Tutorial Membuat Meja Lesehan Murah Meriah

1220
meja lesehan

Ingin membuat meja lesehan yang murah meriah? Langsung saja, simak langkah-langkahnya di bawah ini. Namun sebelumnya sediakankah berbagai perlengkapan sebagai berikut.

Alat dan Bahan

1. Potongan kayu untuk papan meja berupa MDF ya 45 cm x 90 cm, potongan untuk apron, 2 dengan 5 cm x panjang 80 cm, serta 2 lainnya 5 cm x panjang 35 cm, potongan kaki meja 35-40.
2. Lem Eva Phaethon
3. HPL pilihan. Pilih sesuai selera yang Anda sukla
4. Paku dan pukul
5. Berbagai alat woodworking standar

Langkah-langkah Membuat Meja Lesehan

Membuat Bagian Atas Meja

Siapkan papan permukaan meja dari MDF. Pastikan sudah terpotong dengan rapi. Pastikan juga bagian tersebut tidak kotor dan selalu kering.

Memasang Apron

Aplikasikan apron dengan jarak 5 cm dari sisi terluar produk. Gunakan lem kayu untuk melakukanya, perkuat dengan corner screw atau skrup siku.

Memasang Kaki Meja

Pasang kaki di bagian sudut apron dengan baut. Biarkan baut agak renggang supaya meja bisa ditarik ke dalam papan meja (terlipat). Ingat kaki tak boleh lebih tinggi dari panjang meja. Misal, karena panjang meja 100 cm, maka sebaiknya kakinya cukup 30 sampai 40 cm saja.

Finishing

Aplikasikan finishing tempel pada bagian papan permukaan meja lesehan. Caranya, gunakan lem pelapis khusus. Lem harus bisa merekatkan media dengan beda karakter. Untuk lem rekomendasi kami, silahkan baca di bawah ini. Yang jelas, pasca finishing tempel dilakukan, maka produk meja Anda sudah siap digunakan.

Gunakan Lem Andalan Eva Phaethon untuk Membuat Meja Lesehan

Untuk mengaplikasikan finishing tempel diperlukan bahan perekat berkualitas, sebagaimana disebut di atas. Dari tipe medianya sendiri, setidaknya ada dua jenis finishing tempel, yakni:

1. finishing tempel dengan media yang karakternya tak begitu berbeda
2. finishing tempel dengan media yang karakternya berbeda
Finishing tempel dengan media yang karakternya serupa bisa dilihat pada aplikasi veneer pada kayu olahan. Misalnya saja pada tripleks dan MDF. Veneer dan berbagai kayu olahan tersebut merupakan baban yang sama-sama terbuat dari kayu, sehingga bisa dilem dengan mudah. Hal ini berbeda bila kita menggunakan pelapis sintetis seperti HPL dan laminate yang lain. Karena HPL dan laminate sintetis seringkali tak memiliki porositas, karakternya menjadi begitu berbeda dengan kayu olahan yang porositasnya tinggi. Lem yang diaplikasikan harus mampu bekerja secara khusus. Sembarangan membeli lem bisa menyebabkan perekatan gagal. Misalnya saja karena lem malah “tenggelam” ke kayu olahan sehingga tidak berfungsi sebagai perekat sama sekali.

Untungnya, di zaman modern ini, berbagai inovasi telah berhasil diproduksi. Aplikasi finishing tempel dengan media beda karakter saat ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah. Gunakan saja lem yang memang didesain untuk kebutuhan tersebut, Eva Phaethon.

lem eva phaethon

Eva Phaethon merupakan ethylene vinyl acetate yang didesain khusus untuk finishing tempel beda karakter dan perekatan serupa yang lain. Lem ini dapat dipakai untuk membuat furniture, lantai, dinding HPL, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan lem yang tepat seperti ini, meja lesehan Anda pasti akan bisa dihasilkan dengan kualitas yang lebih baik.

Nah, demikianlah keterangan mengenai cara membuat meja lesehan. Tidak sulit bukan membat mebel ini. Terus update artikel di sini ya. Kami akan selalu hadir dengan berbagai tutorial menarik lain.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here