Agar Lebih Laku, Jual Kursi Kantor Anda dengan Harga Terjangkau

499
kursi kantor hpl

Di tengah maraknya kompetisi penjualan office furniture, aspek harga harus Anda perhatikan. Ingin lebih laku? Jual kursi kantor dengan harga yang lebih murah.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini, kompetisi dalam industri office furniture semakin tinggi. Apalagi dengan pasar yang semakin mengglobal. Dibukanya keran ekonomi untuk menerima berbagai produk dari luar negeri jelas menjadi tantangan besar untuk pengusaha office furniture dari Indonesia. Berbagai produk tersebut tak hanya unggul dari segi kualitas, akan tetapi juga unggul dari segi harga. Karenanya, diperlukan kiat tersendiri untuk para pembuat mebel dari Indonesia.

kursi direktur nyamanSalah satu kiat yang mungkin bisa diterapkan adalah dengan beralih ke bahan yang lebih terjangkau. Di pasaran sendiri, harga kursi kantor secara umum berkisar di antara angka ratusan ribu rupiah. Beberapa malah ada yang dijual dengan harga jutaan rupiah. Bahan yang dipakai adalah bahan-bahan sintetis yang memang mahal. Tak heran, banyak yang kemudian mencari kursi kantor bekas, sebab merasa keberatan dengan harga kursi yang demikian tinggi itu. Celah seperti ini sejatinya bisa dimanfaatkan. Gunakan bahan yang lebih terjangkau dan jual kursi kantor Anda untuk konsumen yang daya belinya tidak begitu tinggi. Misalnya saja dengan pembuatan kursi dengan desain yang lebih sederhana. Pakai juga kayu olahan dan pelapis HPL di beberapa komponen kursi. Misalnya di bagian sandarannya.

 

Mengenal Lebih Dekat Kayu Olahan dan HPL sebagai Bahan Kursi Kantor Murah

Kayu olahan atau engineered wood merupakan salah satu jenis kayu yang terbuat dari kayu solid yang diolah sedemikian rupa. Kayu seperti ini bisa didapat dengan harga yang jauh lebih murah. Namun, kekurangan penggunaan kayu olahan adalah estetika bahan yang kurang menarik. Oleh sebab itulah, pemakaian kayu olahan perlu dikombinasikan dengan pelapis khusus seperti HPL.

High Pressure Laminate

HPL atau High Pressure Laminate merupakan pelapis yang berasal dari inovasi produk laminate berbahan plastik. Pelapis ini merupakan salah satu pelapis paling tahan lama dengan permukaan dekoratif yang menarik. Beberapa HPL dilengkapi dengan ketahanan khusus, misalnya resistensi terhadap api, bahan kimia, dan udara panas. Beberapa yang didesain khusus, juga bisa diaplikasikan pada permukaan lengkung dan cenderung memiliki ketahanan terhadap panas yang baik.

HPL diproduksi dengan teknik saturasi beberapa lapisan kertas kraft dengan resin fenolik. Berikutnya, lapisan dekor dengan gambar dan motif khusus diletakkan di atas kertas kraft sebelum akhirnya diberi tekanan kuat. Hasil dari proses ini, adalah berbagai lapisan yang terkombinasi satu sama lain akibat proses yang melibatkan suhu dan tekanan tinggi (lebih dari 1000 PS). Karena mengandung bahan fenolik sendiri, hasil akhir produk akan menyerupai pelapis yang sifatnya kaku.

Pada aplikasinya secara umum, HPL sering dipadukan dengan panel komposit menggunakan lem-lem khusus seperti Eva Phaethon. Dua bahan yang sering digunakan adalah MDF serta Particle Board. Keduanya dipilih karena dianggap tahan lama, memiliki sifat yang stabil, konsisten, dan menguntungkan secara ekonomi.

