Apa ya Lem untuk Vynil yang Bagus?

324
wallpaper pvc

Anda sedang mengerjakan proyek yang melibatkan bahan vinyl? Bingung mencari perekat atau lem yang tepat? Tak perlu khawatir! Di artikel ini, kami akan sarankan adhesive atau lem untuk vinyl yang bagus namun harganya tetap murah.

Era modern telah mengubah berbagai hal dalam hidup kita. Saat ini, material-material sintetis mulai banyak digunakan. Salah satu yang paling sering kita gunakan namun jarang diketahui masyarakat awam adalah vynil. Apa itu vynil?

Istilah tersebut sebenarnya bisa merujuk ke beberapa produk sekaligus. Ada yang merujuk pada grup senyawa vynil atau hanya pada PVC atau polyvinyl chloride saja. Secara awam, biasanya yang dimaksud ketika orang menyebut istilah ini adalah PVC. Nah, pada artikel ini pun kami mengikuti pemahaman yang berkembang di masyarakat tersebut.
Vynil sendiri merupakan bahan yang bisa digunakan untuk berbagai hal mulai dari pembuatan pipa air sampai pelapis dinding dan lantai bangunan. Penggunaan vynil atau PVC ini bukannya tanpa alasan. Ia memiliki beberapa keunggulan khas yang ditawarkan oleh bahan sintetis. Misalnya, mulai dari supply-nya yang banyak, harganya yang terjangkau, dan penggunaannya yang bisa diandalkan untuk berbagai bidang kehidupan.

Dua Jenis Vynil

Berdasarkan wujudnya, setidkanya kita bisa membedakan vynil menjadi dua varian.

  1. Varian pertama adalah PVC yang sifatnya solid. Tipe ini umumnya digunakan untuk membuat pipa, daun jendela, hingga daun pintu.
  2. Varian kedua adalah PVC yang lebih fleksibel. Varian ini biasanya diformulasikan dengan tambahan plasticizer seperti ftalat. Contohnya adalah aneka produk flooring hingga dinding untuk bangunan.

Meskipun sangat multifungsi, tak dapat dipungkiri pula bahwa bahan ini butuh bahan lain dalam penggunaannya. Salah satu bahan yang begitu diperlukan pada pemanfaatan vynil adalah lem atau bahan perekat. Ya, sebagaimana material sintetis seperti plastik, rupanya dalam berbagai kebutuhan, material ini tetap membutuhkan adhesive. Apalagi untuk kebutuhan vynil yang fleksibel. Misalnya aneka pelapis seperti wallpaper berbahan dasar PVC.

vynil

Adhesive diperlukan untuk merekatkan pelapis PVC tersebut pada bahan yang lain. Misalnya saja untuk aplikasi material berbasis vynil pada material berbasis alami seperti MDF, HDF, particle board, kayu lapis, dan sejenisnya.

Diperlukan Lem untuk Vynil yang Bagus

Aplikasi vynil membutuhkan lem yang bagus sebagaimana telah diterangkan di atas. Karenanya, bagi Anda yang menggunakan bahan berbasis vynil, pastikan lem yang dipakai harus berkualitas. Pasalnya, lem akan berpengaruh pada berbagai aspek pada produk yang Anda buat. Lem akan mempengaruhi estetika produk, kekuatan strukturnya, sampai keawetan produk terkait.

Lem untuk vynil apa yang sebaiknya digunakan? Ada banyak lem di pasaran dan berbagai opsi tersedia untuk Anda pilih. Namun pertama-tama, belilah terlebih dahulu lem yang cocok dengan bahan ini. Ingat, vynil bukan kayu. Karenanya, bahan ini tak bisa dilem dengan lem kayu. Lem kayu tak akan cocok dengan vynil. Apalagi lem kayu berjenis PVAc atau lem putih. Barulah setelah menetapkan jenis lem yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan faktor yang lain.

