dowel penyambungan
|

Yuk, Simak 5 Saran Gunakan Dowel oleh Merk Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Sambungan dowel merupakan salah satu sambungan yang sering diaplikasikan pada konstruksi maupun furniture. Pada kesempatan ini, merk lem kayu konstruksi Crossbond akan membagikan beberapa tips untuk aplikasi dowel yang baik dan benar.

Mengenal Dowel

dowel penyambunganDowel joint atau sambungan dowel merupakan sambungan yang diterapkan dengan cara memasangkan kayu silinder kecil ke dalam lubang dengan ukuran yang sesuai. Dengan cara ini, dua media kayu bisa disambungkan.

promo produk biovarnish sanding sealer

Bagi beberapa pihak, sambungan dowel dianggap sangat kuat dan bisa memberikan tampilan yang baik. Oleh sebab itulah, dowel joint menjadi salah satu tipe sambungan yang banyak diterapkan. Sambungan ini biasa diaplikasikan bisa diaplikasikan untuk furniture hingga bangunan. Namun demikian, cara aplikasi dowel harus dilakukan dengan tepat agar kita bisa benar-benar menikmati keunggulannya. 5 tips dari Crossbond berikut ini, bisa Anda jadikan referensi.

5 Tips Aplikasi Dowel dari Merk Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Kayu Sebaiknya Sama

Tiap jenis kayu memiliki karakter tersendiri. Oleh sebab itulah ketika kita ingin menyambung kayu yang berbeda jenisnya, kita harus memastikan dulu keduanya berhasil direkatkan. Hal inipun berlaku pada sambungan dowel. Sebaiknya, pilih kayu dari jenis yang sama.

Ukuran dan Jarak

Antara jarak lubang paling pinggir dengan bagian paling pinggir kayu sebaiknya diberi jarak tertentu. Misalnya setengah dari ukuran diameter dowel. Sedangkan untuk panjang dowel, terapkan 4 sampai 6 kali dari diameternya.

Cara Aplikasi

Dowel bisa saja rusak karena patah. Oleh karena itu, terapkan sambungan ini dengan hati-hati. Jangan sampai terjadi kerusakan fatal. Misalnya patahnya dowel saat dimasukkan ke dalam lubang.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Kualitas Lem

Lem diperlukan dalam penggunaan sambungan ini. Oleh sebab itu, pilihlah lem dengan kualitas yang baik agar sambungan dowel juga bisa diaplikasikan dengan baik. Lem kayu Crossbond X3 adalah lem konstruksi untuk furniture dan bangunan indoor yang kami sarankan.

Cara Aplikasi Lem

Selain kualitas lem, perhatikan juga cara aplikasinya. Lakukan sesuai dengan rekomendasi pada label lem atau rekomendasi penggunaan lem untuk sambungan dowel. Jangan salah. Banyak kasus kegagalan pengeleman yang disebabkan cara kerja yang keliru. Misalnya terlalu sedikit menggunakan lem hanya karena tidak mau ada noda yang tercecer pasca penyambungan.

Demikian tips dari merk lem kayu konstruksi Crossbond. Semoga bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *