Eva Phaethon, Hadirkan Meja Rias Jati Lebih Murah

566
meja rias jati

Tectona grandis atau pohon jati pastinya merupakan pohon yang tidak asing dalam industri furniture. Berbagai mebel telah berhasil diproduksi dari material dasar ini. Salah satunya ialah meja rias jati. Sayangnya, harga mebel dengan kayu jati relatif tinggi. Bagaimanakah cara agar meja rias dengan keindahan jati bisa hadir dengan lebih menawan? Ssst… kami punya rahasia untuk Anda.

Mengenal Sekilas Vanity atau Meja Rias

Dalam bahasa Inggris, mebel seperti ini sering disebut sebagai vanity, tetapi kadang juga dinamakan dengan low boy, sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kita menyebutnya meja rias. Meja rias adalah mebel yang sebagaimana diindikasikan dalam namanya, menjadi fasilitas bagi kita untuk mematut diri ataupun orang lain. Biasanya, meja seperti ini dibuat untuk para perempuan. Tetapi sejatinya, meja rias bisa dipakai oleh kaum adam juga. Toh, para laki-laki juga perlu merias diri meskipun tidak sekompleks yang dilakukan perempuan bukan?

Sebagai meja untuk merias, mebel ini memiliki beberapa ciri khusus, antara lain:

  1. Hampir selalu memiliki bagian untuk cermin
  2. Memiliki bagian depan dan belakang. Bagian belakang meja biasanya dihadapkan pada dinding. Arah cermin menentukan mana bagian depan dan mana bagian belakang meja.
  3. Secara umum, memiliki tempat untuk meletakkan perlengkapan kosmetik
  4. Secara umum, memiliki tempat untuk menyimpan perlengkapan kosmetik
  5. Ada kalanya, hadir dalam satu set bersama dengan kursi untuk meja rias

Meja Rias Jati yang Memukau

Karena digunakan sebagai fasilitas untuk menggunakan makeup, aspek estetika penting diperhatikan dalam pembuatan meja rias. Apalagi, mengingat bahwa kebanyakan konsumen dan pembeli meja ini adalah kaum hawa. Ketelitian para perempuan dan selera mereka yang tinggi akan keindahan jelas perlu diperhatikan dalam pembuatan vanity.

Para pengrajin atau pembuat mebel sendiri, sebetulnya sudah menyadari perilaku konsumennya itu. Karenanya, meja ini sering hadir dengan tampilan yang menarik. Bahkan mungkin lebih menarik dari produk meja kebanyakan. Salah satu usaha yang sering diterapkan adalah menggunakan kayu yang berkualitas, misalnya jati.

kayu jatiJati, atau Tectona grandis, adalah spesies pohon yang tersebar di beberapa wilayah tropis. Di Indonesia, jati sangat banyak tumbuh dan ditemukan di pulau Jawa. Batang pohon jati dianggap sebagai material ideal untuk membaut meja, karena:

  1. Memiliki estetika atau keindahan yang menarik. Warna jati dan pola seratnya sangat khas dan memiliki daya tarik tersendiri.
  2. Merupakan kayu dengan kelas kuat 1
    Merupakan kayu dengan kelas awet I
    Kayu tahan terhadap hama baik itu serangga seperti rayap dan teter, ataupun jamur
    Mudah diolah

Di pasaran, terutama di Indonesia, meja rias jati merupakan produk yang diprimadonakan pasar. Kebanyakan orang, ketika ingin membeli mebel, termasuk meja rias, pasti akan mengutamakan meja dari bahan jati terlebih dahulu.

Namun demikian, di mana ada keunggulan, tentunya ada kekurangan juga yang harus diantisipasi. Meja rias dari kayu jati memang unggul di hampir semua aspek. Dari keindahan sampai keawetan, meja rias ini akan lebih baik dibanding meja rias dari kayu yang lainnya. Meskipun begitu, harga dari meja rias kayu jati sangatlah mahal. Bahkan trend harganya terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Mahal: Kekurangan Meja Rias Jati

