Apa itu HPL? HPL adalah Solusi Terbaik untuk Kayu Olahan

1565
layer hpl

Pelapis dekoratif bukan hanya menarik namun juga memiliki banyak fungsi. HPL adalah salah satunya. Sebagai pelapis media, bahan ini sangat tahan lama, bahkan bisa dibilang “the most durable among others”. Saat Anda ingin menciptakan keindahan pada MDF hingga HDF, HPL adalah solusi terbaiknya.

Contoh bagian-bagian HPL
Contoh bagian-bagian HPL

Pengertian

HPL merupakan singkatan dari High Pressure Laminate. Dari definishinya HPL ialah pelapis berupa lembaran yang terbuat dari kertas kraft dan melamine yang diproses sedemikian rupa. HPL sebagaimana disebut di atas memiliki dua fungsi. Pertama fungsi dekorasi, dan yang kedua fungsi proteksi.

Cara Pembuatan dan Komponennya

Cara pembuatan HPL melibatkan proses bertekanan dan bersuhu tinggi di mana dikombinasikan kertas kraft yang sudah dibuat khusus dengan melamine (kertas dekoratif). Kertas dekoratif akan secara permanen terikat pada kertas kraft dan menciptakan visual sangat menarik.

Ada beberapa komponen HPL. Bagian pertama adalah bagian overlay yang terbuat dari serat alfa selulosa dari kayu-kayu lunak. Kayu tersebut diproses terlebih dahulu sehingga lignin-nya hilang dan hanya menghasilkan material serat selulosa. Selanjutnya juga terdapat kertas overlay yang mirip dengan saringan kopi. Keindahan HPL tergantung bagian dekoratifnya. Kertas dekorarif ini menggunakan bahan alfa selulosa yang warnanya tidak rusak ketika dipanaskan dalam suhu tinggi. Tampilan warna solid biasanya memanfaatkan Titanium Dioksida yang aman digunakan. Sedangkan visual cetak selain menggunakan Titanium Dioksida, umumnya juga memanfaatkan beberapa pigmen warna. Adapun bagian kertas kraft-nya terbuar dari kayu baik yang lunak atau keras. Bagian inilah yang memberikan kekuatan pada HPL. Adapun resin melamine disaturasikan pada kertas yang bisa meningkatkan kekerasan serta ketahanan.

Apa Fungsi HPL?

furniture hpl

HPL adalah bahan yang multifungsi. Benda-benda yang kerap dicoating dengan high pressure laminate antara lain:

1. Wall paneling

2. Kabinet dapur

3. Meja dan berbagai furniture, terutama modern furniture serta furniture kantor

4. Lantai

5. Pintu

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan HPL?

furniture hpl

Ada dua hal yang setidaknya perlu diperhatikan kala menggunakan HPL.

1. Cara aplikasi. HPL adalah bahan yang susah-susah gampang digunakan. Memasangnya memang mudah, tapi memasangnya dengan rapi tidaklah mudah.

2. Lem yang digunakan. Pilih lem yang sesuai untuk HPL. Misalnya lem yang khusus dibuat untuk HPL Eva Phaethon.

Dari uraian di atas, bisa dikatakan bahwa HPL adalah bahan yang memiliki fungsi vital pada industri mebel dan bangunan belakangan ini. Apalagi ketika berbagai industri tersebut kerap mengandalkan kayu olahan. Akan tetapi penggunaan HPL harus dilakukan dengan cermat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here