Decoupage pada Finishing Rustic? Pasti Menarik!

583
rustic decoupage (3)

Aplikasi decoupage pada finishing rustic? Pasti sangat menarik! Berbekal Ultra Phaethon Anda bisa menghias berbagai kerajinan ataupun mebel dengan cara ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Rustic Finishing

Rustic sebagaimana yang kita tahu adalah salah satu tipe finishing di antara berbagai jenis tipe finishing yang ada. Pada tipe finishing ini, kesan lawas ditonjolkan dengan permainan warna. Misalnya saja dengan menambahkan warna lain sehingga kayu tampak kusam. Beberapa woodworker bahkan sampai melakukan pencacatan pada kayunya supaya hasil yang didapat benar-benar terkesan lawas.

Tipe finishing seperti ini barangkali memang jarang dijumpai orang awam. Akan tetapi, sebetulnya rustic adalah jenis finishing yang sudah lama diaplikasikan. Penggemarnya memang “segmented” atau tersegmentasi khusus. Anda akan kesulitan menemukan produk mebel dengan warna rustic di berbagai toko furniture. Tetapi Anda akan dengan mudah menemukannya pada pameran mebel kelas high end hingga ekspor.

Dari Perabot hingga Kerajinan

Aplikasi decoupage pada finishing rustic bisa dilakukan untuk berbagai produk. Anda ingin menghias perabot rustic di rumah? Decoupage bisa menjadi pilihan yang menarik. Demikian juga berbagai jenis kerajinan kayu seperti misalnya:

1. Kotak kayu baik untuk tissue, wadah barang, tempat perhiasan, dan lainnya
2. Hiasan dinding
3. Nampan hias decoupage
4. Piring hias yang difunish dengan tema rustic
5. Vas bunga
6. Tempat atau wadah botol minuman
7. Tempat handphone
8. Dan berbagai produk serupa lainnya

Contoh Cantik Aplikasi Decoupage pada Finishing Rustic

Kombinasi antara finishing rustic dengan decoupage memang sangat menarik. Tertarik untuk membuatnya sendiri atau malah ingin menjualnya untuk mendapat untung lebih banyak? Kenapa tidak? Lagipula cara pembuatan seperti ini sejatinya mudah dilakukan dan pasti akan sangat menyenangkan bagi yang memang suka berkutat dengan benda-benda kerajinan. Coba saja lakukan dulu untuk mengisi waktu weekend. Beli peralatan yang dibutuhkan dan coba kerjakan sendiri. Nah bagi Anda yang memang tertarik, berikut ini panduan aplikasi decoupage pada finishing rustic.

Alat dan Bahan

1. Kotak kayu atau produk lainnya yang terbuat dari kayu.
2. Glaze untuk memberikan kesan lawas dan memperkaya warna kayu
3. Wood stain untuk mewarnai kayu
4. Sealer untuk dasaran
5. Top coat doff untuk proteksi lapisan finishing di bawahnya
6. Lem Ultra Phaethon untuk merekatkan napkin
7. Napkin decoupage yang Anda inginkan
8. Alat tulis dan gunting
9. Kuas dan pengencer cat
10. Amplas
11. Berbagai alat woodworking standar
12. Kain lap bersih

Langkah-langkah Aplikasi Decoupage pada Finishing Rustic

Setelah Anda menyiapkan semua perlengkapan di atas, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

