Meja Antik: Keunikan yang Membawa Untung

549
meja antik bagus

Meja antik yang unik bukan cuma bisa memperindah ruangan. Meja yang beda dari yang lain ini juga bisa membawa keuntungan besar. Penasaran bagaimana caranya? Simak saja penjelasan di bawah ini.

Mengenal Pengertian Meja Antik

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai jenis-jenis furniture. Karena banyaknya produk dari kategori tersebut, orang kerap membagi furniture berdasarkan beberapa kelompok. Salah satunya adalah pembagian furniture berdasarkan usianya. Dari kategori ini, kita mendapati adanya:

1. Kelompok furniture baru yang didesain dengan gaya baru dan material baru
2. Kelompok furniture antik yang usianya sudah lama dank arena itu material serta desainnya sudah tua
3. Kelompok furniture repro atau reproduksi yang terdiri atas mebel baru didesain lama

Sebagaimana Anda lihat, satu dari 3 kelompok furniture tersebut adalah furniture antik. Variannya banyak, mulai dari meja sampai ranjang. Keberadaan mebel antik sendiri tak sekedar bisa dilihat dari usianya yang tua dan lama. Biasanya, aspek “kelangkaan” produk juga berpengaruh. Usia mebel supaya dikatakan antik juga tak sekedar beberapa tahun saja. Mebel-mebel seperti ini pun memiliki segmen penggemar sendiri . Tak jarang banyak di antaranya yang merupakan kolektor yang bahkan siap mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan benda kesayangannya.

Tentang Meja Repro

Satu dari sekian banyak furniture antik yang ada adalah meja. Mengapa meja? Sebab, furniture ini merupakan salah satu furniture yang paling banyak digunakan manusia. Meja juga disukai karena aspek fungsionalitasnya. Anda bisa menempatkan meja antik yang Anda beli di ruang tamu sebagai meja tamu, meja hias, hingga meletakkannya di lorong. Beda dengan furniture lain seperti ranjang yang sudah pasti hanya bisa dinikmati secara pribadi karena diletakkan di kamar tidur.

meja bagus

Namun membeli meja antik pun memberikan tantangan tersendiri. Sebagaimana disebut di atas, furniture antik seringkali sulit didapatkan. Jadi kita harus memiliki koneksi yang luas bahkan harus rajin kesana-kemari untuk mendapatkan mebel tersebut. Bagi para kolektor atau mereka yang memang sangat mencintai produk seperti ini memang tak masalah, tapi bagaimana yang menyukainya tapi tak begitu fanatik? Di antara kita mungkin banyak yang tertarik dengan tampilan meja antik. Tapi untuk kemudian mencarinya sampai ke pelosok negeri atau membelinya dengan harga yang mahal, jelas bukan jalan yang ingin dilalui.

Nah, bagi mereka yang seperti itu, sebetulnya ada mebel tersendiri yang bisa dipilih, yakni mebel repro. Karena dibuat dengan desain dan finishing lama (bahkan dibuat agar nampak tua), Anda pun bisa menikmati aneka mebel termasuk meja antik repro dengan harga lebih terjangkau dan cara pembelian yang mudah.

Apa Keunggulan Meja Antik Repro?

Berdasarkan penjelasan di atas, meja repro menawarkan beberapa keunggulan seperti:

1. Mampu memberikan kesan tua yang menawan. Misalnya saja, dengan aplikasi desain zaman kolonial, eropa klasik, hingga Jepang masa lalu. Aplikasi finishing juga sering dibuat khusus sehingga produk seolah terlihat benar-benar sudah tua.
2. Menawarkan opsi lebih murah seperti meja antik. Harga meja antique yang mahal sendiri biasanya karena aspek historis dan kelangkaannya. Bagi yang hanya menyukai tampilan antik, sebaiknya memang memilih furniture repro.
3. Lebih mudah didapatkan. Memang tak semudah membeli meja konvensional yang dicat natural transparent atau solid color, tapi yang jelas tak sesulit mendapat meja berkategori antik.
4. Bisa dipesan khusus kepada pembuat mebel.
Ketika yang Antik Jadi Peluang Usaha
Tampilan antik memang sangat menarik bagi sebagian kalangan. Jadi bagi yang ingin membuka usaha dalam bidang mebel, pertimbangkanlah untuk mengunggulkan meja dengan tampilan antik meski berkategori furniture reproduksi. Bila merasa target pasar sulit dicari, jangan segan untuk menawarkan secara online. Sebab, kebanyakan masyarakat kita memang masih terpaku dengan mebel natural color dan solid color bergaya kontemporer.

Aplikasi finishingnya sendiri bisa Anda cari tutorialnya di berbagai website. Misalnya saja website seperti catkayu.com yang rajin memberikan tips finishing “tua” dari rustic, whitewash, sampai recycle boat.

meja antik

Meja Antik dari MDF? Kenapa Tidak?

Membuat meja antik dari MDF? Apa mungkin hal seperti ini dilakukan? Membuat meja tua dari bahan lama memang bisa dilakukan dengan modifikasi desain dan finishingnya. Tapi pemanfaatan MDF?

Bahan seperti MDF sudah tak punya lagi keindahan pola serat sebagaimana kayu. Produk seperti ini pun sulit dicat sehingga akan sangat menyusahkan bila Anda ingin menerapkan finishing khusus seperti rustic.

Tapi ternyata, memberikan kesan tua dan antik pada meja MDF bisa dilakukan dengan finishing tempel. Memang tak mudah. Tapi dapat dilakukan dengan pelapis yang tepat seperti HPL. Sebab, saat ini, telah banyak HPL yang hadir dengan warna serta pola gambar antik. Tak percaya? Lihat saja contohnya pada artikel ini. Unik bukan?

HPL patina

Gunakan Eva Phaethon

Pemakaian MDF memang tak akan membuat meja sebagaimana meja kayu solid repro antik. Tapi setidaknya bisa dijadikan alternative yang sangat baik. Apalagi bila Anda ingin menawarkan produk dengan harga lebih terjangkau. Anda toh tinggal merekatkan saja HPL pada MDF dengan perekat khusus seperti Eva Phaethon.

Eva Phaethon merupakan ethylene vinyl acetate berkualitas yang bukan hanya punya daya rekat kuat, tapi juga tahan lama. Lem ini adalah satu dari sangat sedikit lem yang bisa diandalkan untuk membuat meja antik dari MDF dan HPL sheet.

Jual Eva Phaethon di Sini!

Jika Anda tertarik mencoba membuat meja antik dengan HPL, jangan lupa gunakan lem khusus seperti Eva Phaethon yang disebutkan di atas. Untuk membelinya, Anda bisa melakukan pembelian secara online maupun secara lansgung. Pembelian secara online bisa dilakukan di kantor Bio Industries yakni di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Anda juga bisa membeli di agen Bio Industries yang terletak di berbagai kota. Sedangkan untuk pembelian online, pilihlah satu dari ketiga opsi di bawah ini.

lem eva phaethon

1. Melakukan pembelian secara online pada website ini. Cara ini sangat mudah dan sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanya memencet fitur Pesan saja. Dengan cara ini Anda akan segera terhubung dengan CS kami. Selain pemesanan Anda bisa menanyakan informasi seputar lem ini hingga konsultasi cara memakai lem tersebut.
2. Melakukan pembelian secara online via laman resmi facebook Bio Industries serta lem Eva Phaethon.
3. Melakukan pembelian secara online online di berbagai online shop atau marketplace. Dari Tokopedia sampai shopee, Anda bisa mendapatkan lem Eva Phaethon.

Dari pemaparan di atas, bisa dikatakan bahwa meja antik memang sangat menarik. Meja ini sangat berbeda dari segi tampilan dibanding meja-meja masa kini. Tapi justru karena keunikannya itulah, meja ini bisa dipakai untuk meraup untung. Misalnya saja dengan memproduksi produk tersebut lalu menjualnya. Menarik bukan?

Nah, sampai di sini pembahasan mengenai meja antik tersebut. Terus update informasi dari kami seputar dunia mebel. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here