Memilih Lem untuk Kerajinan dari Botol Plastik yang Tepat

1890
bunga plastik

Siapa bilang botol plastik hanya sampah yang tak bisa digunakan lagi? Dengan tangan-tangan yang terampil, aneka produk craft bisa dibuat dari bahan yang sering disebut tak berguna ini. Namun dalam pembuatan berbagai produk ini, jelas dibutuhkan alat dan bahan yang tepat. Salah satunya adalah lem yang tepat dan berkualitas baik. Seperti apakah lem untuk kerajinan botol plastik yang bagus dan tepat digunakan? Yuk temukan jawabannya di bawah ini.


Jangan Buang Botol Plastik Anda!

Hampir tiap hari, ada saja di antara kita yang membeli air mineral dalam kemasan botol plastik. Kebutuhan akan cairan memang tak bisa diabaikan, dan air mineral dalam kemasan adalah solusi yang praktis di berbagai tempat dan waktu. Tapi persoalannya, kebiasaan tersebut menyebabkan sebuah masalah baru: tumpukan sampah botol plastik yang tak terkira jumlahnya.

Jelas tumpukan sampah botol plastik tersebut memprihatinkan. Selain kurang enak dilihat, dampaknya pada lingkungan juga tak begitu baik. Padahal sebenarnya banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk mendaur ulang material itu. Saat ini pun telah banyak usaha-usaha kecil menengah yang memanfaatkan limbah plastik ini meski jumlahnya masih kurang.

Hasil usaha daur ulang alias recycling itu pun luar biasa. Berbagai produk craft atau kerajinan dengan estetika tinggi berhasil dibuat. Sampah yang sebelumnya tak punya nilai jual itu kini mulai nilai jual yang cukup tinggi. Tertarik untuk turut membuatnya? Kenapa tidak? Toh berbekal artikel dan video tutorial di youtube, kita bisa membuat sendiri aneka produk bottle craft itu.

Aneka Produk Kerajinan dari Botol Plastik

sampah botol plastik

Terdapat sangat banyak contoh produk kerajinan dari botol plastik yang bisa kita jadikan inspirasi. Menyebutkannya satu per satu jelas tak memungkinkan. Tapi contoh-contoh di bawah ini setidaknya dapat memberikan gambaran betapa bergunanya limbah botol plastik setelah dimanfaatkan.

Vas Bunga dan Tempat Pensil

Vas bunga dan tempat pensil adalah produk yang paling sering dihasilkan dari botol plastik. Cara pembuatannya pun demikian mudah. Tapi bila kita mau menyeriusinya dengan mengolahnya lebih baik, bukan tak mungkin hasilnya dapat dijual.

Hiasan Gantung

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan cara membuat hiasan gantung dari botol plastik. Caranya sangat mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah memotong botol plastik lalu mengecatnya supaya menarik. Agar semakin bagus, hiasan gantung tersebut dapat ditambahkan dengan lonceng mini. Jadilah hiasan gantung akan menyemarakkan ruangan Anda.

Bunga

Pada pelajaran prakarya, tak jarang guru mengajarkan pembuatan bunga plastik dari botol. Pertama membuatnya memang kurang menarik. Tapi ketika kita sudah expert, jangan salah, hasilnya pasti sangat bagus. Apalagi ketika diberi tambahan aksesori lain serta aplikasi cat untuk plastik.

Hiasan Dinding

Hiasan dinding dari botol plastik hadir dengan aneka rupa dan ukuran. Ada yang berupa gambaran lukisan pemandangan, hingga bunga-bunga yang diframe lalu dipajang sebagai hiasan dinding.

Lampu

lampu dengan botol plastik

Bentuk tabung botol plastik juga bisa dimanfaatkan sebagai kap lampu hias. Pembuatannya sebenarnya sederhana, hanya membutuhkan modifikasi di sana-sini. Dan voila, jadilah lampu hias cantik yang tak akan disangka orang sebagai produk daur ulang.

