Cara Membuat Lem Kayu yang Mudah? Ini Caranya

1579
membuat lem kayu sendiri
menggunakan lem kayu

Penasaran bagaimana cara membuat lem kayu? Tak sulit sebenarnya untuk dilakukan. Hanya saja, berkenaan dengan kualitasnya, tentu kita harus mengesampingkannya dulu.

membuat lem kayu sendiriBeberapa cara dapat kita lakukan untuk menghasilkan wood glue atau lem kayu. Lem kayu sendiri merupakan lem yang fungsi utamanya digunakan untuk kayu. Meski, tak jarang juga adhesive seperti ini bisa digunakan untuk bahan lain seperti bambu dan kertas. Nah, bila Anda tertarik membuat produk ini, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah.

Cara Membuat Lem Kayu yang Mudah Dilakukan

1. Menyiapkan PVAc, PVA, dextrin, resol, serta air.

2. Mencampurkan dextrin dengan air pada sebuah wadah.

3. Memanaskan campuran dextrin serta air hingga suhunya mencapai 70 derajat celcius.

4. Pastikan campuran berada di suhu reaksi antara 50 hingga 60 derajat celcius. Tambahkan air setelah mencapai suhu reaksi.

5. Campurkan PVA atau polyvinyl alcohol pelan-pelan.6. Aduk hingga merata.

7. Tambahkan air.

8. Campurkan resol 65%.

9. Kemas dalam wadah tertentu.

Bagaimana? Tertarik membuat sendiri lem kayu dengan paparan langkah-langkah di atas?

Kalau Ada Ultra Phaethon dan Crossbond, Kenapa Harus Membuat Lem Kayu Sendiri?

Mengapa tertarik membuat lem kayu? Tiap orang tentu memiliki motif sendiri-sendiri. Ada yang ingin menghemat biaya produksi furniture, hingga ada yang hanya iseng saja melakukannya. Apapun itu, pembuatan lem kayu yang diterangkan di atas memang termasuk sederhana dan hanya “garis besar”. Yang harus ditekankan perkara kualitas adhesive yang dihasilkan memang sama sekali tak menjamin. Apalagi bila dibandingkan dengan adhesive buatan perusahaan yang sudah menerapkan teknologi pembuatan masa kini.

Saran kami, daripada Anda repot sendiri membuat lem kayu yang kualitasnya saja tak meyakinkan, gunakan saja Crossbond dan Phaethon untuk kebutuhan Anda. Crossbond serta Phaethon merupakan lem PVAc atau lem putih yang bukan hanya berkualitas namun juga terjangkau harganya. Lem seperti ini akan menyelamatkan waktu Anda yang harus terbuang untuk menerapkan cara membuat lem kayu di atas.

Ada dua jenis varian Crossbond yang bisa Anda pilih. Pertama, Crossbond X3 untuk sambungan kayu, dan berikutnya Crossbond X4 untuk laminasi. Keduanya akan memenuhi kebutuhan Anda untuk pengeleman kayu. Sedangkan Ultra Phaethon dapat Anda gunakan untuk perekatan kerajinan kayu.

Ingin informasi lebih lanjut? Segera hubungi Customer Service kami!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here