Tips serta Cara Membuat Kerajinan dari Daun Kering untuk Frame

2889

Limbah daun kering rupanya bisa digunakan untuk memproduksi aneka kerajinan tangan yang sangat menarik. Ingin mencoba membuatnya? Berikut ini kami contohkan cara membuat kerajinan dari daun kering beserta beberapa tips bermanfaat.

Pada artikel ini, akan dibuat frame sebagai contoh kerajinan dari daun kering. Untuk tipe kerajinan tangan dari daun kering lainnya (misalnya yang berupa lukisan), bisa Anda baca pada artikel kami yang terdahulu. Nah, untuk memulai proses pembautan frame dengan keindahan daun kering, mulailah dengan menyiapkan alat serta bahan sebagai berikut.

Alat dan Bahan

1. Daun kering dengan bentuk serta pola yang Anda inginkan. Pilihlah daun yang tak tebal dan berair yang sulit dikeringkan.

2. Silica natural Bio Industries

3. Lem khusus kerajinan Ultra Phaethon

4. Figura yang akan dihias dengan daun kering. Anda bisa juga membuatnya sendiri dari kayu bekas seperti tripleks.

5. Hiasan tambahan sesuai pola yang Anda inginkan.

6. Kuas.

7. Kain lap dan air untuk menghapus noda lem.

8. Pemotong.

Cara Membuat Kerajinan dari Daun Kering untuk Figura

1. Tentukan desain atau rancangan figura atau frame yang ingin Anda buat. Ada beberapa ide yang bisa ditiru, misalnya saja dengan memanfaatkan daun menjari (seperti tebu-tebuan hingga pandan) maupun dengan membentuk motif tertentu.

2. Bentuk daun sesuai pola yang Anda inginkan. Bersihkan.

3. Keringkan daun kering. Anda bisa mengangin-anginkannya, namun kami menyarankan pengeringan dengan silica natural Bio Industries. Sebab bila hanya dianginkan, prosesnya selain lama juga rentan membuat daun berjamur. Untuk menggunakan silica gel sendiri caranya sederhana sebab Anda hanya perlu menimbun daun dalam bahan tersebut pada suatu wadah yang wajib tertutup. Tunggu hingga daun benar-benar mengering, dan pastikan wadah selalu tertutup supaya silica tidak menyerap kelembaban dari udara luar.

4. Ambil daun yang sudah kering. Olesi dengan Ultra Phaethon, selanjutnya rekatkan sesuai desain yang ingin diwujudkan. Tambahkan juga hiasan yang lainnya.

5. Tunggu hingga lem mengering.

6. Selesai!

Tips Supaya Frame Daun Kering Lebih Menarik

1. Pastikan untuk menentukan desain frame-nya terlebih dahulu.

2. Pilih daun yang tipis dan tidak berair. Pastikan juga daun tersebut tidak terlalu kecil. Daun yang ukurannya terlampau kecil bisa rusak saat dikeringkan.

3. Hindari daun tua kering yang sudah gugur.

4. Anda bisa mewujudkan aneka pola cantik pada figura misalnya hewan-hewan hingga pemandangan.

5. Pastikan selalu menggunakan lem khusus seperti Ultra Phaethon.

ULTRA-PHAETHON

Bagaimana? Tertarik membuat sendiri kerajinan dari daun kering untuk menghias frame? Ayo segera ikuti langkah-langkah cara membuat kerajinan dari daun kering untuk frame di atas.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here