1. Cari tempat yang enak untuk mengerjakan proyek ini. Pilih yang nyaman, cukup luas, dan memiliki sistem ventilasi yang baik.
2. Siapkan kayu yang akan difinish. Pastikan kayu tersebut belum difinishing dan bila sudah, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Gunakan amplas untuk membersihkan lapisan cat lama dan berbagai noda yang menempel lainnya.
3. Pastikan kayu benar-benar bersih, halus, dan juga kering. Jangan melanjutkan ke langkah berikutnya apabila kayu belum dalam kondisi ideal.
4. Lakukan sedikit perusakan pada kayu, lalu amplas kembali untuk memotong bulu kayu. Perusakan ini dimaksudkan supaya kayu terlihat makin lawas. Misalnya dengan sedikit mencabik bagian pinggirnya atau melubangi bagian tengahnya. Langkah ini sifatnya opsional. Lewati bila Anda tak menginginkannya.
5. Siapkan sealer.
6. Aplikasikan sealer secukupnya. Tunggu hingga lapisan tersebut mengering, lalu amplas hingga rata, dan ulangi apabila dirasa perlu.
7. Aplikasikan wood stain secukupnya. Tunggu hingga lapisan tersebut mengering, lalu amplas hingga rata, dan ulangi apabila dirasa perlu.
8. Aplikasikan sealer lagi. Tunggu hingga lapisan tersebut mengering, lalu amplas hingga rata, dan ulangi apabila dirasa perlu.
9. Aplikasikan glaze. Beberapa saat kemudian, hapus glaze dengan kain lap bersih. Tapi janga hapus semuanya. Sisakan glaze supaya memberikan kesan yang lebih baik.
10. Tunggu hingga lapisan tersebut mengering, lalu amplas hingga rata, dan ulangi apabila dirasa perlu.
11. Siapkan napkin decoupage dan Ultra Phaethon. Gunting napkin dengan rapi.
12. Aplikasikan napkin pada kayu menggunakan lem Ultra Phaethon. Posisikan agar tampak menarik.
13. Aplikasikan top coat. Tunggu hingga lapisan tersebut mengering, lalu amplas hingga rata, dan ulangi apabila dirasa perlu.
14. Selesai!

Decoupage pada Finishing Rustic

Tips Tambahan Agar Lebih Menarik

Agar aplikasi decoupage pada finishing rustic makin cantik, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa diambil.

1. Gunakan hiasan-hiasan tambahan terutama bila Anda membuat kerajinan kotak rustic dan decoupage. Misalnya dengan menambahkan hiasan pita atau bunga hias pada kerajinan tersebut.
2. Pastikan memilih warna cat sesuai dengan tema dan gambar decoupage.
3. Rustic adalah finishing dengan tema lawas. Karena itu, pilihlah gambar yang isi dan warnanya memiliki kesan lawas juga.
4. Pilih clear coat doff atau matte, hindari menggunakan clear coat glossy
5. Pastikan Anda menggunakan cat water based, sebagaimana lem yang digunakan merupakan Ultra Phaethon yang adalah lem water based. Perbedaan jenis produk cat bisa menyebabkan kualitas akhir produk kurang bagus.

Pada intinya adalah jangan takut untuk berkreasi dengan aneka ide.

Beli Ultra Phaethon di Sini

Salah satu kunci aplikasi decoupage yang sukses adalah dengan menggunakan lem atau bahan perekat yang baik. Selain clear coat, lem berperan pada keindahan sampai dengan ketahanan produk. Oleh sebab itu, pilihlah lem dengan hati-hati.

jual lem untuk wallpaper

Seperti dijelaskan di atas, lem yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah Ultra Phaethon. Lem Ultra Phaethon adalah PVAc adhesive yang didesain dengan berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang kuat hingga ketahanan yang sangat baik. Lem ini bisa Anda dapatkan dengan harga murah, karena hanya dibanderol dengan harga Rp. 48.000,- saja untuk kemasan 1 kg.

Untuk membeli lem ini, caranya juga mudah. Tersedia beberapa opsi pembelian, yakni:

1. Pembelian secara langsung di berbagai agen Bio Industries atau bahkan di kantor Bio Industries langsung. Anda bisa mengunjungi kami di Yogya, Jepara, Cirebon, dan berbagai wilayah lainnya di Indonesia.
2. Pembelian secara online melalui website ini. Anda bisa memesan pada Customer Service kami yang sedang bertugas. Pesanan Anda akan segera diproses dengan cepat dan profesional. Anda juga bisa menghubungi CS kami sekedar untuk meminta informasi lanjutan. Kami pasti akan memberikan informasi yang jelas mengenai adhesive-adhesive yang disediakan, khususnya Ultra Phaethon.
3. Pembelian secara online via berbagai marketplace. Kami sengaja membuka opsi pembelian ini khusus bagi Anda yang terbiasa belanja di online shop.
Pilih salah satu cara pembelian dari ketiga cara di atas.

Semoga bermanfaat ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here