Memperbaiki Brigde Gitar Akustik Harus dengan Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

4226
bridge lepas

bridge lepas bisa diatasi dengan Lem Kayu untuk Gitar yang TepatBridge gitar akustik yang rusak tentu akan jadi masalah serius. Salah satu penyebab persoalan ini adalah karena lepasnya perekatan lem kayu untuk gitar yang diaplikasikan. Bila tidak segera diatasi, berbagai kerusakan yang terjadi akan bertambah parah. Misalnya, kerusakan finishing karena bridge yang lepas hingga tercerabutnya kayu pada permukaan body gitar karena tekanan ke atas akibat lem yang tak berfungsi dengan baik.

Melemahnya daya rekat lem sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Suhu yang panas

Tanpa kita sadari, suhu bisa merusak lem pada gitar termasuk di bridge-nya. Hal ini biasanya terjadi bila lem yang digunakan pada gitar tak memiliki ketahanan yang baik pada panas. Akibatnya secara berangsur daya rekat lem akan mulai meleham dan hilang.

Terpapar solvent

Beberapa jenis lem mudah larut dalam solvent. Sehingga paparan solvent akan menyebabkan kerusakan parah. Solvent adalah jenis pelarut dari bahan fosil. Contohnya, thinner, spiritus, hingga berbagai pelarut minyak lainnya.

Terpapar air dan kelembaban dalam jumlah intens

Selain terpapar solvent, lem juga bisa rusak akibat terkena paparan air atau kelembaban terus-menerus. Apalagi bila lem terkait tidak memiliki ketahanan terhadap faktor ini.

Kualitas kekuatan lem untuk gitar yang buruk

gitarSelain ketahanan yang rendah, penyebab lepasnya bridge gitar juga bisa berasal karena lemnya memang tidak memiliki daya rekat yang baik. Sehingga biarpun lem sudah tahan solvent sampai air, namun tetap saja bridge mudah lepas. Ada baiknya, kita membaca dulu rekomendasi pemakaian lem. Hindari membeli lem untuk kebutuhan yang perekatannya lebih rendah dibanding untuk gitar.

Kurangnya jumlah lem yang diaplikasikan

Hal lain yang tak bisa diabaikan adalah cara penerapan lem. Tak jarang, kekuatan dan daya tahan lem sebenarnya sudah bagus. Namun produk tersebut diaplikasikan dengan tidak tepat. Misalnya terlalu sedikit mengaplikasikannya. Sehingga pada akhirnya, bridge menjadi mudah lepas dari tubuh gitar.

Tentu tak ada yang ingin mengalami berbagai persoalan yang disebut di atas. Oleh sebab itulah pemilihan lem gitar akustik harus diperhatikan dengan seksama. Untuk lebih jelasnya, kami akan membantu Anda memilih jenis lem yang tepat untuk gitar pada artikel selanjutnya. Tunggu update kami berikutnya, ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here