Perlunya Lem untuk Kerajinan dari Botol Plastik Berkualitas

Proses pembuatan kerajinan botol plastik membutuhkan aneka bahan pendukung kecuali botol plastik bekas itu sendiri. Salah satunya adalah perekat atau penyambung. Sering, pengrajin pemula menghindari lem dan memanfaatkan bahan lainnya. Alasannya, karena plastik adalah bahan yang sulit dilem. Pemikiran seperti ini jelas kurang tepat. Beberapa produk lem telah dikenal sebagai produk lem untuk plastik. Misalnya produk lem dengan formulasi dasar EVA.

Sebagai penyambung komponen kerajinan produk, lem juga memberikan keuntungan dibanding bahan lainnya. Misalnya, dari segi estetika, lem tak begitu tampak. Penyambungan produk pun tak begitu terlihat sehingga produk terlihat lebih indah.

Lantas seperti apa lem untuk kerajinan dari botol plastik yang tepat dan bisa digunakan? Cermati beberapa kritera penting adhesive untuk plastik sebagai berikut:
Bisa Digunakan untuk Merekatkan Media Beda Karakter
Seringkali, lem diperlukan untuk merekatkan komponen non plastik pada bagian plastik atau sebaliknya. Artinya ada dua media beda karakter yang direkatkan satu sama lain. Oleh sebab itulah, poin pertama yang perlu diperhatikan saat membeli adhesive untuk kerajinan botol plastik adalah kemampuannya merekatkan media beda sifat.

Daya Rekat yang Baik dan Tahan Lama

Pastikan lem yang Anda pilih memiliki daya rekat yang baik dan tahan lama. Lem yang tak memiliki kedua kriteria tersebut akan membuat produk Anda mudah rusak. Pernahkah Anda melihat beberapa produk kerajinan tangan di toko yang beberapa komponennya copot? Itulah contoh akibat pemakaian lem untuk kerajinan dari botol plastik yang kurang berkualitas.

Mudah dan Praktis Digunakan

Agar proses produksi berjalan dengan lebih baik, maka lem pun harus mendukungnya dengan baik. Dua hal yang perlu diperhatikan terkait hal ini adalah kemudahan aplikasi dan kepraktisannya. Pilih lem yang tak membutuhkan peralatan tambahan yang sulit dicari. Semakin praktis lem, proses produksi Anda pun akan semakin lancar.

Cepat Kering

Usahakan juga untuk memilih lem untuk kerajinan dari botol plastik yang memiliki kecepatan kering yang baik. Dengan demikian, proses produksi bukan hanya lancar namun juga bisa berjalan dengan lebih cepat. Tenaga dan waktu bisa bisa dihemat dan profit bisa dimaksimalkan.

Harga Terjangkau

Kualitas memang penting, tapi faktor harga juga perlu dipertimbangkan. Oleh sebab itu, jangan melupakan aspek ini. Seimbangkan antara kualitas dengan harga supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan terbaik.

Tak Merusak Estetika

Aspek terakhir yang penting diperhatikan adalah efek lem pada estetika atau keindahan produk. Usahakan memilih adhesive yang tak menimbulkan lapisan film lem tebal ataupun merusak warna produk. Jadi keindahan produk kerajinan Anda bisa terjaga.

Gunakan Eva Phaethon untuk Kerajinan dari Botol Plastik Anda

Dari berbagai kriteria yang telah dijelaskan di atas, lem yang kami sarankan untuk kerajinan dari botol plastik adalah lem Eva Phaethon. Dengan formulasi dasar ethylene vinyl acetate atau EVA, lem ini memiliki berabagi kelebihan, misalnya:

1. Daya rekat adhesive yang tinggi
2. Kuat dan tahan lama (tahan air, solvent, dan panas)
3. Bisa digunakan untuk media beda karakter, misalnya antara plastik dan kain
4. Harga yang sangat terjangkau
5. Cepat kering sehingga pengerjaan menjadi lebih cepat selesai
6. Cara aplikasi yang mudah dan praktis
7. Tak menyebabkan warna
8. Tak menyebabkan lapisan tebal

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Selain itu, lem ini juga lebih aman digunakan. Produk daur ulang eco friendly Anda akan makin eco friendly bila memanfatkan Eva Phaethon. Sangat menarik ya? Karena itu, selalu andalkan lem untuk kerajinan dari botol plastik ini!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here