Ada beberapa alasan yang sebenarnya menyebabkan meja rias kayu jati mahal. Pertama, tentu saja karena kualitas kayu jati yang sangat baik. Kedua, karena jumlah supply jati yang jauh lebih sedikit dari permintaan pasar. Akibatnya, jati menjadi kayu yang makin langka di pasaran. Harganya pun bisa dibilang ”melambung tinggi”. Kadangkala, memang ada alternatif pemanfaatan jati yang lebih murah. Namun jati-jati yang dimaksud biasanya merupakan kayu jati yang masih muda. Padahal, antara jati muda dengan jati tua, tidak bisa disamakan begitu saja. Kualitas jati tua jauh lebih baik dibanding kualitas jati muda dalam hampir semua aspek, mulai dari keindahan, estetika, kekuatan, ketahanan, dan lainnya. Selain itu, jati-jati muda pun diprediksi akan mengalami masalah yang sama dengan kayu jati tua. Sebab, secara umum, supply kayu untuk industri mebel di Indonesia masih sangat kurang.

Tips Membuat Meja Rias Jati yang Murah dan Supply Lancar

meja rias jati

Sebetulnya, ada trik tersendiri yang bisa kita lakukan di tengah kondisi ini. Namun tentu saja, harus ada beberapa kekurangan yang diterima. Salah satu trik yang bisa dilakukan, misalnya, adalah dengan memanfaatkan kombinasi kayu olahan dengan HPL motif jati. Harga produk meja rias bisa diturunkan secara signifikan karena perbedaan harga kayu jati dengan kayu olahan sendiri memang sangat besar. Selain itu, supply produk juga akan lebih lancar mengingat pasokan kayu olahan yang banyak, dan HPL yang tidak sulit dicari.

Menerapkan Desain Minimalis pada Meja Rias Jati HPL

Pemakaian HPL jati dengan kayu olahan dipastikan akan memberikan beberapa keuntungan seperti disebutkan di atas. Namun, ada juga kekurangan yang harus diterima. Salah satunya, adalah ukir-ukiran yang tak mungkin lagi bisa diterapkan pada meja dengan keindahan jati seperti ini.

Kayu olahan, baik itu particle hingga fiberboard, tentu tak bisa dijadikan ukiran sebagaimana jati. Karena itu, perlu ada aplikasi desain lain yang disukai pasar tapi memungkinkan dibuat dengan kombinasi kayu olahan serta High Pressure Laminate motif jati. Namun Anda tak perlu khawatir, pasalnya terdapat banyak desain non tradisional yang bisa diterapkan. Misalnya:

  1. Modern
  2. Minimalis
  3. Kontemporer
  4. Futuristic
  5. Asian

Meja rias jati HPL dengan desain minimalis, misalnya, pasti akan disukai pasar. Sebab gaya minimalisme memang populer di masyarakat. Gaya minimalis sendiri sangat memungkinkan dibuat dengan bahan dasar kayu olahan. Sebab, gaya ini tidak membutuhkan keindahan dari ukiran dan sejenisnya. Malah, minimalisme menolak detil-detil dekorasi seperti ukiran. Begitu juga style design furniture lainnya yang disebut di atas. Gaya modern, kontemporer, futuristic, hingga gaya asian juga bisa dibuat tanpa membutuhkan detil-detil dekoratif.

meja rias jati hpl

Yang Anda perlukan hanyalah memastikan HPL bisa teraplikasikan dengan baik pada kayu olahan. Apakah menerapkan HPL pada kayu olahan terhitung sulit? Tidak juga, sebenarnya. Tetapi agar aplikasi HPL benar-benar rapi, dibutuhkan keterampilan yang baik. Lem yang dipakai juga harus adhesive khusus seperti Eva Phaethon. Anda tidak akan bisa mengelem pelapis sintetis seperti HPL dengan sembarang lem, termasuk lem laminasi yang biasa dipakai untuk merekatkan veneer. Perlu lem yang sangat spesifik, dan adhesive yang kami sarankan adalah Eva Phaethon.

Cara Memesan Eva Phaethon

lem eva phaethon

Pembelian Eva Phaethon bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan di atas. Kirimkan format pesanan Anda meliputi nama, produk lem yang ingin dibeli, jumlahnya, dan alamat pengiriman. Eva Phaethon akan membantu Anda menghasilkan produk meja rias jati yang lebih murah dengan keindahan menawan.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here