Lem Kayu untuk Rotan Furniture Nyaman

1522

Lem kayu untuk rotan adalah Crossbond X 4 dan Crossbond X 3. Keduanya dibutuhkan karena pembuatan furniture rotan lebih dari satu proses.

lem kayu untuk rotan

Indonesia adalah rajanya rotan. Negara maritim ini menjadi produsen rotan terbesar di dunia. Masyarakatnya juga telah memanfaatkan rotan sebagai bahan baku furniture sejak lama. Namun, negara ini sempat mengalami keterlambatan dalam mengolah rotan. Sehingga, tampilan furniture dari rotan tidak begitu menarik. proses ekspor rotan kebanyakan masih dalam wujud mentah.

Pengiriman rotan mentah ke luar negeri ini telah dilarang pemerintah. Keputusan tersebut terbit pada tahun 2011. Berawal dari keputusan pemerintah, teknologi laminasi rotan kemudian ditemukan. Jenis baru pengolahan rotan ini ditemukan oleh Dodi Mulyadi pada tahun 2012. Beliau merupakan seorang pakar dan desainer rotan dari Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas). Proses pengolahannya dapat menggunakan lem kayu untuk rotan.

Lem Kayu untuk Rotan Furniture adalah  Crosssbond X 4 dan Crossbond X 3

lem kayu untuk merekatkan rotan

Sebelum adanya laminasi, rotan dimanfaatkan dengan cara dianyam. Cara ini memang masih digunakan sampai sekarang. Namun, tampilan di era sekarang lebih modern dan menarik. Laminasi rotan memberikan pilihan lain bagi penikmat furniture dan industry pengolahan rotan. Rotan yang dilaminasi memiliki bentuk papan seperti kayu. Papan rotan kemudian diolah menjadi kursi, meja, tempat tidur, lemari, gitar, dll.

Lem kayu untuk rotan laminasi adalah Crossbond X 4. Produk perekat berbahan inner cross linker PVAc modifier ini aman karena tidak berbau dan beracun. Langkah aplikasinya juga mudah, cukup dioleskan pada salah satu media rotan. Kemudian, media tersebut direkatkan pada media lain. Selanjutnya, dilakukan pengepresan selama ± 60 menit dengan clamp press. Proses tersebut dilakukan hingga rotan berbentuk papan.

Untuk membuat furniture, papan rotan diolah kembali. Teknik yang diperlukan ialah konstruksi ( misalnya; finger joint, dowel, ekor burung, dll). Jenis lem kayu yang diperlukan ialah Crossbond X 3. Bahan perekat ini terbuat dari kandungan yang sama dengan Crossbond X 4. Sehingga, produk ini juga tidak beracun dan berbau menyengat seperti jenis lem lainnya.

Ini Dia Tempat Jual Lem Kayu untuk Rotan

x3 x4

Lem kayu untuk rotan ini bisa diperoleh secara langsung di Bio Industries. Kunjungi kantor ini langsung di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta. Crossbond X 4 dan X 3 memiliki dua kemasan dan harga. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 082 167 600 692.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here