Tips Penting Aplikasi Lem Kayu untuk Finger Joint Crossbond

625
kotak finger joint

kotak finger joint

Meski sudah didesain dengan kualitas terbaiknya, lem kayu finger joint Crossbond perlu diaplikasikan dengan tepat. Berikut ini kami sajikan beberapa tips yang akan membantu Anda menghasilkan kualitas sambungan yang baik:

Alat-alat yang Baik

Anda tidak selalu harus menggunakan alat-alat canggih dengan teknologi paling modern. Bila dana Anda terbatas, cukup gunakan alat-alat yang kondisinya baik. Misalnya untuk memotong jari-jari finger joint-nya. Aplikasikanlah dengan pemotong yang tajam. Hal ini penting karena terkait dengan ketepatan ukuran pemotongan sambungan yang akan dibahas selanjutnya.

Sifat Kayu

Kenali sifat kayu yang akan Anda gunakan. Untuk kayu-kayu keras, Anda jelas harus lebih ekstra bekerja dibanding dengan kayu-kayu bersubstrat lembut seperti kayu pinus. Jangan takut untuk melakukan semacam percobaan. Daripada mengalami kegagalan dalam skala besar, tentu lebih baik coba-coba dulu dengan jumlah lebih sedikit.

Ketepatan Ukuran Pemotongan

Setidaknya terdapat dua hal yang sangat penting menentukan kekokohan dan kekuatan finger joint. Selain kualitas lem kayu finger joint yang tepat, yang tak boleh dilupakan adalah presisi pemotongannya. Ingat, sambungan ini mengandalkan beberapa “jari-jari” yang nantinya akan saling disatukan. Bila salah satu saja tidak tepat, maka tentu saja kekokohannya akan jauh berkurang.

Lem Kayu untuk Finger Joint Crossbond yang Cukup

Aplikasikan Crossbond dalam jumlah yang cukup. Jangan takut dengan noda hasil pengeleman setelah kayu di-clamp. Tahukah Anda, salah satu indikasi lem sudah tersebar merata adalah “muncratnya” lem dari garis perekatan? Asalkan masih dalam jumlah wajar (tidak berlebihan), kondisi ini justru mengindikasikan hal yang baik. Apalagi Crossbond sendiri mudah dibersihkan.

Penggunaan Clamp Press

Untuk skala industri, sebaiknya Anda menggunakan clamp press. Gunakanlah secara berkelanjutan sampai lem kayu mengering. Selain itu aplikasikan tekanan clamp yang tepat. Untuk sambungan struktural aplikasikan tekanan yang lebih besar (misalnya 350-400 psi). Dengan cara ini, maka finger joint bisa benar-benar terekatkan dengan baik.

Aplikasikan berbagai tips di atas dengan lem kayu untuk finger joint Crossbond. Produk-produk Anda pun akan memiliki kualitas lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here