Keunggulan Kayu Olahan dan HPL untuk Jual Kursi Kantor yang Murah

Digunakan untuk membuat kursi kantor, berikut ini beberapa keunggulan kombinasi pemakaian kayu olahan serta High Pressure Laminate:

  1. Sebagaimana disebut di atas, kombinasi bahan ini akan memungkinkan Anda menjual office chair dengan harga yang terjangkau
  2. Dari segi ketahanan, memberikan resistensi yang baik terhadap berbagai faktor perusak
  3. Dari segi estetika, memberikan beragam pilihan warna dan motif

Hanya saja, kunci ketiga keunggulan di atas terletak pada bagaimana kita mengaplikasikan bahan tersebut. Semakin teliti dan cermat kita memasang HPL, maka semakin baik pula kualitas kursi kantor. Mengapa demikian? Sebab, HPL adalah lapisan yang berfungsi melindungi kayu olahan yang memang tidak begitu awet. Bila HPL tak diterapkan dengan baik, misalnya, mudah mengelupas, maka kayu olahan akan terekspos keluar. Padahal kayu olahan sangat mudah rusak terkena air, paparan kelembaban, dan bahan kimia.

Contoh Berbagai Model Kursi Kantor dengan Bahan HPL

kursi direktur hpl

Berkebalikan dengan anggapan orang, sebetulnya ada banyak model yang bisa dibuat dari kombinasi penggunaan HPL dengan kayu olahan. Misalnya,

  1. Kursi kantor ala kursi konvensional yang tidak portable
  2. Kursi kantor modern yang portable

Pada akhirnya, penggnaan kayu olahan dan HPL juga tidak perlu dilakukan untuk seluruh bagian office furniture. Bagian ini bisa diterapkan untuk beberapa elemen saja, seperti untuk bagian sandaran. Meskipun sepertinya hanya kecil, namun pemakaian bahan ini untuk elemen tersebut sudah akan mampu mengurangi biaya produksi Anda secara signifikan. Jadi Anda bisa jual kursi kantor yang lebih murah harganya.

Yuk, Buat Sendiri Kursi Kantor dengan Eva Phaethon

Meski menguntungkan, tetapi sebetulnya ada tantangan tersendiri dalam penggunaan kayu olahan dengan high pressure laminate. Salah satunya adalah mengenai perekatannya. Anda tidak bisa menggunakan lem kayu yang biasa dipakai untuk merekatkan veneer. Sekilas, veneer dan HPL memang sama-sama merupakan pelapis. Tetapi, keduanya memiliki sifat yang sangat berbeda. Veneer adalah pelapis kayu, sedangkan HPL adalah pelapis sintetis yang sifatnya mirip dengan plastik. Perekatan HPL ke kayu olahan membawa tantangan tersendiri karena lem yang dipakai harus mampu merekatkan bahan sintetis ala plastik ke kayu olahan yang porositasnya tinggi.

Solusi apa yang bisa diambil? Tentu saja menggunakan lem yang didesain secara spesifik untuk kebutuhan tersebut. Dan kami memiliki rekomendasi khusus bagi Anda yang ingin jual kursi kantor dengan kedua bahan itu.

Eva Phaethon

Adhesive yang kami rekomendasikan untuk perekatan HPL pada kayu olahan merupakan Eva Phaethon. Eva Phaethon adalah lem dengan formulasi dasar ethylene vinyl acetate. Proses penggunaan Eva Phaethon untuk merekatkan HPL sebenarnya tak berbeda dengan lem lainnya. Akan tetapi, proses perekatan ini dijamin memberikan hasil yang baik karena adhesive tersebut memang didesain untuk pengeleman beda sifat.

Berikut ini keunggulan lem Eva Phaethon dibanding adhesive yang lain:

  1. Daya rekat yang sangat kuat dan tidak mudah rusak
  2. Ikatan lem yang stabil
  3. Ikatan lem yang tidak mudah rusak oleh panas, kelembaban, ataupun air
  4. Kecepatan kering yang ideal sehingga proses produksi menjadi lancar
  5. Cover area lem yang luas sehingga hemat digunakan
  6. Solid content atau berat kering lem yang tinggi
  7. Tidak tebal sehingga lem bisa membuat High Pressure Laminate teraplikasikan secara rata
  8. Harganya sangat terjangkau

Lem ini juga mudah dipesan dengan cara online. Proses pemesanan bisa dilakukan secara langsung di website ini. Caranya, hubungi saja kontak CS kami yang nomornya tertera di atas. Mudah sekali, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera gunakan Eva Phaethon agar Anda bisa jual kursi kantor yang murah harganya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here