Cara Membuat Vas Bunga Warna Charcoal Super Mudah

749
vase charcoal

Siapa tak suka dengan vas bunga cantik? Nah, pada kesempatan ini, lemkertas.com ingin mengajak Anda berkreasi membuat vas bunga super cantik dengan warna charcoal. Berbekal kayu, bahan finishing, dan lem kayu yang bagus, produk yang Anda hasilkan pasti sangat berkelas.

Finishing Charcoal Jadi Trend 2018

Trend warna finishing secara periodic mengalami berbagai perubahan. Pada tahun 2018 ini, warna yang sedang sangat trendy adalah warna patina dan charcoal. Pada beberapa artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai finishing patina. Ringkasnya, patina adalah warna hasil oksidasi yang memiliki kesan sangat menarik. Tapi bagaimana dengan charcoal?

Bila kita lihat dari istilahnya saja, charcoal memiliki arti sebagai “arang”. Dan memang, charcoal bagaimanapun juga identik dengan warna arang sebagai bekas kebakaran. Malah di beberapa negara, warna ini dihasilkan langsung dari proses pembakaran kayu. Tapi di dunia woodworking saat ini, tentu saja pembakaran seperti itu jarang dilakukan. Yang sering diterapkan adalah aplikasi bahan finishing menggunakan cat-cat tertentu. Glaze misalnya. Glaze pada dasarnya adalah produk cat khusus yang dimaksudkan untuk memberikan efek warna tambahan serta menajamkan pola serat kayu. Glaze dapat memberikan kesan charcoal sesuai warna glaze itu sendiri.

Keunggulan Finishing dengan Warna Charcoal

Berbagai alasan bisa Anda temukan mengapa warna charcoal sedang sangat disukai belakangan ini. Berikut ini hanya beberapa di antaranya.

1. Warm Effect atau Memberikan Aksen Hangat

Kesan hangat bisa Anda peroleh dari warna ini. Selain hangat, tak jarang charcoal dibuat dengan aksen kalem sehingga makin memperkuat warm effect tersebut.

2. Merupakan Warna Unik

Warna charcoal dapat memberikan kesan yang sangat unik pasalnya berbeda dari kebanyakan warna konvensional.

3. Dapat Dipakai di Berbagai Tema

Charcoal dapat diaplikasikan untuk berbagai tema atau desain. Misalnya saja, warna ini dapat dipakai pada desain produk kayu bergaya mid century, klasik, modern, futuristik, elegan, glamour, hingga minimalis. Padu padankan saja dengan tepat bersama warna lainnya.

warna charcoal (3)

4. Keindahan Alami Kayu Makin Meningkat

Seperti halnya patina ataupun finishing transparan alami, warna ini mampu menonjolkan tampilan serat kayu. Pola atau alur serat yang mulanya tidak begitu jelas akan menampakkan keindahannya. Hasilnya, keindahan natural kayu bisa dimaksimalkan.

5. Tak Hanya Dapat Digunakan untuk Kayu

Selain bisa diaplikasikan pada kayu, warna ini juga bisa diaplikasikan pada berbagai bahan lainnya. Jadi bila finishing natural wood hanya dapat diaplikasikan pada bahan kayu, tidak demikian dengan finishing warna charcoal. Selain pada kayu, aplikasi charcoal juga dapat dilakukan pada logam, alas sofa, selimut, korden, hingga bantal sofa. Charcoal juga mudah dikombinasikan dengan warna lainnya sehingga membuatnya banyak dipilih orang.

Yuk, Buat Hiasan Dinding Warna Charcoal

Warna charcoal memang sangat unik. Tak mengherankan bila warna ini dipakai pada berbagai industri woodworking belakangan ini dan menjadi trend. Kalau Anda juga tertarik dengan warna ini, langkah-langkah di bawah bisa dijadikan proyek kecil-kecilan. Produk kayu yang akan dibuat pada proyek ini adalah vas bunga dari kayu. Selain unik, Anda juga bisa menjualnya bila hasilnya bagus.

