Bisnis Decoupage Art Sangat Tergantung pada Kualitas Lemnya!

377
meja decoupage

Decoupage art atau seni decoupage merupakan suatu karya yang dibuat dengan menempelkan kertas dengan gambar atau warna menarik pada sebuah media. Kertas yang dipakai bisa berupa kertas biasa yang kita kenal (seperti kertas dari majalah atau koran) maupun kertas khusus berupa napkin decoupage. Dengan lem, kertas tersebut direkatkan kemudian di atasnya difinishing dengan clear varnish.

meja decoupageDari teknik ini, nantinya bisa dihasilkan berbagai macam benda yang sangat menarik. Misalnya saja kotak perhiasan, meja yang permukaannya di-decoupage, toples makanan, hingga kaleng camilan. Di pasaran sendiri, industri decoupage sudah mulai dikenal orang. Bisa dikatakan, prospek bisnis decoupage art sangat menjanjikan. Apalagi cara pembuatannya pun sebenarnya sangat mudah karena hanya memerlukan teknik sederhana dan peralatan yang mudah didapat.Berikut ini contoh alat-alat yang dibutuhkan dalam teknik decoupage:

1. Media yang akan di-decoupage

2. Kertas atau gambar dari majalah, koran, maupun napkin khusus

3. Perlengkapan tulis menulis

4. Cutter dan gunting

5. Lem yang bagus

6. Cat dasar dan cat warna (opsional)

7. Kuas

8. Top coat atau pernis bening

Kualitas decoupage yang dihasilkan nantinya tergantung pada keterampilan kita sekaligus kualitas alat dan bahan yang dihasilkan. Agar lebih menarik, biasanya ditambahkan efek-efek khusus seperti pemberian finishing yang mendukung maupun bahan-bahan tambahan seperti daun kering. Terkait alat dan bahan ini, salah satu yang wajib diperhatikan adalah lem yang dipakai.

Lem, Salah Satu Tantangan Bisnis Decoupage Art

Pengaruh lem pada decoupage sangatlah penting. Pasalnya, selain sebagai perekat, lem juga berpengaruh pada estetika kerajinan ini. Masalah glue line misalnya. Lem-lem di pasaran tak semuanya bisa dipakai untuk decoupage karena memiliki warna yang bisa membuat kerajinan ini terlihat buruk. Sehingga pemilihan lem harus diperhatikan dengan baik.

Tips dari kami, untuk lem yang cocok pada decoupage, Ultra Phaethon bisa digunakan. Selain kuat dan warnanya transparan, lem ini juga relatif lebih murah. Dengan kualitas yang ditawarkan, harganya juga sangat terjangkau dibanding adhesive lain di pasaran, yakni hanya Rp. 44.000,-/ 1 kg saja. Murah bukan?

Selain lem, tentu alat dan bahan lainnya juga perlu diperhatikan. Clear varnish misalnya. Yellowing adalah salah satu persoalan utama dalam pemilihan clear varnish yang baik. Efek yellowing ini bisa membuat decoupage kurang bening. Pada intinya, ketepatan kita memilih bahan, baik itu lem maupun cat pasti punya pengaruh besar pada kualitas decoupage art yang dihasilkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here