Bikin Meja Unik, Yuk Gunakan Lem Kertas untuk Decoupage Furniture!

822
meja decoupage

Akhir minggu tak ada kegiatan apa-apa? Yuk, coba bikin meja di rumah jadi lebih unik! Mudah saja caranya. Anda tinggal menyediakan kertas-kertas gambar cantik, clear varnish Bio Colours, dan tentu saja lem kertas untuk decoupage furniture, Ultra Phaethon.


Alat dan Bahan

Secara umum, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah napkin decoupage atau kertas biasa yang punya gambar yang Anda sukai, gunting, alat tulis dan penggaris, lem, top coat, amplas, dan kuas. Namun agar hasil pekerjaan Anda lebih baik, berikut ini kami berikan tips memilih alat dan bahan tersebut.

Top Coat atau Clear Varnish (Pernis)

Top coat atau clear varnish adalah bahan finishing bening yang biasanya diaplikasikan pada bagian paling atas atau akhir pengecatan. Top coat tersedia dalam berbagai tingkat kilau ada yang glossy, doff, hingga matte. Perhatikanlah tingkat kilau ini ketika Anda membelinya. Pilih yang menurut Anda cocok dengan bayangan Anda akan hasil meja decoupage yang dibuat. Merk top coat yang kami sarankan adalah top coat dari Bio Industries. Sebab produk tersebut sudah merupakan cat water based dan secara umum kualitasnya cocok untuk kebutuhan seperti ini.

Lem

Lem yang kami rekomendasikan juga adalah lem water based (berbasis air). Lem harus bisa merekatkan kertas decoupage pada furniture meja. Karena itu, rekomendasi kami jatuh pada Ultra Phaethon. Lem kertas untuk decoupage ini memang sudah banyak digunakan untuk aplikasi decoupage.

Napkin/Kertas

Napkin decoupage sudah tersedia dengan beragam motif dan warna. Anda bisa membelinya di toko kerajinan tertentu baik online atau konvensional. Namun bila Anda kesulitan mendapatkannya, Anda bisa saja membuat napkin sendiri menggunakan kertas lain yang motif atau gambarnya Anda sukai. Tapi ingat, jangan memilih kertas yang gambarnya akan luntur ketika terkena air atau solvent!

Cara Membuat Meja Decoupage dengan Lem Kertas untuk Decoupage Furniture

1. Biasanya meja yang dijual di berbagai toko mebel telah difinish dengan lengkap. Artinya sudah ada cat dasar hingga clear coat atau clear varnish yang diaplikasikan di bagian atasnya. Kadang, lapisan finishing ini akan membuat aplikasi decoupage kurang bagus. Apalagi bila kita nantinya menggunakan clear coat dan lem dari tipe lain (water based). Jadi sebaiknya, Anda hilangkan dulu lapisan finishing tersebut menggunakan amplas.
2. Haluskan sekali lagi permukaan meja. Pastikan juga permukaan meja sudah benar-benar bersih, kering, dan tak mengandung solvent (bahan turunan minyak). Sebab pada tutorial ini, kita memanfaatkan produk water based yang lebih aman dan berkualitas.
3. Aplikasikan cat dasar. Gunakan seri cat dasar Bio Colours yang sangat cocok untuk kebutuhan seperti ini.
4. Selagi menunggu cat dasar mengering, siapkan kertas yang akan Anda tempel. Gunting menurut gambar yang akan diaplikasikan. Tentukan kira-kira di mana Anda akan menempel gambar tersebut.
5. Siapkan lem kertas untuk decouapage furniture, Ultra Phaethon.
6. Setelah cat dasar benar-benar kering, amplas hingga permukaannya halus. Ulangi jika perlu.
7. Tempelkan kertas yang sudah dipotong menurut desain yang sudah Anda tetapkan. Gunakan Ultra Phaethon secara merata dan jumlahnya cukup.
8. Rekatkan dengan hati-hati dan tunggu hingga kering.
9. Setelah kertas benar-benar merekat, siapkan clear varnish atau top coat.
10. Aplikasikan top copat. Keringkan. Bila sudah kering, lakukan pengamplasan. Ulangi jika perlu.
11. Selesai! Kini meja Anda akan terlihat sangat unik.

meja bagus decouapge

Nah, begitulah cara membuat meja decoupage dengan Ultra Phaethon! Mudah sekali bukan? Hanya dengan sedikit modal dan langkah super sederhana, Anda sudah bisa membuat meja menjadi lebih unik. Langkah-langkah di atas pun bisa diaplikasikan pada berbagai produk mulai dari kursi, jendela, pintu, vas kayu, dan berbagai produk serupa lainnya. Bahkan aplikasi kerajinan decoupage sebenarnya juga bisa diterapkan pada kain. Namun tentu saja caranya agak berbeda dengan langkah-langkah di atas. Nantikan saja artikel kami yang lain untuk aplikasi decoupage pada media-media lainnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here