DIY Membuat Kotak dengan Lem Kayu untuk Finger Joint yang Bagus

605
merekatkan

Kata siapa semangat DIY hanya dimiliki bangsa barat? DIY atau Do It Yourself bisa dilakukan siapa saja, termasuk Anda. Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengajak Anda ber-DIY membuat kotak dengan lem kayu untuk finger joint yang bagus, Crossbond!

finger joint cantik

Crossbond masih menjadi pilihan lem andalan kami karena memiliki daya rekat hingga ketahanan yang baik. Yuk, simak langkah-langkah pengaplikasiannya untuk pembuatan kotak di bawah ini.

DIY Membuat Kotak dengan Lem Kayu untuk Finger Joint Terbaik

Persiapan

Kumpulkan semua alat maupun bahan yang diperlukan. Sediakanlah papan kayu yang akan digunakan, finishing (cat maupun biopolish), lem kayu Crossbond, amplas, kuas, table saw, penggaris, alat tulis, hingga kain.

Pemotongan Kayu

Potong papan kayu yang Anda sediakan sesuai rancangan ukuran kotak. Amplas kayu dan pastikan permukaan maupun pnggirnya sudah kering dan lebih rata. Setelah itu, buatlah “finger” atau jari dengan table saw. Tetapkan ukuran yang tepat. Sehingga nantinya jari-jari ini bisa saling menangkupkan satu sama lain.

memotong finger joint

Pengeleman

Gunakan lem kayu untuk finger joint yang bagus Crossbond pada jari-jari dan celah jari sambungan tersebut. Pastikan pengolesannya merata dengan kuas atau alat lainnya yang bisa digunakan.

Perekatan

Rekatkan jari-jari pada kayu Anda.

merekatkan

Clamp Press

Dengan clamp press, pastikanlah posisi kotak yang direkatkan lebih kuat. Setel dengan kekuatan dan lama clamping yang sesuai.

Finishing

Langkah ini dilakukan untuk membuat finger joint lebih cantik. Aplikasi cat sendiri bisa dipilih berdasarkan beberapa opsi. Misalnya aplikasi cat warna pastel yang berbeda. Untuk itulah, sebaiknya pengecatan dilakukan sebelum pengeleman dilakukan. Sedangkan pilihan lainnya misalnya mengaplikasikan cat secara merata. Bila ini yang Anda pilih, maka Anda bisa melakukannya setelah semua proses selesai.

Begitulah cara mudah membuat kotak dengan Crossbond. Sama sekali tak sulit bukan? Sesuai dengan jargon DIY, Anda pun bisa membuatnya seorang diri. Yang perlu Anda fokuskan ialah desainnya agar box atau finger joint kelihatan lebih menarik. Sedangkan untuk kekuatannya, sediakanlah selalu lem kayu untuk finger joint yang bagus, yakni Crossbond.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here