Gunakan lem tersebut secara merata agar ikatan lemnya juga lebih rata.

Nah, sekiranya, demikianlah proses pembuatan meja setrika. Tak sulit bukan? Pada dasarnya proses pembuatan meja ini bisa dibuat dengan metode yang sederhana dan dengan alat serta bahan yang mudah didapatkan. Sebagai pemula, hindari dulu membuat meja yang terlalu rumit.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here