Langkah-langkah Perbaiki Furniture Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu

820
hpl pada mebel

Penggunaan lem yang kuat untuk bambu bukan hanya penting dalam proses produksi furniture. Penggunaan lem untuk bambu juga krusial dalam proses perbaikan produk tersebut.

furniture bambu

Bambu menjadi salah satu bahan favorit dalam proses pembuatan furniture. Selain memiliki tampilan menarik, bambu juga biasanya lebih murah dibanding kayu. Namun demikian, penggunaan bahan ini bukannya tanpa kekurangan. Dikarenakan sifat substratnya, secara umum bambu lebih rentan rusak dibanding kayu. Untuk mencegah hal tersebut, dua hal setidaknya harus dilakukan. Yang pertama, adalah mengaplikasikan bahan pengawet bambu BioCide sedangkan yang kedua adalah menggunakan bahan-bahan berkualitas dalam proses pengolahan bambu. Salah satunya adalah lem.

Fungsi Lem yang Krusial

Pengguaan lem pada produk bambu pada dasarnya bukan hanya penting saat pembuatan berbagai produk tersebut. Lem juga berguna dalam proses perbaikan berbagai furniture bambu. Oleh karena itulah, lem bambu merupakan bahan penting yang idealnya disediakan untuk menjaga kualitas produk ini.

Dari berbagai lem di pasaran sendiri, rekomendasi kami ialah Crossbond X3 dan X4. Kedua jenis Crossbond tersebut selain memiliki ketahanan dan kekuatan yang sangat baik, juga begitu cocok saat diaplikasikan pada bambu. Berikut ini cara memperbaiki furniture bambu rusak menggunakan lem kayu Crossbond.

Alat dan Bahan

1. Amplas
2. Lem
3. Cat dan wax
4. Kuas
5. Bambu
6. Kain halus
7. Air panas

Memperbaiki Furniture Rusak dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

Persiapan

Siapkan semua alat dan bahan. Setelah itu, bersihkan furniture bambu yang akan diperbaiki. Gunakan kain yang dibahasi. Selanjutnya, keringkan furniture.

Kerusakan karena Bagian Lepas

Pada beberapa kasus, bambu tidak mengalami kerusakan. Hanya saja, komponen furniture lepas akibat lem yang kurang baik. Untuk mengatasi ini, Anda tinggal mengoleskan lem yang baru. Lakukan dulu pengamplasan sebelum aplikasi lem. Namun agar tidak mengalami masalah yang sama, gunakan lem yang kuat untuk bambu Crossbond.

Kerusakan yang Harus Diganti

Untuk bagian furniture yang sudah rusak, gunakan bahan bambu dengan karakter serupa. Cari batangan bambu, lalu ganti bagian tersebut menggunakan lem maupun tali.

Pengecatan

Agar tampilan furniture bambu lebih baik dan lebih seragam (bila ada komponen baru), lakukan pengecatan untuk sentuhan terakhir. Amplas dulu cat yang lama sebelum mengaplikasikan cat baru sesuai selera Anda.

Mudah bukan langkah-langkah di atas? Apalagi dengan lem yang kuat untuk bambu Crossbond yang memang mudah digunakan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here