Pembuatan Panel hingga Furniture dengan Lem Kayu untuk Finger Joint

624
finger-jointed

Salah satu sambungan yang banyak diterapkan di industri woodworking adalah finger joint atau biasa juga bisa disebut box joint. Tipe sambungan ini memerlukan lem kayu untuk finger joint yang tepat. Adhesive yang dipilih harus memenuhi syarat-syarat khusus seperti:

kotak finger joint (2)

Kekuatannya Bagus

Aspek kekuatan atau daya rekat sudah pasti menjadi poin utama yang harus Anda perhatikan. Meskipun finger joint dikenal sangat kuat karena cengkeraman antar “jarinya”, namun dengan aplikasi lem yang kuat, maka kestabilan posisi sambungan akan lebih baik lagi.

Kecepatan Kering Tepat

Lem yang terlalu cepat kering maupun lem yang terlalu lambat kering sama sekali tidak kami rekomendasikan. Lem yang lambat kering akan menghambat proses produksi. Sedangkan lem yang terlalu cepat kering bisa menyebabkan gagalnya pengeleman karena area yang harus diolesi lem pada boks joint termasuk banyak. Bayangkan saja lem sudah kering sebelum bagian lain terolesi. Tidak mengenakkan bukan? Oleh sebab itulah, pemilihan lem harus diperhatikan dan ditujukan untuk memperoleh adhesive yang kecepatan keringnya tepat.

Viskositas Medium, Tak Sebabkan Lapisan Film Lem

finger-jointedLapisan film sering terbentuk pada jenis lem yang sulit meresap ke dalam kayu. Kesulitan meresap ini bisa dikarenakan sifat kandungan lem itu sendiri hingga kekentalannya yang terlalu tinggi. Jadi, pastikanlah membeli lem dengan viskositas medium dan sifatnya yang mudah meresap.

Tidak Menyebabkan Warna pada Garis Pengeleman

Garis pengeleman atau zona di mana dua kayu dipertemukan seringkali bermasalah karena adanya warna kontras dari lem yang diterapkan. Pada finger joint, lem yang menyebabkan glue line akan membuat kondisinya makin parah. Pasalnya, garis lem pada tipe sambungan ini termasuk panjang dan jelas berliku-liku. Oleh sebab itulah, benar-benar diperlukan lem untuk finger joint yang tidak menyebabkan glue line.

Penggunaan Lem Kayu untuk Finger Joint

Dengan mempertimbangkan berbagai poin di atas, tentu persentase keberhasilan aplikasi finger joint akan makin besar. Tipe sambungan yang multifungsi ini pun akan membantu Anda mewujudkan berbagai macam produk kayu. Sebagaimana yang kita tahu, finger joint bisa diaplikasikan pada produk seperti panel maupun mebel. Jadi, bila kita bisa menemukan kunci keberhasilan aplikasi wood joint ini, tentu manfaatnya akan sangat banyak.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here