Eva Phaethon

Memperhatikan berbagai kriteria di atas, lem yang kuat untuk dinding atau material lain agar vynil bisa menempel adalah Eva Phaethon. Eva Phaethon merupakan lem berbasis ethylene vinyl acetate. Lem ini bisa digunakan untuk mengelem berbagai media termasuk media dengan sifat yang berlawanan satu sama lain.

lem eva phaethon

Di pasaran sendiri, lem dengan sifat seperti Eva Phaethon masih jarang. Kalaupun ada, kami masih tetap merekomendasikan Eva Phaethon karena secara umum ia lebih unggul dibanding adhesive lainnya.

Berbagai Kelebihan Lem Eva Phaethon

Untuk kebutuhan perekatan vinyl, lem yang paling baik digunakan memang lem Eva Phaethon. Apa saja sebetulnya yang menjadi keunggulan lem Eva Phaethon?

  1. Sebagai lem untuk perekatan berbagai media, daya rekatnya sangat pas. Daya rekatnya berada di antara daya rekat lem sejenis lainnya. Pasalnya, lem ini kami desain untuk kebutuhan yang lebih profesional, misalnya perekatan wallpaper, PVC, dan pelapis sintetis lainnya.
  2. Bisa digunakan untuk merekatkan media dengan karakter berbeda bahkan sangat berlainan
  3. Lem ini tidak mudah rusak. Ikatan yang diciptakan oleh Eva Phaethon tak mudah mengalami kerusakan karena paparan berbagai faktor seperti panas, kelembaban, siraman air, hingga siraman minyak.
  4. Lem ini memiliki solid content tinggi sehingga lebih hemat digunakan
  5. Kecepatan kering lem yang sangat ideal
  6. Mudah digunakan
  7. Tidak menyebabkan kerusakan warna pada kertas
  8. Lebih hemat digunakan

Lem ini bisa Anda pesan secara langsung di lemkertas.com sekarang juga. Silahkan hubungi kontak Customer Service kami segera! CS kami akan memandu Anda melakukan pemesanan sampai memastikan Eva Phaethon sampai di alamat pengiriman yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lem untuk vynil ini di berbagai marketplace. Kami menyadari bahwa banyak pelanggan yang sudah begitu terbiasa belanja di toko online. Karenanya, kami pun hadir di berbagai toko online tersebut untuk kemudahan Anda.

dinding pvc

Ingin membeli secara langsung? Kenapa tidak

Anda bisa melakukan pembelian Eva Phaethon di Bio Service Point. Sampai saat ini, Bio Service Point telah dibuka di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Dengan belanja secara langsung, Anda pun bisa bertatap muka dengan Customer Service dan teknisi kami. Namun tentu saja, baik pembelian langsung atau tak langsung, kami akan memberikan yang terbaik untuk Anda.

Kesimpulan

Salah satu material yang di era modern ini sering digunakan adalah vynil. Istilah tersebut merujuk pada banyak bahan. Namun yang paling awam digunakan adalah pemahaman bahan tersebut sebagai PVC atau polyvinyl chlorid. Bahan ini bisa berwujud dalam dua bentuk. Yang pertama adalah vynil dalam wujud solid. Varian ini banyak digunakan untuk membuat pipa, pintu, hingga jendela. Sedangkan varian yang kedua adalah yang fleksibel. Tipe ini biasanya digunakan untuk membuat lantai hingga dinding kayu. Dalam banyak aplikasinya, terutama varian kedua, material ini perlu direkatkan pada media lain. Masalah akan timbul bila hasil penempelan tak berhasil dengan baik. Selain metode, lem yang digunakan untuk vynil juga harus tepat. Pertama, lem harus secara spesifik bisa dipakai untuk merekatkan material itu. Berikutnya, aspek-aspek seperti daya rekat dan ketahanan tak bisa dikesampingkan. Lem yang bisa Anda gunakan untuk bahan ini adalah Eva Phaethon. Ethylene vynil acetate based glue ini didesain untuk perekatan berbagai media, termasuk media sintetis seperti vynil. Eva Phaethon juga unggul karena memiliki daya rekat yang sangat baik, tak mudah rusak, mudah digunakan, dan lebih ramah lingkungan. Anda juga bisa memesan lem ini secara langsung di lemkertas.com.

Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus informasi menarik lainnya selain pembahasan mengenai lem untuk vinyl di lemkertas.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here