Di Sini, Mari Mengenal HPL adalah Pelapis Serbaguna

738
kabinet dapur dengan hpl

Apa itu HPL? Yuk, mari mengenal HPL adalah sebagai salah satu bahan yang banyak digunakan di berbagai industri furniture. Material ini dinilai praktis dan bisa memberikan beragam manfaat. Namun dalam aplikasinya, HPL atau High Pressure Laminate tetap memerlukan bahan lain sebagai pendukung. Salah satu bahan yang paling penting ialah lem kayu laminasi Crossbond X4.

kabinet dapur dengan hpl

Sekilas mengenai HPL dan Manfaatnya

Yang dimaksud HPL atau High Pressure Laminate ialah produk yang dibuat dengan mempersatukan kertas kraft dalam resin fenolik. Kertas kraft beberapa lapis ini kemudian ditambah dengan kertas dekoratif yang memiliki corak atau warna tertentu. Selanjutnya, sebagai pelindung terdapat kertas tambahan yang kadang juga memiliki pola desain tertentu. Dari proses ini akan dihasilkan lembaran khusus yang memiliki dua fungsi. Kedua fungsi tersebut adalah fungsi perlindungan, dan berikutnya adalah fungsi dekoratif.

Mari Mengenal HPL adalah Material Serbaguna

HPL biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pelapisan furniture, kabinet dapur, bangunan, hingga lantai. Aplikasinya sendiri sering dilakukan pada kayu olahan seperti MDF dan kayu lapis. Anda akan sangat sering menemukan produk dengan HPL pada perabot perkantoran hingga perumahan modern.

Perlunya Adhesive untuk HPL yang Baik

Penggunaan HPL tak akan bisa dilakukan tanpa lem. Adhesive sudah seperti bahan krusial dalam penerapan HPL. Oleh sebab itulah, memilih adhesive untuk material ini sebaiknya dilakukan dengan cermat.

Tipe lem untuk HPL sendiri termasuk tipe lem laminasi. Dengan demikian, Crossbond yang bisa digunakan adalah Crossbond X4. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Crossbond X4. Namun dua hal yang hampir tak bisa dimiliki adhesive lain adalah tingkat kekuatannya yang berkombinasi dengan keamanannya. Sebab di pasaran, biasanya lem yang kuat cenderung kurang aman. Sedangkan lem yang aman cenderung kurang kuat.

Adhesive Crossbond X4 yang merupakan PVAc waterproof telah memiliki standar food grade. Lem ini juga memiliki daya rekat sangat baik dan telah teruji bisa digunakan untuk kebutuhan heavy duty seperti perekatan lantai.

Berapa Harga Lem untuk HPL Crossbond?

Dengan berbagai kualitasnya tersebut, Crossbond menjadi lem HPL andalan. Namun berapakah harga adhesive ini? Tentu, sebaik apapun sebuah produk, namun bila harganya mahal, bukankah akhirnya tak bisa kita gunakan juga?

Untungnya, harga lem untuk HPL Crossbond sangat terjangkau. Untuk Crossbond X4, Anda bisa mendapatkannya mulai harga Rp. 50.000,-. Dari nominal ini, Anda sudah bisa mengelem banyak HPL dengan kualitas perekatan yang sangat baik.

Sangat menarik bukan? Siapa sangka meski kualitasnya bagus, namun harga jual lem untuk HPL ini begitu murah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here