Buat Bambu Fence Harus dengan Lem untuk Laminasi Bambu Outdoor

1705
pagar bambu

pagar bambu

Ada satu kriteria peting yang tak bisa diabaikan saat Anda hendak membuat pagar bambu atau bamboo fence. Kriteria tersebut adalah kriteria ketahanan pada lem yang digunakan. Lem harus berasal dari jenis lem untuk laminasi bambu outdoor yang bagus.

Mengapada demikian?

Pasalnya, tentu tak lain karena pagar bambu digunakan di luar ruangan. Penggunaan lem yang sifatnya kurang tahan cuaca jelas akan menyebabkan kualitas pagar juga semakin memburuk. Sebab, lem memiliki peran yang sebenarnya krusial meski kerap disepelekan. Lem berguna agar bagian-bagian bambu pada pagar lebih menyatu dan stabil. Dengan demikian, pagar bambu juga akan lebih awet dibanding pagar bambu lain yang sekiranya tidak menggunakan adhesive.

Tetapi bagaimana caranya mendapat lem dengan kualifikasi bagus sebagai perekat pagar bambu? Tentu ada kriteria yang harus diperhatikan.

Kriteria Ideal untuk Memilih Lem untuk Laminasi Bambu Outdoor

bambu

Poin tahan cuaca sebenarnya bisa dipecah menjadi beberapa poin lebih spesifik, yakni:

Tahan Air

Lem tahan air artinya lem tidak rusak bila terkena kelembaban maupun guyuran hujan. Lem seperti ini sangat bervariasi mulai dari lem berbasis solvent maupun berbasis air. Benar! Lem berbasis air pun bisa jadi lebih tahan dibanding lem solvent. Sebab bisa saja formulasi lem berbasis air dimodifikasi sedemikian rupa agar menghasilkan adhesive tahan air.

Tahan Panas

Lem outdoor harus tahan panas serta paparan gelombang cahaya matahari. Sehingga fungsi adhesive bisa dipertahankan dalam waktu lebih lama.

Tahan Solvent

Selain air, lem sebaiknya juga tahan solvent. Pasalnya, meski kehadirannya di alam tak intensif seperti air, namun seringkali bahan ini digunakan manusia.

Tahan Fluktuasi Keadaan

Bukan hanya tahan satu faktor, ketahanan terhadap perubahan pun juga diperlukan. Jadi, jangan berprasangka bahwa lem tahan air dan tahan panas saja cukup untuk kriteria tahan cuaca. Bisa dibilang, kualitas tahan cuaca memang termasuk jarang dimiliki adhesive di pasaran. Hanya lem tertentu seperti Crossbond X4 yang memiliki poin unggulan itu.

Lem untuk Laminasi Bambu Outdoor
Lem untuk laminasi bambu

Dengan berbagai kriteria di atas, barulah sebuah adhesive bisa disebut lem untuk laminasi bambu outdoor yang bagus. Adhesive seperti ini pun bisa digunakan untuk beragam fungsi lainnya termasuk saat pemasangan lantai decking.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here