Perlunya Lem untuk Bambu Berkualitas di Industri Kerajinan

1524
anyaman bambu
Kerajinan anyaman bambu

Disebabkan kebutuhan perekatan yang tinggi, industri kerajinan bambu tidak bisa tidak mengabaikan lem untuk bambu berkualitas. Lem yang digunakan seyogyanya dipilih berdasarkan kriteria-kriteria khusus.

anyaman bambu
Bambu sebagaimana kayu bisa dibuat menjadi benda-benda estetik seperti vas, hiasan dinding, hingga miniatur sebuah benda. Berbagai benda ini bisa dikategorikan sebagai bamboo craft atau kerajinan bambu. Kerajinan bambu bisa dibuat dengan teknik penganyaman hingga penggunaannya dalam bentuk gelondongan.

Di Indonesia, kerajinan bambu telah lama dikembangkan. Jenis kerajinan ini sempat populer dan masih memiliki potensi bagus untuk terus digali. Potensi ekspor kerajinan bambu juga sebenarnya sangat baik. Hanya saja, seringkali yang jadi kendala adalah pengrajin itu sendiri. Bukan kasus yang jarang bila standar kerajinan bambu di Indonesia kurang memenuhi kualifikasi secara teknis dan keamanan. Desain yang indah hampir sia-sia bila tidak didukung kedua aspek tersebut.

Kesadaran akan Penggunaan Lem untuk Bambu yang Tepat

Untuk mendukung kualitas teknis dan aspek keamanan kerajinan bambu yang baik, mulailah dengan memikirkan bahan-bahan pendukung yang digunakan. Di antara bahan-bahan tersebut, Anda harus menaruh perhatian besar pada adhesive. Seringkali orang melupakan fakta bahwa fungsi adhesive sangat krusial sehingga menyebabkan kesalahan besar di kemudian hari. Hal ini bersumber dari pemahaman bahwa lem hanya berguna sebagai “perekat”. Padahal, guna lem sebagai perekat akan berpengaruh terhadap desain hingga tingkat keamanan produk tersebut.

Saat membeli lem, sila perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Daya rekat
  2. Ketahanan
  3. Keamanan
  4. Kemudahan aplikasi
  5. Kecepatan kering
  6. Harga
  7. Tipe perekatan yang didukung

membuat anyaman bambu dengan lem untuk bambu berkualitas

Tiap aspek di atas memiliki standar masing-masing yang sudah berlaku dan diakui umum. Jadi, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, standar keamanan. Untuk kebutuhan pengeleman kerajinan bambu seperti keranjang makanan, diperlukan lem untuk bambu berkualitas yang food grade. Berbeda lagi bila lem tersebut hanya akan digunakan untuk mengelem benda-benda dekorasi seperti hiasan dinding dan vas bunga. Meski, menggunakan lem dengan standar keamanan sangat tinggi pun bukan hal yang salah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here