Peralatan yang Dibutuhkan

1. Potongan kayu. Gunakan saja kayu tak terpakai di sekitar rumah Anda. Misalnya saja kayu bekas furniture, peti kemas, dan lainnya. Hanya saja, jangan gunakan kayu olahan seperti fiberboard dan particle board.
2. Gergaji kecil
3. Amplas nomer 400 saja
4. BioVarnish warna sonokeling
5. Glaze Black
6. Top Coat Matte atau death matte dari BioColours
7. Air suling sebagai pengencer untuk cat
8. Kuas
9. Kain lap
10. Lem untuk kayu Crossbond X3. Lem Crossbond X3 merupakan lem water based PVAc cocok dipakai bersama cat-cat BioVarnish dan BioColours.

Setelah semua peralatan di atas telah siap, kumpulkan di lokasi tersendiri dengan sirkulasi udara yang baik.

Langkah-langkah Membuat Vas Bunga Charcoal

1. Pertama-tama, tentu Anda harus menetukan dulu desain vas bunga. Carilah referensinya di internet bila Anda buntu. Ada banyak sekali inspirasi yang bisa digali.
2. Dari desain yang ditetapkan, tetapkan juga ukuran vas. Buat rancangan bentuk-bentuk kayu vas yang akan distaukan. Misalnya dengan menerapkan sambungan sudut.
3. Setelah semua potongan kayu siap digunakan, jangan lupa pastikan potongan tersebut bersih dan kering. Gunakan amplas untuk menghaluskannya potongan kayu ini.
4. Siapkan BioVarnish Sonokeling. Encerkan BioVarnish Sonokeling menggunakan air suling dengan formulasi perbandingan 1 : 1. Setelah diaplikasikan, tunggu kering BioVarnish, lalu amplas secara mengambang saja dengan tujuan agar permukaannya halus.
5. Siapkan Glaze Black.
6. Encerkan BioVarnish Sonokeling menggunakan air suling dengan formulasi perbandingan 1 : 5. Setelah diaplikasikan, tunggu kering BioVarnish, lalu amplas secara mengambang saja dengan tujuan agar permukaannya halus.
7. Tunggu Glaze yang tersisa dan masih menempel supaya mengering. Berikutnya, lakukan pengamplasan secara ambang saja dengan tujuan agar permukaannya halus.
8. Aplikasikan top coat matte atau death matt (tidak berkilau dan sangat tidak berkilau). Setelah diaplikasikan, tunggu kering BioVarnish, lalu amplas secara mengambang saja dengan tujuan agar permukaannya halus.
9. Setelah bahan kayu sudah dicharcoal, sekarang siapkan dulu alas kayu. Bersihkan, ratakan, lalu keringkan papan kayu tersebut.
10. Siapkan Crossbond X3. Aplikasikan Crossbond X3 pada tiap sambungan vas bunga.
11. Rekatkan, tunggu hingga lem mengering dengan baik.
12. Sementara itu, pastikan posisi vas tidak berubah. Jangan sungkan juga untuk menggunakan paku.

vase charcoal (2)

Tips-tips Tambahan Supaya Vas Makin Menawan

Selain beberapa langkah di atas, aplikasikan juga beberapa tips di bawah ini. Jadi, vas bunga Anda pasti akan lebih menarik.

1. Gunakan warna charcoal yang berbeda pada satu vas bila dirasa bagus. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, warna charcoal sangat bervariatif. Karena itu, tak ada salahnya menerapkan beberapa warna charcoal yang berberda pada 1 vas yang Anda buat. Misalnya, kita bisa memadukan antara warna charcoal black dengan warna charcoal grey.
2. Bila dianggap menarik, jangan lupa aplikasikan decoupage. Decoupage adalah teknik menempel pada media lalu melapisinya dengan clear coat. Teknik ini akan membuat vas tampak lebih cantik dan mempesona. Asal, tentu saja Anda harus bisa memilih napkin decoupage yang cocok dengan warna charcoal vas bunga.
3. Bentuk vas bunga bisa dibuat sangat beragam. Jadi jangan segan untuk mencoba bentuk vas yang lainnya.
4. Jangan lupa gunakan bunga buatan yang warnanya cocok dengan warna charcoal vas bunga.
5. Jangan gunakan kayu olahan yag tak punya serat kayu. Mislnya saja Medium Density Fiberboard, High Density Fiberboard, ataupun Particle Board.

Nah, itulah beberapa tips serta cara membuat vas bunga warna charcoal. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here